Sistem Imun: Mulai dari Pengertian Hingga Tips Menjaganya

sistem imun

Hari demi hari jumlah pasien positif corona atau Covid-19 di Indonesia terus mengalami peningkatan. Salah satu cara agar bisa terhindar dari virus ini adalah dengan meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh. Dengan sistem imun yang kuat tubuh bisa menghalau adanya virus, termasuk Corona. 

Apa itu Sistem Imun?

sistem imun
Memahami arti dari kekebalan tubuh

Sistem kekebalan tubuh merupakan sebuah sistem perlindungan yang ada di tubuh manusia. Keberadaannya berguna untuk menangkal radikal bebas sehingga tidak mudah terserang penyakit. Jika kekebalan tubuh bekerja dengan baik maka seseorang akan terhindar dari virus atau bakteri. 

Sebaliknya, jika sistem kekebalan tidak bekerja dengan baik atau dalam kondisi lemah, maka seseorang akan mudah terserang berbagai penyakit. Maka dari itu, supaya bisa berfungsi dengan baik harus dijaga dengan baik. Misalnya dengan mengonsumsi makanan sehat, rutin berolahraga dan sebagainya.

Fungsi Sistem Imun

1. Sebagai Sistem Pertahanan Tubuh

Fungsi pertama dari sistem ini adalah sebagai sistem pertahanan tubuh. Sebagai sistem pertahanan tubuh, keberadaannya bertugas untuk memproteksi tubuh dari serangan berbagai penyakit. Tubuh yang selalu sehat dan tidak mudah sakit sudah pasti memiliki sistem imun yang baik.

2. Memperbaiki Jaringan yang Rusak

Fungsi imunitas berikutnya yaitu untuk memperbaiki jaringan-jaringan di dalam tubuh yang mengalami kerusakan dan mati. Sistem kekebalan tubuh atau imun memiliki peran penting dalam membuang sel-sel tubuh yang tidak normal dan berpotensi membahayakan tubuh.

3. Menjaga Homeostatis

Apa itu homeostasis? Homeostasis merupakan kondisi dimana terjadi keseimbangan dalam tubuh sehingga kebutuhan tubuh terpenuhi dengan baik. Sedangkan fungsi sistem imun yaitu untuk memastikan jika homeostasis bisa berjalan dengan lancar.

Cara Kerja Sistem Imun

sistem imun
Metode kerja dari sistem kekebalan tubuh

Cara kerja sistem imun dimulai ketika mikroorganisme mulai menyerang tubuh. Kesatuan sel kekebalan tubuh akan membentuk barikade menangkal serangan bahaya. Setelah berhasil mengidentifikasi serangan, selanjutnya memberitahu limfosit B untuk memproduksi antibodi, seperti protein. 

Protein ini nantinya akan menempel pada pemicu penyakit (antigen). Selanjutnya, limfosit T akan menuju antigen yang telah ditunggangi limfosit B, kemudian menghancurkan antigen tersebut. Antibodi yang sebelumnya telah diproduksi akan tinggal di dalam tubuh setelah beberapa waktu. 

Ini terjadi dikarenakan sebagai langkah antisipasi apabila pemicu penyakit tiba-tiba muncul kembali. Antibodi yang terbentuk juga berfungsi untuk menetralisir racun yang dibawa oleh mikroorganisme. Selain itu, berfungsi untuk merangsang protein komplemen dalam melawan virus dan bakteri.

Tips Menjaga Kekebalan Tubuh

sistem imun
Rutin berolahraga agar kekebalan tubuh terjaga

1. Tidur dengan Cukup

Tips yang pertama yaitu tidur dengan cukup. Tidur memiliki hubungan sangat erat dengan imunitas. Jika mendapatkan waktu tidur yang cukup, maka kekebalan tubuh akan terus terjaga. Sebaliknya, kurang tidur bisa membuat seseorang rentan terinfeksi bakteri maupun virus sehingga mudah sakit.

2. Mengonsumsi Makanan Sehat

Salah satu tips yang sangat mudah untuk dilakukan yaitu mengonsumsi makanan sehat. Sistem kekebalan tubuh yang baik membutuhkan nutrisi dari makanan sehat, seperti sayuran dan buah-buahan. Beberapa nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, yaitu vitamin, mineral dan juga antioksidan.

3. Rutin Olahraga

Imunitas  bisa selalu dalam kondisi baik jika dibantu dengan rutin olahraga. Banyak jenis olahraga yang mudah untuk dilakukan. Salah satu olahraga yang bisa dipilih yaitu berjalan kaki. Anda bisa berjalan kaki dalam waktu 30 menit setiap harinya untuk menjaga sistem imun terus dalam kondisi baik.

Nah itulah informasi mengenai sistem imun, mulai dari pengertian hingga tips menjaganya. Diharapkan Anda selalu menjaganya dengan baik supaya tidak mudah terserang berbagai penyakit berbahaya. Semoga informasi diatas memberikan banyak manfaat. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *