Informasi Seputar Telinga Berdengung dan Cara Mengatasinya

telinga berdengung

Hampir semua orang pernah merasakan telinganya tiba-tiba berdering. Akan tetapi, banyak di antaranya yang mengaitkan kondisi ini dengan pertanda tertentu. Padahal telinga berdengung merupakan kondisi medis yang seringkali disebut dengan tinnitus

Tinnitus akan semakin jelas dirasakan jika berada di tempat yang hening atau sedang tidur. Tinnitus ini terjadi ketika terdengar suara-suara abnormal yang berasal dari dalam telinga. Bentuk suara yang akan terdengar seperti berdengung, siulan maupun suara bising mesin. 

Denging yang dirasakan bisa saja hilang dengan sendirinya atau bisa juga bertahan lama. Suara dering akibat tinnitus bisa mengganggu konsentrasi dan menyebabkan depresi. Bahkan bisa menyebabkan masalah tidur.  

Penyebab Telinga Berdengung atau Tinnitus

1. Adanya Infeksi Saluran Telinga

Telinga yang berdering disertai dengan rasa sakit biasanya terjadi karena adanya infeksi pada saluran telinga. Kondisi seperti ini memang tergolong ringan tetapi tidak bisa diremehkan. Terlebih jika merasakan dengung lebih dari 3 hari. Sebaiknya jika hal itu terjadi segera berkonsultasi ke dokter.

2. Mendengarkan Suara Keras

telinga berdengung
Suara yang terlampau keras bisa menyebabkan telinga berdengung

Penyebab telinga berdengung yang paling sering terjadi adalah akibat mendengarkan suara yang sangat keras. Terlebih jika mendengarkan suara keras tersebut dalam jangka waktu yang lama. Kondisi ini bisa memicu kerusakan sel koklea pada telinga bagian dalam.

3. Adanya Penyumbatan Akibat Kotoran Telinga

Kotoran telinga juga bisa menyebabkan telinga berdengung. Kotoran telinga memiliki fungsi untuk melindungi saluran telinga. Dimana keberadaannya bisa memperlambat pertumbuhan bakteri sehingga mengurangi risiko infeksi pada telinga. 

Akan tetapi, jika kotoran tersebut menumpuk dan jarang dibersihkan maka bisa menimbulkan penyumbatan. Penyumbatan ini akan menimbulkan gangguan pendengaran, tinnitus dan iritasi. Sehingga akan sangat dianjurkan untuk membersihkan telinga secara rutin.

4. Meniere

telinga berdengung
Gangguan pendengaran pada telinga

Meniere merupakan gangguan pendengaran pada telinga. Kondisi ini disebabkan adanya kelebihan cairan di bagian dalam telinga, gangguan sistem kekebalan tubuh dan adanya infeksi virus. Salah satu gejala dari penyakit ini adalah penderita merasakan telinganya berdengung.

5. Perubahan Struktur Tulang Telinga

Kuping berdenging juga bisa terjadi akibat adanya perubahan struktur tulang telinga. Perubahan tulang di bagian tengah telinga (Otosklerosis) bisa menimbulkan gangguan pendengaran hingga mengakibatkan tinnitus. Kondisi seperti ini sangat rentan dialami oleh mereka yang berusia lanjut.

Cara Pencegahan Tinnitus 

telinga berdengung
Tindakan pencegahan gangguan telinga

1. Mengonsumsi Makanan dan Minuman Sehat

Cara pencegahan pertama adalah dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang baik untuk tubuh. Sangat disarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung asam folat, magnesium, omega 3, vitamin C dan vitamin D. Dengan begitu kesehatan telinga bisa terjaga.

2. Hindari Suara Terlalu Keras

Mendengarkan musik dengan suara yang terlalu keras dan dalam jangka waktu yang lama bisa menyebabkan telinga menjadi berdengung. Supaya hal tersebut tidak terjadi sebaiknya menghindari volume suara yang terlalu keras. Selain itu, jauhi sumber suara yang keras.

3. Rajin Membersihkan Telinga

Tinnitus juga bisa terjadi akibat telinga tersumbat kotoran. Maka dari itu, disarankan untuk lebih rajin membersihkan telinga. Akan tetapi, jangan terlalu sering karena organ ini bisa memproduksi minyak untuk membersihkan dirinya sendiri.

4. Kurangi Stress

Supaya telinga tidak lagi berdenging diharuskan untuk menghindari stress. Jika merasa tubuh sudah lelah karena pekerjaan maka bisa menyempatkan waktu untuk refreshing. Selain itu, stres juga bisa diatasi dengan melakukan kegiatan yang menyenangkan di luar kantor.

Nah itulah kondisi medis mengenai telinga berdengung dan cara mengatasinya. Diharapkan penjelasan diatas bisa menambah pengetahuan pembaca supaya bisa mengatasi kondisi ini. Semoga bermanfaat. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *