Telapak Kaki Sakit saat Bangun Tidur? Inilah Penyebabnya

Rasa sakit yang timbul pada telapak kaki terlebih ketika bangun tidur sering dianggap masalah yang sepele. Banyak yang beranggapan rasa sakit itu akan hilang dengan sendirinya. Padahal telapak kaki sakit saat bangun tidur pasti menimbulkan rasa yang sangat tidak nyaman. Lebih mengkhawatirkan lagi karena gejala tersebut bisa menjadi awal sebuah masalah kesehatan yang cukup serius.

Sakit pada telapak kaki ketika bangun tidur bisa disebakan oleh banyak faktor. Mulai dari penyebab sepele hingga penyebab yang lebih serius. Baik sepele maupun serius, penyebab rasa sakit di telapak kaki saat bangun tidur harus ditemukan. Gunanya agar masalah itu bisa segera dicarikan solusinya sesegera mungkin. Karena jika dibiarkan berlarut-larut dan menjadi masalah yang lebih berat, akan lebih sulit untuk mengatasinya.

Penggunaan Sepatu yang Keliru

Penyebab sederhana yang memicu rasa sakit di telapak kaki adalah kesalahan dalam menggunakan sepatu. Khususnya untuk perempuan, memakai sepatu berhak tinggi dan berdiri dalam waktu yang lama akan memicu rasa sakit ini. Ukuran sepatu yang terlalu kecil, bahan sepatu yang kaku dan panas juga termasuk dalam faktor penyebabnya. Maka dari itu, gunakan sepatu yang nyaman terlebih jika Anda harus beraktivtias sehari penuh dengan memakai sepatu.

Hammertoe

Jari kaki yang normal akan tumbuh menapak dan sejajar. Namun ada kasus sendi tengah jari kaki bengkok dan menekuk. Gangguan ini disebut hammertoe yang bisa diakibatkan ketidakseimbangan di otot, tendon dan ligamen yang harusnya berfungsi menjaga kaki agar tetap lurus. Apabila kondisi itu terus dibiarkan, otot tidak akan bisa lagi diregangkan bahkan ketika bertelanjang kaki.

Apa Penyebab Telapak Kaki Sakit?

Tendinitis

Tendinitis terjadi ketika ligamen robek, meradang, dan akhirnya membengkak. Kondisi ini terjadi akibat melakukan aktivitas fisik yang terlalu berlebihan atau dengan cara yang tidak biasa tanpa pemanasan terlebih dahulu. Penyebab lainnya berupa aus karena usia, cedera, dan penyakit radang seperti artritis. Penderita penyakit ini mengalami sakit bahu, siku, pergelangan tangan dan pergelangan kaki.

Asam Urat

Penyebab telapak kaki sakit berikutnya adalah asam urat yang merupakan bentuk lain dari penyakit arthritis. Asam urat dapat memengaruhi jari jempol kaki, sendi lain di kaki, seperti lutut, pergelangan, kaki, dan telapak kaki. Daerah yang mengalami serangan asam urat menjadi kemudian bengkak, terasa panas, berwarna kemerahan, nyeri, dan terasa kaku. Gejala asam urat pada persendian kaki inilah yang dapat menyebabkan rasa sakit telapak kaki.

Rematik

Rematik merupakan peradangan kronis yang dapat memengaruhi seluruh tubuh, termasuk telapak kaki. Kondisi ini mengakibatkan rasa nyeri, kaku, dan bengkak pada sendi. Rasa sakit di persendian cenderung hilang timbul. Namun biasanya gejala akan memburuk pada pagi hari setelah bangun tidur dan setelah duduk lama. Jika Anda merasakan gejala-gejala di waktu tersebut, kemungkinan besar Anda terkena rematik.

Metatarsalgia

Penyebab Metatarsalgia adalah tekanan berulang pada tulang metatarsal, yaitu tulang yang berada antara jari kaki dan lengkungan kaki. Gejalanya ini ditandai dengan rasa sakit ketika berdiri, berjalan, saat melenturkan kaki dan akan bertambah nyeri ketika berhenti. Orang  dengan berat badan berlebih, sering berjalan tanpa alas kaki, melakukan olahraga intensitas tinggi, serta memakai sepatu sempit dalam waktu yang relatif lama berisiko mengalami metatarsalgia.

Telapak kaki sakit saat bangun tidur disebabkan oleh berbagai macam gangguan kesehatan. Secara umum, gangguan kesehatan tersebut terjadi pada sendi, otot dan tulang akibat dari pemakaian alas kaki yang kurang tepat, gaya hidup tidak sehat, serta kebiasaan yang buruk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *