Penyebab Sakit Perut Bagian Bawah Beserta Cara Penanganannya

sakit perut bagian bawah

Sakit perut bagian bagian bawah sering dirasakan wanita maupun pria. Rasa sakit yang muncul biasanya menimbulkan sensasi seperti sakit seperti ditusuk, kram dan sakit terus menerus. Jika terjadi pada wanita seringkali disertai dengan keputihan. Lalu apa penyebab dan cara penanganannya? 

Penyebab Sakit Perut Bagian Bawah Pada Wanita 

sakit perut bagian bawah
Radang Panggul pada Wanita

1. Penyakit Radang Panggul 

Penyebab pada wanita yang pertama adalah radang panggul. Penyakit ini merupakan infeksi yang terjadi pada organ reproduksi wanita disebabkan oleh bakteri. Panggul itu sendiri terletak di perut bagian bawah serta berdekatan dengan tuba falopi, indung telur, leher rahim dan juga rahim.

2. Infeksi Jamur Vagina  

Penyebab selanjutnya yaitu infeksi jamur vagina atau kandidiasis. Infeksi disebabkan oleh bakteri dan ragi di vagina tidak seimbang dan mengalami perubahan. Akibatnya menimbulkan rasa gatal, iritasi dan bengkak. Jika infeksi parah maka penyembuhannya membutuhkan waktu hingga 2 minggu.

3. Kanker Serviks 

Kondisi kanker serviks juga menyebabkan rasa sakit pada wanita. Kanker serviks itu sendiri merupakan salah satu jenis kanker yang sangat berbahaya dan menjadi faktor penyebab kematian wanita cukup banyak di Indonesia. Ini disebabkan oleh Human Papillomavirus (HPV) dan ditularkan secara seksual.

4. Hamil di Luar Kandungan  

Hamil diluar kandungan atau kehamilan ektopik merupakan kondisi sel telur yang telah dibuahi menempel di tempat lain bukan rahim. Beberapa kasus kehamilan ini juga terjadi di rongga perut, leher rahim dan indung telur. Hamil di luar kandungan memiliki tanda sakit di perut, bahu, panggul dan leher.

5. Kista Ovarium 

Kista ovarium merupakan kondisi saat kantong berisi cairan yang tumbuh pada ovarium (indung telur) perempuan. Biasanya muncul ketika wanita sedang dalam masa subur atau selama menstruasi. Terjadinya kista tidak hanya menyebabkan rasa sakit tetapi juga mengalami mual dan demam ringan.

Penyebab Sakit Perut Bagian Bawah Pada Pria 

sakit perut bagian bawah
Kondisi Uretritis pada Pria

1. Uretritis

Pada pria bisa terjadi karena mengalami uretritis. Ini merupakan kondisi saat tabung yang membawa urine dari kandung kemih menuju luar tubuh meradang atau iritasi. Terjadinya uretritis bisa menimbulkan rasa sakit saat buang air kecil atau saat dorongan ingin kencing muncul.

2. Masalah Usus

Sakit ternyata juga disebabkan oleh masalah usus karena sistem pencernaan sangat buruk. Gejala yang muncul yaitu nyeri saat buang ar besar, kehilangan darah saat buang air besar, kembung dan perubahan kebiasaan buang air besar. Ini tidak hanya dialami oleh pria tetapi juga wanita.

3. Gangguan Kemih 

Adanya gangguan pada kemih juga menimbulkan rasa sakit perut bagian bawah. Rasa sakit yang muncul seperti terbakar atau panas ketika buang air kecil. Kondisi ini juga menyebabkan penderitanya sering bolak balik kamar mandi. Terjadinya gangguan kemih disebabkan oleh infeksi urine.

Tindakan Penanganan yang Dianjurkan

sakit perut bagian bawah
Banyak Minum Air Putih

Penanganan ketika sakit perut bagian bawah terlebih dahulu harus diketahui penyebabnya. Caranya lewat pemeriksaan dari dokter. Beberapa cara lain yang bisa meringankan adalah olahraga secara teratur, banyak minum air putih, jangan menahan buang air besar, makanan sehat dan berhenti merokok.

Itulah beberapa penyebab sakit perut bagian bawah pada wanita dan pria serta cara menanganinya. Semoga informasi diatas bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan pembaca semuanya. Jangan lupa untuk selalu jaga kesehatan ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *