Rekomendasi 5 Obat Sariawan Alami Terbukti Manjur untuk Digunakan

obat sariawan alami

Sariawan adalah luka di dalam mulut yang bisa menimbulkan rasa sakit dan tidak nyaman. Penyakit ini bisa menyerang siapa saja, mulai bayi hingga orang dewasa. Luka yang muncul di dalam mulut bisa menjadi tanda sariawan. Terdapat 5 obat sariawan alami yang bisa dicoba untuk menyembuhkannya. 

Penyebab Sariawan

obat sariawan alami
Memahami Berbagai Penyebab Sariawan

Penyebab sariawan yang paling umum adalah  kekurangan vitamin B12 atau asam folat, daya tahan tubuh melemah dan juga disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus tertentu. Terkadang ketika ada perubahan hormon tubuh seperti ketika menstruasi atau hamil bisa juga menyebabkan munculnya sariawan. 

Selain itu, penyebab sariawan lainnya adalah adanya trauma pada jaringan lunak, seperti ketika lidah atau bibir tergigit, lidah tergores makanan yang tajam atau menyikat gigi terlalu keras. Efek samping dari penggunaan obat dan metode pengobatan juga menyebabkan munculnya sariawan.

Perlu dipahami jika sariawan bukanlah penyakit menular dan bisa pulih tanpa melakukan pengobatan medis dalam waktu satu hingga dua minggu. Sariawan ini bisa diobati di rumah hanya dengan obat yang alami. Obat alami ini tentu akan lebih baik untuk kesehatan tubuh dibanding obat medis. 

Rekomendasi 5 Obat Sariawan Alami

1. Kelapa 

Tak banyak yang tahu ternyata kelapa bisa dijadikan obat sariawan di lidah dan bibir. Kelapa ini akan mencegah peradangan luka semakin memburuk serta mengurangi rasa sakit yang timbul akibat sariawan. Selain itu, kelapa dipercaya bisa membantu menyejukkan suhu tubuh penyebab sariawan.

Cara menggunakannya kepala untuk obat alami sariawan adalah mencampurkan madu dengan susu kelapa atau minyak kelapa. Selanjutnya oleskan ramuan tersebut di luka sariawan. Ulangi sebanyak 3-4 kali dalam satu hari sampai sariawan tampak mengempis.

2. Madu 

obat sariawan alami
Khasiat Madu untuk Sariawan

Sudah bukan rahasia lagi jika madu merupakan obat sariawan alami yang paling ampuh. Hal ini karena di dalam madu memiliki sifat anti radang dan anti bakteri yang berfungsi untuk membantu mengurangi rasa perih dan mempercepat proses pemulihan sariawan. 

Cara menggunakannya adalah cukup dengan mengoleskan madu di atas sariawan tersebut. Oleskan pada bagian yang mengalami luka akibat sariawan. Lakukan secara rutin selama empat hari berturut-turut. 

3. Air Garam 

Garam mempunyai sifat anti radang dan antibakteri yang bisa dimanfaatkan untuk mencegah sariawan bertambah parah. Selain itu garam juga membantu mempercepat prose penyembuhan sariawan. Garam tidak hanya digunakan untuk obat sariawan tetapi juga mencegah infeksi di mulut. 

Caranya dengan membuat larutan garam dengan satu setengah sendok teh garam ke dalam satu gelas air hangat. Aduk rata dan gunakan untuk berkumur. Supaya mendapatkan hasil maksimal sebaiknya berkumur selama kurang lebih 1-2 menit. Ulangi beberapa kali sampai luka sariawan mengempis.

4. Lidah Buaya 

obat sariawan alami
Menggunakan Lidah Buaya untuk Sariawan

Lidah buaya memiliki sifat anti radang dan pereda nyeri alami sehingga sangat cocok digunakan sebagai obat sariawan alami. Munculnya satu luka sariawan terutama di bagian lidah bisa membuat seluruh mulut menjadi tidak nyaman dan panas. Untuk bisa mengatasinya maka menggunakan lidah buaya.

Caranya cukup mudah yaitu siapkan daun lidah buaya dan cuci hingga bersih. Selanjutnya oleskan getah atau daging lidah buaya secukupnya pada luka sariawan. Biarkan selama beberapa jam dan ulangi dua atau tiga kali sehari.

5. Kantong Teh Bekas 

Ternyata kantong teh bekas bisa digunakan untuk mengobati sariawan. Hal ini karena kantong teh memiliki sifat basa sehingga bisa menetralisir mulut yang asam supaya tidak memperburuk sariawan. Selain itu, daun teh bisa digunakan untuk melawan infeksi da peradangan penyebab sariawan.

Sisa teh yang diseduh juga bisa membantu meningkatkan kesehatan gusi.  Serta mengurangi risiko penyakit gusi. Caranya cukup mudah yaitu dengan menempelkan kantong teh bekas selama lima menit pada luka sariawan.

Adapun cara mudah mencegah sariawan bertambah parah adalah memperhatikan makanan yang dikonsumsi, sebaiknya hindari makanan yang bisa mengiritasi mulut. Selanjutnya memilih makanan sehat seperti buah, sayur dan gandum. Menjaga kebersihan mulut dan juga mengurangi stres.

Itulah informasi mengenai 5 obat sariawan alami yang bisa dicoba. Diharapkan penjelasan di atas bisa menambah informasi pembaca mengenai sariawan. Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan Anda ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *