Waspadai Tanda-tanda Varises dan Cara Pencegahannya

tanda-tanda varises

Varises merupakan suatu kondisi yang disebabkan oleh pembengkakan pelebaran yang terjadi pada pembuluh darah vena. Tanda-tanda varises terlihat pada vena yang membengkak. Selain itu, warnanya berubah menjadi biru atau ungu tua dan terlihat menonjol di atas permukaan kulit. 

Varises ini bisa terjadi di seluruh pembuluh darah vena dalam tubuh. Namun, paling sering terjadi pada vena bagian kaki atau tungkai. Lalu bagaimana tanda-tanda varises, penyebab dan cara mencegahnya?

Tanda-tanda Varises yang Harus Diketahui

tanda-tanda varises
Tonjolan dan bengkak akibat varises

Varises merupakan kondisi yang umum terjadi pada wanita. Bisa dibilang wanita lebih berisiko mengalami varises jika dibandingkan dengan pria. Pada umumnya, seseorang yang menderita varises tidak memiliki penyakit yang mendasari dan juga tanpa penyebab yang jelas. 

Tanda-tanda varises yaitu munculnya serabut atau garis-garis yang berwarna biru keunguan di permukaan kulit. Kemudian, merasakan nyeri atau kaki terasa berat, terutama setelah berdiri atau duduk dalam waktu lama. Selanjutnya vena tampak menonjol dan membengkak di sepanjang paha, lutut dan mata kaki.

Tanda-tanda lainnya yaitu kulit terasa gatal, terutama di bagian tungkai bawah dan pergelangan kaki. Terjadi perubahan warna kulit serta kaki vena terasa berdenyut atau kram. Jika Anda mengalami tanda-tanda diatas alangkah lebih baik segera berkonsultasi dengan dokter.

Penyebab Umum dari Varises

tanda-tanda varises
Riwayat keluarga bisa menjadi salah satu penyebab varises

1. Riwayat Keluarga

Penyebab terjadinya varises yang pertama adalah riwayat keluarga. Dimana jika ada anggota keluarga yang mengalami varises maka kemungkinan besar Anda juga akan mengalaminya. Perlu diketahui jika separuh dari penderita varises memiliki riwayat keluarga yang menderita varises juga.

2. Jenis Kelamin

Wanita memiliki risiko lebih tinggi untuk menderita varises jika dibandingkan dengan pria. Hal ini berkaitan dengan banyak faktor. Diantara faktor tersebut adalah kehamilan, perubahan hormon saat masa pubertas dan menopause. 

Mengkonsumsi pil KB juga bisa meningkatkan risiko varises. Terlebih hormon wanita menyebabkan relaksasi pada dinding pembuluh vena sehingga katup menjadi lemah. Sehingga memang wanita memiliki resiko yang lebih tinggi.

3. Usia Tua

Seiring bertambahnya usia, organ tubuh dan katup vena semakin melemah. Maka dari itu, semakin tua usia seseorang maka semakin berisiko menderita varises. Pada umumnya varises ini akan terjadi pada usia 50 tahun ke atas.

4. Kehamilan

Semakin besar ukuran janin maka semakin besar pula tekanan pada vena maternal, terutama yang ada di sekitar pelvis. Tidak hanya itu saja, pertambahan jumlah darah juga meningkatkan tekanan pada vena. Peningkatan hormon menyebabkan relaksasi pada muskular dinding pembuluh darah.

5. Kurang Gerak

Terlalu sering dan lama berdiri atau duduk bisa menyebabkan varises. Terutama jika posisi kaki menekuk atau disilangkan. Mempertahankan satu posisi yang sama dalam jangka waktu yang lama berarti memaksa katup vena bekerja lebih keras dalam memompa aliran darah menuju jantung.

Cara Mencegah Varises

tanda-tanda varises
Kurangi penggunaan sepatu hak tinggi agar tidak varises

1. Hindari Berdiri atau Duduk dalam Jangka Waktu Lama

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya varises adalah menghindari berdiri atau duduk dalam jangka waktu yang lama. Supaya tidak muncul varises maka usahakan untuk berjalan setiap 30 menit. Saat duduk hindari untuk menekuk ataupun menyilangkan kaki.

2. Memposisikan Kaki Lebih Tinggi dari Jantung

Ketika sedang beristirahat disarankan untuk meletakkan bantal dibawah kaki supaya posisinya sedikit terangkat. Dimana posisi ini akan membuat kaki berada lebih tinggi dari posisi jantung. Kondisi ini bisa membantu memperlancar aliran darah dari kaki ke jantung.

3. Olahraga Secara Teratur

Sebaiknya memilih jenis olahraga yang melibatkan otot tungkai. Hal ini dikarenakan otot pada tungkai bisa membantu aliran darah vena menuju jantung. Selain itu, juga bisa mencegah terjadinya varises baru serta membantu mengurangi berat badan jika memiliki berat badan yang berlebih.

4. Tidak Menggunakan Pakaian yang Terlalu Ketat

Sangat tidak disarankan untuk menggunakan pakaian yang terlalu ketat. Terutama pada bagian di sekitar pinggang, pinggul dan juga tungkai. Penggunaan pakaian yang terlalu ketat bisa memicu atau memperparah varises yang diderita. Jika tidak mau hal tersebut terjadi maka hindari kebiasaan ini.

5. Hindari Penggunaan Sepatu Hak Tinggi Terlalu Sering

Sudah bukan rahasia lagi jika kebanyakan wanita menyukai penggunaan sepatu hak tinggi. Penggunaan sepatu hak tinggi yang terlalu sering dan dalam jangka waktu yang lama bisa memicu terjadinya varises. Penggunaan sepatu hak rendah bisa membantu otot tungkai untuk memperlancar aliran vena.

Nah itulah informasi seputar tanda-tanda varises, penyebab dan cara mencegahnya. Diharapkan dengan penjelasan diatas pembaca bisa mencegah terjadinya varises karena varises tidak bisa diremehkan. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *