Wajib Tahu! Inilah Rekomendasi Vitamin untuk Daya Tahan Tubuh 

vitamin untuk daya tahan tubuh

Menjaga daya tahan tubuh memang sangat diperlukan, terutama di masa pandemi seperti saat ini. Tujuannya supaya tidak mudah terserang berbagai penyakit. Beberapa cara yang bisa dilakukan adalah mengonsumsi makanan sehat, berolahraga, dan konsumsi vitamin untuk daya tahan tubuh.

Rutin mengkonsumsi vitamin bisa membuat daya tahan tubuh semakin kuat sehingga tidak mudah sakit. Berikut ini akan dijelaskan mengenai vitamin untuk daya tahan tubuh yang bisa dikonsumsi. Apa sajakah itu? 

Vitamin untuk Daya Tahan Tubuh yang Harus Diketahui

1. Vitamin A

vitamin untuk daya tahan tubuh
Sumber vitamin A yang beragam dan baik untuk tubuh

Vitamin yang bisa dikonsumsi untuk memperkuat daya tahan tubuh adalah vitamin A. Jenis vitamin A ini berguna untuk menjaga struktur sel yang ada di kulit, saluran pernapasan dan juga usus. Selain itu, jenis vitamin ini juga bisa menjadi penghalang garis depan untuk menghadapi serangan dari infeksi. 

Tubuh membutuhkan vitamin A untuk membuat antibodi penetralisir patogen penyebab infeksi. Vitamin A bisa diperoleh dari kuning telur, tahu, keju, ikan, kacang-kacangan dan biji-bijian. Sayuran yang mengandung beta-karoten seperti labu dan wortel bisa dikonversi menjadi vitamin A.

2. Vitamin B

Vitamin B seperti vitamin B6, B9 dan B12 berkontribusi pada respons tubuh setelah diketahui sebagai patogen. Keberadaannya bisa mempengaruhi produksi dan aktivitas sel pembunuh alami. Sel ini bisa menyebabkan sel yang terinfeksi menjadi sembuh. Proses ini biasanya disebut dengan nama apoptosis.

Kandungan vitamin B6 bisa diperoleh dari kacang-kacangan, buah, sayuran berdaun hijau, ikan, daging dan juga ayam. Sedangkan B9 diperoleh dari biji-bijian, kacang-kacangan dan juga sayuran berdaun hijau. Untuk B12 biasanya diperoleh dari produk hewani, seperti daging, telur dan susu.

3. Vitamin C

vitamin untuk daya tahan tubuh
Sumber vitamin C yang sangat baik untuk tubuh

Saat tubuh melawan infeksi, maka akan mengalami stres oksidatif. Ini bisa menyebabkan radikal bebas menembus dinding sel sehingga mengakibatkan isinya bocor ke jaringan dan juga memperburuk peradangan. Tubuh yang kekurangan vitamin C menjadi rentang terserang virus dan penyebab infeksi. 

Vitamin C membantu produksi sel khusus supaya meningkatkan respons imun, termasuk fagosit, limfosit dan neutrofil. Vitamin C bisa diperoleh dari beberapa buah seperti lemon, jeruk, kiwi, stroberi dan tomat. Selain itu, juga bisa diperoleh dari limau, daun kale, paprika, brokoli dan capsicum.

4. Vitamin D

Sel kekebalan tubuh juga membutuhkan vitamin D untuk menghancurkan patogen penyebab infeksi. Vitamin D diproduksi oleh tubuh berkat bantuan sinar matahari. Adapun sumber makanan yang mengandung vitamin D adalah ikan salmon, telur, yoghurt, susu dan margarin.

5. Vitamin E

vitamin untuk daya tahan tubuh
Beragam sumber vitamin E yang bisa di konsumsi

Jenis vitamin selanjutnya yang dibutuhkan oleh daya tahan tubuh adalah vitamin E. Vitamin E bersifat antioksidan yang baik untuk melawan berbagai radikal bebas. Perlu diketahui jika vitamin E ini terlibat dalam 200 reaksi biokimia dalam tubuh sehingga berpengaruh besar pada daya tahan tubuh. 

Sumber vitamin E bisa diperoleh dari sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan dan minyak sayur. Konsumsi vitamin E yang teratur juga bisa membuat kulit menjadi lebih sehat. Oleh karena itu vitamin ini sangat penting juga untuk dikonsumsi secara rutin. 

Itulah 5 jenis vitamin untuk daya tahan tubuh yang harus diketahui. Vitamin-vitamin yang berguna bagi daya tahan tubuh bisa berasal dari makanan yang ada di sekitar kita. Maka dari itu, tidak ada alasan untuk tidak mengkonsumsinya secara rutin. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *