Ketahui Waktu Yang Tepat Untuk Melakukan Jogging

Waktu yang tepat untuk melakukan jogging

Berolahalah raga adalah satu cara untuk menjaga badan agar tetap fit. Salah satu olahraga yang bisa dilakukan tanpa mengeluarkan biaya yang besar adalah Jogging. Kegiatan ini bisa dilakukan pada pagi hari ataupun sore hari. Jika dilakukan di pagi hari, ketika udara masih bersih, sejuk, jalanan lengang, manfaat lain dapat Kamu rasakan secara maksimal. Rasa bahagia itu akan menekan stres karena pekerjaan yang menumpuk dan mengusir rasa stress akibat pekerjaan yang menumpuk di kantor. 

Jogging Dapat Memproduksi Hormon Endorfin

Selain merangsang produksi hormon endorfin, Anda bisa merasakan manfaat jogging yang kedua, yaitu meningkatkan daya konsentrasi. Beberapa pakar sudah mengonfirmasi informasi  ini. Jika dilakukan secara konsisten ampuh untuk meningkatkan kemampuan otak dalam mengingat dan daya pikir. Pada akhirnya, daya konsentrasi Anda akan bertambah. Ampuh untuk menghadapi hari yang panjang dan penuh cobaan.

Manfaat yang ketiga adalah menyehatkan paru-paru. Ini sangat bagus bagi Anda yang merokok. Merokok yang terus menerus, alangkah baiknya jika diimbangi dengan olahraga. Tetapi alagkah lebih baiknya lagi untuk mengurangi frekuensi merokok dan berhenti merokok.

Jika dilakukan setiap pagi akan meningkatkan kadar oksigen di paru-paru. Apalagi ketika kamu rutin melakukannya setiap pagi. Udara pagi yang bersih itu ampuh untuk membersihkan paru-paru. Hendaknya, paru-paru kamu juga fresh dan siap diajak berpetualang.

Nah, manfaat yang ketiga ini sama dahsyatnya dengan manfaat jika buang air besar. Sebentar, jangan heran dulu. Ini sudah teruji berdasarkan penelitian lapangan terhadap satu sampel, yaitu saya sendiri.

Olahraga lari dapat dilakukan kapanpun, karenanya olahraga ini tetap memberikan manfaat bagi yang melakukannya. Ada sedikit perbedaan efek jika dilakukan pagi, siang, atau sore. Berikut perbedaan manfaat lari pagi, siang, dan sore:

1. Dilakukan di Pagi Hari

Lari pada pagi hari adalah cara yang paling baik untuk memulai hari Anda dengan berolahraga. Jika melakukan olahraga di pagi hari, Anda dapat memberi dosis oksigen yang sehat pada tubuh. Manfaat lari pagi membuat metabolisme didorong untuk membakar lebih banyak kalori.

Kandungan oksigen yang lebih tinggi di udara pagi membuat Anda lebih mudah untuk bernapas, terutama di musim panas. Manfaat lari pagi juga lebih mudah dilakukan ketika masih pagi dibandingkan dengan ketika udara panas siang hari.

Kendala yang dialamai ketika akan lari pagi hari adalah terasa lebih sulit daripada waktu-waktu lain. Tepat setelah bangun pagi, sendi mungkin masih terasa kaku, otot-otot tegang dan tidak fleksibel. Ini berarti tubuh tidak memiliki kontrol dan koordinasi otot yang diperlukan saat berlari. Itulah mengapa setiap kali memulai olahraga harus melakukan pemanasan khusus yang dinamis di pagi hari sebelum berlari, jadi Anda tidak melawan resistensi di otot saat berlari.

hal yang perlu diperhatikan yaitu hindari latihan interval yang berat di pagi hari. Tubuh belum siap untuk menangani stres yang hebat dan mengubahnya menjadi tenaga. Risiko cedera atau kelelahan sangat tinggi pada saat lari pagi hari. Ini juga berlaku untuk lari setelah tidur siang. Ketika tidur, tubuh Anda kehilangan banyak air. Penting untuk mengganti kehilangan cairan tubuh terlebih dahulu sehingga tidak mengalami dehidrasi selama lari.

2. Dilakukan Pada Siang Hari 

Siang hari merupakan kondisi terbaik untuk lari berintensitas tinggi. Manfaat lari siang membuat potensi tenaga dalam tubuh saat makan siang adalah 100%, dan tubuh tidak terlalu lelah dari kegiatan sehari-hari. Jadi, sumber energi dipenuhi dengan baik – dibandingkan dengan pagi hari – dan aktivitas fisik terasa kurang intens. Ini adalah kondisi terbaik untuk latihan intensif. Manfaat lari siang juga membuat tubuh menangani latihan kecepatan terutama dengan baik di siang hari.

Kekurangan melakukan lari pada siang hari setelah makan siang bisa sangat menguras tenaga. Tubuh membutuhkan lebih banyak waktu untuk mencerna makanan tergantung seberapa berat dan banyaknya makan siang Anda. Untuk menghindari masalah pencernaan (misalnya kram perut) selama latihan interval yang intens. Sebaiknya tunggu sekitar 30 menit setelah makan sebelum melakukan aktivitas lari di siang hari. Jika porsi makan siang banyak, tunggu 1,5 hingga 2 jam sebelum lari siang. Jika berlari setelah makan tidak membuat Anda merasa baik, lakukan latihan sebelum makan siang. Namun, mungkin lebih sulit untuk dijalankan karena sumber energi tidak sepenuhnya utuh.

3. Dilakukan Pada Sore Hari 

sore hari merupakan waktu yang tepat untuk jogging

Melakukan olahraga lari sore atau malam hari adalah cara yang bagus untuk relaks. Jika Anda sedang stres setelah seharian sibuk bekerja dan mengalami kesulitan dalam melepaskan kepenatan, salah satu caranya adalah dengan mengendalikan tubuh untuk relaks yang membantu tubuh mengeluarkan sedikit tenaga. Karena tubuh masih dalam mode bertenaga, Anda tidak perlu melakukan pemanasan sama seperti yang dilakukan sebelum lari pagi. Selain itu, manfaat lari sore atau malam yang relaks dapat meningkatkan pembakaran lemak.

Hal negatif ketika olahraga lari malam dapat menyebabkan sulit untuk tertidur. Ketika Anda selesai lari di sore atau malam hari kondisi badan akan berenergi hal tersebut akan membuat Anda kesulitan untuk tidur.

Beberapa informasi ini semoga bisa menjadi tambahan pengetahuan bagi Anda. Melakukan jogging secara teratur selain menjaga tubuh tetap fit juga menjadikan pikiran lebih segar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *