Pentingnya Vitamin untuk Usia 40 Tahun Ke atas

Secara fisik, banyak sekali perubahan yang akan terjadi ketika seseorang menginjak usia 40 tahun. Tidak saja pada wanita, pria juga mengalami hal yang sama, berikut ini adalah beberapa hal yang kerap ditemui pada usia tersebut, seperti rambut yang mulai beruban, penurunan masa tulang. Begitu juga dengan fungsi pendengaran dan penglihatan yang mulai berkurang. Pada usia ini pula, wanita biasanya akan mengalami penurunan kadar estrogen, sementara pada pria, kadar testoron juga akan berkurang. Untuk itu perlu diperhatikan asupan serta vitamin untuk usia 40 tahun ke atas.

Banyaknya perubahan fisik, biasanya juga disertai dengan perubahan secara mental. Pada usia ini, biasanya ia akan menjadi lebih bijak dan bertanggung jawab. Namun terlepas dari itu, sebagian dari mereka juga akan mengalami beberapa masalah seperti, stress, mudah lelah dan cemas, dan masih banyak lagi. Dan untuk membantu agar fisik tetap sehat, sebaiknya siapapun yang akan dan sudah berada diusia ini, sebaiknya mengonsumsi vitamin sebagai tambahan sumber amunisi agar tetap fit dan berikut ini adalah beberapa jenis vitamin yang dibutuhkan.

Kalsium

Kalsium merupakan salah satu vitamin untuk usia 40 tahun ke atas yang cukup penting. Pada usia dewasa, asupan kalsium yang dibutuhkan oleh tubuh setidaknya adalah 1.000mg perhari. Selain suplemen, kalsium bisa dengan mudah didapat pada makanan olahan seperti sarden, kemudian minuman berbahan dasar susu, seperti yoghurt misalnya. Sayuran berwarna hijau juga mengandung banyak kalsium, brokoli, selada, bayam dan yang lainnya bisa dimasukkan ke dalam menu wajib harian.

Apa Vitamin yang cocok untuk Usia 40 tahun Keatas?

Omega 3

Selanjutnya vitamin untuk usia 40 tahun ke atas yang bisa Anda pilih adalah Omega 3. Makanan laut, kacang-kacangan, biji-bijian juga daging sapi berkualitas tinggi, merupakan salah satu contoh makanan yang mengandung Omega 3. Mengonsumsi Omega 3 secara teratur, mampu mengurangi tingkat depresi seseorang.Risiko penyakit jantung, menurunkan tekanan darah, meningkatkan kadar kolesterol baik atau HDL serta menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL dan masih banyak lagi, manfaat yang bisa diambil dari jenis vitamin yang satu ini.

Magnesium

Dari sekian banyak vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh, maka magnesium yang terdapat pada alpukat, pisang, sayuran berwarna hijau oekat, susu, kacang-kacangan, merupakan salah satu jenis vitamin untuk 40 tahun ke atas yang wajib dipilih. Untuk pria maupun wanita dewasa, jumlah magnesium yang  masuk ke dalam tubuh setiap harinya, paling tidak sebesar 320mg. Sementara manfaat yang bisa diambil dari magnesium adalah, mampu menjaga kesehatan tulang dan jantung. Kemudian juga mampu mengolah karbohidrat yang telah dikonsumsi, sehingga kadar gula dalam darah bisa dikendalikan karena meningkatkan kinerja hormon insulin.

Kalium

Kalium juga merupakan vitamin yang sangat dibutuhkan oleh usia dewasa. Jika tubuh kekurangan kalium, ada banyak penyakit yang bisa diderita, diantara seperti; sembelit, sering kram dan nyeri otot, lebih sering merasa kehausan serta sering buang air kecil. Kalium bisa didapat dengan mudah dari kentang, ikan, alpukat juga pisang. Konsumsi kalium secukupnya agar keseimbangan jumlah cairan dalam tubuh juga tetap terjaga karena memang kalium merupakan elektrolit atau mineral penting yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Itulah manfaat penting dari vitamin untuk usia 40 tahun ke atas yang sebaiknya Anda konsumsi. Selain vitamin yang didapat dari makanan dan minuman sehat, pastikan Anda juga mulai rutin melakukan olah raga. Tidak perlu memaksakan olahraga yang terlalu berat, pilih berenang, bersepeda atau jalan kaki sebagai penggantinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *