Mengenai Sakit Punggung yang Harus Dipahami

sakit punggung

Selama ini banyak orang beranggapan jika sakit punggung hanya akan menyerang orang berusia lanjut atau lansia. Padahal realitanya tidak seperti itu, banyak usia produktif dan anak-anak yang juga mengalaminya. Penyebabnya cukup beragam, bisa karena cedera atau gerakan yang keliru.

Umumnya, sakit terjadi disebabkan oleh otot atau ligamen tegang. Penyebab lainnya yaitu osteoporosis, arthritis, penyimpangan dalam sistem kerangka dan pecahnya diskus. Selain itu, sakit punggung juga terjadi karena mengalami radang sendi, gangguan pada ginjal, gangguan saraf dan tulang sendi. 

Sakit punggung ditandai dengan rasa nyeri atau pegal pada punggung yang disertai oleh gejala lainnya, seperti kesemutan atau mati rasa. Kondisi ini terbagi menjadi 2 (dua) yaitu, sakit punggung sebelah kanan dan juga sakit punggung sebelah kiri.

Sakit Punggung Sebelah Kanan dan Kiri 

sakit punggung
Punggung Manusia yang Bisa Merasakan Nyeri

Penyebab sakit punggung sebelah kanan yang seringkali terjadi adalah cedera otot. Selain itu juga bisa disebabkan cedera pada ligamen yang menyokong tulang belakang. Penyebab lainnya adalah radang sendi tulang belakang, gangguan pada ginjal, gangguan saraf dan tulang sendi.

Sakit punggung sebelah kiri terjadi karena beberapa hal. Bisa karena adanya masalah pada otot, tulang punggung, saraf terjepit, gangguan pada organ dalam tubuh dan sebagainya. Kondisi ini bisa diatasi dengan memperbanyak istirahat, di kompres, dan mengkonsumsi obat pereda nyeri.

Penanganan yang Dianjurkan

1. Fisioterapi

Nyeri bisa ditangani dengan cara melakukan fisioterapi. Fisioterapi dilakukan untuk meredakan gejala sakit tulang belakang akibat saraf terjepit, cedera dan kelainan. Beberapa jenis fisioterapi yang bisa dilakukan yaitu terapi panas, terapi listrik, pijatan, senam atau gerakan menggunakan korset tertentu.

2. Mengkonsumsi Obat-obatan

sakit punggung
Konsumsi Obat Penghilang Nyeri

Saat sakit terasa sangat parah biasanya dokter akan memberikan obat antiinflamasi nonsteroid. Contohnya seperti meloxicam, ibuprofen dan kalium diklofenak. Obat-obat tersebut bisa digunakan untuk meredakan nyeri. Sakit akibat ketegangan otot akan diberikan obat pelemas otot.

3. Memperbanyak Istirahat 

Pada saat sedang mengalami kondisi ini, penderita bisa menanganinya dengan cara memperbanyak istirahat. Tidak hanya itu saja tetapi juga tidak mengangkat benda yang berat dan menghindari stres berlebihan. Saat istirahat bisa disertai dengan terapi pijat untuk mengatasi nyeri pada punggung.

4. Memberi Kompres 

Nyeri bisa ditangani dengan cara memberi kompres dingin dan diselingi kompres hangat. Kompres bisa diperoleh melalui es yang dibungkus kain dan bisa meredakan nyeri dan mengurangi pembengkakan. Sedangkan pemberian kompres air hangat bisa merelaksasi otot punggung.

5. Tetap Aktif Bergerak

sakit punggung
Lakukan Aktivitas dan Olahraga Ringan

Pada umumnya seseorang yang merasakan nyeri, akan cenderung ingin berbaring hingga sakitnya berkurang. Padahal melakukan aktivitas ringan bisa mempercepat penyembuhan. Misalnya melakukan olahraga ringan seperti jalan kaki. Sebaiknya hindari aktivitas berat yang membebani punggung. 

6. Memperhatikan Posisi Tidur

Penanganan sakit punggung bisa dilakukan dengan merubah posisi tidur. Ini bisa membantu untuk mengatasi rasa sakit. Hal ini karena posisi tidur tertentu bisa mengurangi tekanan pada punggung. Misalnya tidur terlentang dengan meletakkan bantal di bawah lutut.

7. Operasi

Penanganan sakit dengan cara operasi merupakan opsi terakhir. Selain alasan tersebut, sakit punggung sebelah kanan biasanya akan ditangani dengan operasi jika terjadi karena cedera berat pada saraf. Penyebab lainnya yaitu tumor tulang belakang, dan batu ginjal berukuran besar.

Nah itulah beberapa hal yang harus diketahui dan dipahami mengenai sakit punggung.  Sekaligus dengan cara menanganinya. Semoga informasi diatas bisa bermanfaat bagi pembacanya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *