Mengenal Cara Senam Kegel Sederhana

senam kegel

Salah satu jenis senam yang seringkali dilakukan oleh banyak orang adalah senam kegel. Pada awalnya senam tersebut dikenal sebagai senam ibu hamil yang baru saja selesai melahirkan. Akhir-akhir ini baru diketahui bahwasanya senan ini ternyata memiliki banyak manfaat. Selain itu, juga dianjurkan dilakukan siapa saja yang ingin mengencangkan otot pinggul.

Manfaat Senam Kegel 

senam kegel
Manfaat Senam Kegel

Senam kegel itu sendiri merupakan salah satu jenis olahraga yang bermanfaat untuk menjaga bentuk tubuh perempuan dan juga merapatkan vagina menjadi seperti semula. Selain itu, juga membantu ibu hamil ketika proses persalinan seperti membuka jalan lahir untuk janin, menguatkan otot panggul dan sebagainya. Prinsip dasar dari senam ini cukup sederhana meliputi tiga gerakan utama yaitu jepit, tahan dan lepas. Meski banyak bermanfaat untuk perempuan, laki-laki juga bisa melakukan senam ini.

Cara Senam Kegel Sederhana

senam kegel
Senam Kegel yang Sederhana

Senan kegel sederhana bisa dilakukan sambil berbaring, duduk, berdiri dan juga berjalan. Apabila Anda baru pertama kali melakukannya, maka perlu mencoba latihan otot panggul dan dilakukan sambil berbaring dengan kedua lutut menekuk. Posisi tersebut akan meminimalisir gaya gravitasi sehingga membuat tubuh menjadi lebih rileks.

1. Mencari Tahu Letak Otot Panggul Bawah

Cara pertama untuk melakukan senam kegel adalah menemukan letak otot dasar panggul, cobalah untuk mengencangkan otot di area vagina seolah-olah sedang menahan laju urine ketika buang air kecil. Otot yang kemudian berkontraksi tersebut merupakan otot dasar panggul bawah.

2. Kosongkan Kantung Kemih 

Tahap selanjutnya adalah merapatkan area miss V dengan mengosongkan kantung kemih. Cara mengosongkannya yaitu dengan mengubah posisi tubuh menjadi posisi berbaring. Saat sedang dalam posisi berbaring tersebut, maka kencangkanlah otot pinggul bawah Anda yang sebelumnya sudah diketahui letaknya. Kemudian harus menahan posisi tersebut selama lima detik, setelah lima detik menahan lalu rileks kan dan kemudian ulangi sebanyak 4 sampai 5 kali. Setelah sudah terbiasa bisa melakukan peningkatan ritme.

3. Berkonsentrasi untuk Melakukan Pengencangan Otot Panggul Dasar

Saat melakukan gerakan ini sebaiknya harus fokus pada otot-otot organ reproduksi miss V. Jangan sampai salah fokus dalam melakukan peregangan otot lainnya. Otot peregangan yang perlu hindari fokusnya adalah otot di sekitar betis, paha, pantat dan atas perut. Fokus tersebut dilakukan agar mendapatkan hasil terbaik dari olahraga yang dilakukan. Untuk membantu meningkatkan konsentrasi perlu melakukan daya efisiensi gerakan dengan cara mengambil nafas dan mengeluarkannya.   

4. Menemukan Posisi yang Nyaman dalam Berlatih Senam Kegel 

Saat melakukan senam kegel sebaiknya mengambil posisi nyaman. Hal ini dapat dilakukan dengan melakukan latihan misalnya senam dalam posisi duduk di kursi atau dengan berbaring di lantai. Saat mencari posisi nyaman harus tetap memastikan otot pantat dan perut dalam posisi rileks. Selain itu, harus memposisikan tubuh berbaring yang merata pada bagian punggung. Dan pastikan posisi lengan Anda berada di sisi tubuh atau samping tubuh dan posisikan lutut ke arah atas dengan kondisi menyatu. Pastikan juga untuk selalu menjaga posisi kepala berada di bawah supaya menghindari leher menjadi tegang.

Harus Diwaspadai Saat Senam 

Senam kegel bermanfaat untuk merapatkan miss V, tetapi jika dilakukan secara berlebihan bisa menimbulkan masalah baru. Sehingga harus dilakukan dalam batas-batas tertentu agar tidak merugikan. Selain itu, olah tubuh yang dilakukan tanpa pengawasan profesional bisa berisiko mengalami keseleo otot yang berakibat timbulnya kelumpuhan gerak. 

Itulah cara senam kegel sederhana. Semoga informasi di tas bisa bermanfaat untuk pembaca semuanya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *