Susu Untuk Diabetes yang Dianjurkan Oleh Ahli Medis

susu untuk diabetes

Salah satu jenis minuman yang harus hati-hati untuk dikonsumsi penderita diabetes adalah susu. Susu untuk diabetes berbeda dengan jenis susu pada umumnya yang secara umum dinikmati sehari-hari. Konsumsi susu pada penderita diabetes juga harus mengikuti arahan dari dokter. 

Konsultasi diperlukan agar manfaat susu bisa terserap baik pada tubuh. Susu yang dikonsumsi oleh penderita diabetes bisa membantu menurunkan berat badan. Memiliki berat badan ideal merupakan cara penderita diabetes untuk tetap berada dalam kondisi sehat dan mencegah terjadinya komplikasi. 

Susu untuk Diabetes yang Dianjurkan

susu untuk diabetes
Konsumsi Susu Harian

Penderita diabetes memang diperbolehkan mengkonsumsi susu asalkan yang tidak mengandung gula atau pemanis. Susu bisa membantu mengontrol diabetes dan juga mencegah terjadinya perkembangan diabetes. Namun tidak semua jenis susu bisa dikonsumsi oleh penderita.

Susu sangat kaya akan kandungan kalsium dan juga protein. Tidak hanya itu saja, susu juga mengandung karbohidrat dan asam lemak jenuh. Kedua komponen tersebut bisa mempengaruhi kontrol gula darah penderita diabetes. Karbohidrat dalam susu berbentuk laktosa.

Jenis Susu untuk Penderita Diabetes

susu untuk diabetes
Meminum Jenis Susu yang Dianjurkan Ahli Medis

Jenis susu yang direkomendasikan untuk penderita diabetes adalah susu rendah lemak. Susu jenis ini juga bisa diperoleh dari yogurt. Akan tetapi saat ini banyak yogurt yang mengandung gula sehingga tidak diperbolehkan terlalu sering mengkonsumsinya.

1. Yogurt Yunani  

Jenis susu yang baik untuk penderita diabetes adalah yogurt. Dalam yogurt mengandung probiotik cukup tinggi. Ini bermanfaat untuk  kesehatan pencernaan dan bisa meningkatkan kadar insulin maupun gula darah dalam tubuh. Yogurt merupakan kombinasi antara karbohidrat dan protein yang ideal. 

2. String Cheese

Keju juga mengandung susu dan sangat baik untuk dijadikan camilan. Keju jenis ini mengandung protein dan rendah lemak. Selain itu juga memiliki kadar karbohidrat rendah. Sehingga tidak akan meningkatkan kadar gula darah secara signifikan.

3. Susu Grass-Fed 

Susu yang diperbolehkan dikonsumsi oleh penderita diabetes selain dilihat dari kadar lemak juga sumber susunya.  Salah satunya adalah susu yang berasal dari sapi dan diberikan makanan rumput. Susu jenis ini memiliki kadar asam alfa linoleat tinggi yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

4. Susu Almond Tanpa Gula 

Penderita diabetes biasanya mengurangi asupan karbohidrat dari makanan dan minuman. Susu almond bisa menjadi pilihan karena memiliki kandungan karbohidrat rendah. Sedangkan kandungan lemaknya hanya sepertiga dari susu biasa sehingga sangat cocok dikonsumsi.

5. Susu Kedelai Tanpa Gula 

Jenis susu selanjutnya adalah susu kedelai, tetapi harus tanpa gula. Susu kedelai memiliki kandungan karbohidrat lebih tinggi dari susu almond. Namun jumlahnya hanya dari susu full cream atau susu skim.

Jenis Susu yang Harus Dihindari

susu untuk diabetes
Membatasi Konsumsi Susu

1. Susu Tanpa Lemak 

Penderita diabetes dianjurkan untuk menghindari susu tanpa lemak. Jenis ini sering digunakan untuk mengatasi hipoglikemia. Alasannya karena cepat dicerna dan diserap tubuh sehingga menyebabkan kenaikan gula darah yang cepat. Susu ini dikombinasikan dengan makanan seperti sereal atau cookies.

2. Produk Susu dalam Makanan Manis 

Sangat dianjurkan untuk menghindari makanan yang mengandung susu, seperti es krim, susu coklat dan yogurt yang mengandung gula. Jika ingin mencicipi disarankan untuk membatasi porsinya. Jangan memasukkan makanan ini untuk menu diet harian atau konsumsi sehari-hari.

Nah itulah susu untuk diabetes beserta jenis-jenisnya. Diharapkan informasi diatas bisa menambah pengetahuan baru supaya tidak salah memilih jenis susu. Semoga informasi diatas bermanfaat untuk pembaca semuanya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *