Kenali Berbagai Produk Olahan Susu yang Menyehatkan

produk olahan susu

Susu menjadi salah satu jenis minuman yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi. Minuman ini diketahui memiliki banyak kandungan gizi yang menyehatkan untuk tubuh. Satu gelas susu mengandung banyak manfaat bagi kesehatan. Salah satu manfaatnya adalah meningkatkan kekuatan otot dan tulang.  Manfaat lainnya adalah susu bisa menjadi sumber energi ketika akan beraktivitas. Perlu diketahui bahwa ada produk susu yang bisa dikonsumsi untuk menurunkan berat badan, seperti susu rendah lemak dan yoghurt. Apabila tidak suka minum susu secara langsung bisa menggantikannya dengan mengkonsumsi berbagai produk olahan susu. 

Berbagai Produk Olahan Susu yang Sehat

1. Yoghurt

produk olahan susu
Yoghurt yang Menyehatkan

Produk olahan susu yang pertama adalah yoghurt. Yoghurt mengandung banyak nutrisi sehingga sangat baik untuk dikonsumsi. Selain itu, juga bisa memenuhi kebutuhan nutrisi dalam tubuh. Di dalam yoghurt mengandung kalsium cukup tinggi yang baik untuk menjaga kesehatan pencernaan dan mencegah tulang keropos.

Yoghurt juga memiliki kandungan vitamin B12 yang bermanfaat menjaga sel darah merah serta menjaga fungsi kerja dari sistem darah. Selain itu, mengkonsumsi yoghurt berarti memenuhi kebutuhan fosfor, vitamin B5, kalsium, yodium, seng dan riboflavin. 

2. Keju

Siapa tak mengenal keju? Produk olahan susu ini seringkali diolah menjadi berbagai hidangan lezat. Keju mengandung banyak kalsium, protein, vitamin A, vitamin B12, fosfor, seng, magnesium, dan riboflavin. Keju ini dibuat dengan menggunakan bakteri baik. Bakteri baik tersebut ternyata bisa membantu kesehatan gigi.

Manfaat lain jika mengkonsumsi keju adalah menjaga kepadatan tulang karena mengandung banyak kalsium. Cheddar dan parmesan mengandung sedikit laktosa, sehingga  menjadi pilihan untuk mendapatkan manfaat susu bagi seseorang yang mengalami intoleransi laktosa. 

3. Mentega

produk olahan susu
Mentega untuk Memasak dan Oles Roti

Sebagai salah satu produk olahan susu, mentega mengandung lemak hewani. Proses pembuatannya, susu dan lemak hewani dicampur dengan air, garam dan padatan susu. Mentega memiliki banyak manfaat apabila dikonsumsi, tetapi banyak orang beranggapan jika mengkonsumsi mentega menyebabkan gemuk.

Mentega merupakan salah satu sumber antioksidan yang bermanfaat untuk melindungi tubuh dari kerusakan sel akibat adanya radikal bebas. Ada kandungan vitamin K dalam mentega yang berguna mengatasi nyeri sendi atau otot. Ternyata anak-anak juga diperbolehkan mengkonsumsi mentega karena bisa membantu perkembangan dan pertumbuhan otak. Alasannya karena mengandung lemak dan juga kolesterol yang dibutuhkan tubuh.

4. Tahu Susu

Produk olahan susu yang satu ini masih belum familiar di masyarakat. ternyata susu juga bisa diolah menjadi tahu susu. Cara membuatnya adalah mencampur susu sapi dengan sari kedelai. Hasilnya mengandung produk kaya akan zat besi, protein hewani dan nabati.

Kandungan zat besi dalam susu tahu bisa meningkatkan produksi energi. Tidak hanya itu saja, mengkonsumsi tahu susu berarti sedang mencegah penyakit jantung. Hal ini dikarenakan kandungan proteinnya bisa menurunkan tingkat kolesterol jahat.

Manfaat Konsumsi Susu

Secara keseluruhan produk olahan susu memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, antara lain:

1. Membantu Pertumbuhan Tulang 

Seperti yang diketahui susu mengandung kalsium cukup tinggi. kalsium itu sendiri sangat bermanfaat bagi tubuh karena bisa membantu pertumbuhan tulang dan juga kemungkinan dapat mencegah terjadinya penyakit tertentu. Mengkonsumsi berbagai makanan dari susu juga bisa menguatkan tulang serta gigi.

2. Menurunkan Berat Badan 

produk olahan susu
Mengkonsumsi Produk dari Susu untuk Diet

Yoghurt yang mengandung susu rendah lemak yang selama ini dikenal memiliki sifat pembakar lemak sehingga bisa menurunkan berat badan.  Jadi saat sedang melakukan program diet disarankan untuk mengkonsumsi yoghurt.

3. Melawan Insomnia

Segelas susu hangat jika dikonsumsi bisa mendapatkan kualitas tidur yang baik pada malam hawa. Adanya senyawa serotonin dalam susu bisa membuat pikiran dan juga tubuh menjadi santai sehingga membuat cepat tidur.

Nah, itulah 4 produk olahan susu dan manfaat bagi kesehatan. Semoga penjelasan diatas memberikan banyak manfaat untuk pembaca semuanya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *