10 Sayuran Tinggi Serat untuk Pencernaan yang Lebih Sehat 

sayuran tinggi serat

Mengonsumsi makanan yang mengandung serat sangat baik untuk kesehatan, terutama saluran pencernaan. Serat bisa diperoleh melalui sayuran atau buah-buahan yang setiap hari dikonsumsi. Inilah daftar 10 sayuran tinggi serat yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi. 

10 Sayuran Tinggi Serat untuk Pencernaan

1. Selada

Selada memiliki kandungan serat cukup tinggi yaitu 0,6 gram per 100 gram. Sayuran yang sering dijadikan lalapan ini juga memiliki kandungan provitamin A, kalsium dan kalium. Selada biasanya dimanfaatkan untuk mencegah panas dalam, melancarkan metabolisme, dan memperbaiki organ dalam.

2. Daun Seledri

Rekomendasi sayuran tinggi serat selanjutnya adalah seledri. Daun seledri memiliki kandungan serat sebesar 1,5 gram per 100 gram. Kandungan lain adalah provitamin A, vitamin C dan kalium.

Dengan kandungan tersebut, tidak heran jika sayur ini sangat sehat. Konsumsi daun seledri juga bisa memperlambat proses penuaan, menetralkan asam, menstabilkan gula darah, menurunkan tekanan dan kolesterol darah. Daun seledri juga bisa berperan sebagai anti kanker. 

3. Pare

sayuran tinggi serat
Meski pahit, pare memiliki kandungan serat yang tinggi loh!

Sayuran yang terkenal karena rasa pahitnya ini memiliki kandungan serat sebesar 0,8 gram per 100 gram. Selain serat, pare juga memiliki kandungan vitamin C, kalsium, asam amino dan keratin. Pare bisa mengobati sariawan, menurunkan kadar kolesterol darah, mengatasi stroke dan sebagainya.

4. Wortel

Kandungan serat yang ada di dalam wortel sebesar 4 gram per 100 gram. Kandungan lainnya adalah vitamin A, vitamin B, vitamin C, kalium, magnesium, beta-karoten dan fosfor. Sayuran  ini bisa dimanfaatkan untuk menurunkan kolesterol darah, memperlancar saluran pencernaan dan sebagainya.

5. Kubis atau Kol

Sayuran yang memiliki kandungan serat tinggi adalah kubis atau kol. Kandungan serat yang dimiliki sebesar 0,9 gram per 100 gram kubis. Selain itu, kubis juga memiliki kandungan provitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin C dan vitamin E. Kubis memiliki khasiat untuk mengobati penyakit pencernaan.

6. Paprika

Paprika memiliki kandungan serat cukup tinggi yaitu sebesar 1,3 gram per 100 gramnya. Sayur paprika juga mengandung kalsium, magnesium, silikon dan vitamin C. Sayuran satu ini memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah menurunkan kadar gula darah, menurunkan kadar dan kolesterol dalam darah.

7. Bayam

sayuran tinggi serat
Sayuran bayam yang sehat dan banyak serat!

Kandungan serat yang ada di bayam, yaitu sekitar 2,8 gram per 100 gram. Bayam juga memiliki kandungan provitamin A, vitamin C, zat besi, magnesium dan kalium. Manfaat bayam untuk kesehatan adalah mencegah anemia dan diabetes, mengurangi risiko kanker dan sebagainya.

8. Sawi Hijau

Sawi hijau mempunyai kandungan serat sekitar 1,8 gram per 100 gram. Sayuran ini juga memiliki kandungan vitamin A, vitamin B, vitamin C, zat besi, fosfor dan kalium. Sayuran ini memiliki banyak manfaat, bisa mencegah kanker, membantu sistem pencernaan dan mencegah penyakit pelagra.

9. Buncis

sayuran tinggi serat
Konsumsi buncis agar kebutuhan serat terpenuhi

Sayuran tinggi serat selanjutnya adalah buncis. Buncis memiliki kandungan serat sebesar 1,2 gram per 100 gram buncis. Kandungan lainnya adalah kalium fosfor, provitamin A, vitamin B1, vitamin B2 dan vitamin  C. Biasanya buncis dimanfaatkan untuk menurunkan tekanan darah dan kolesterol dalam tubuh.

10. Kentang

Kentang memiliki kandungan karbohidrat yang cukup tinggi. Selain itu kentang juga memiliki kandungan serat yaitu sekitar 3 gram serat per 100 gram kentang. Kentang bisa dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan sistem saraf dan fungsi otak, serta baik untuk pencernaan manusia. 

Nah itulah 10 sayuran tinggi serat yang aman dikonsumsi sehari-hari. Diharapkan setelah mengetahui daftar sayuran tersebut pembaca menjadi rajin untuk mengkonsumsi-nya. Selain sehat juga akan mendapatkan banyak manfaat. 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *