Pipi Bengkak: Penyebab, Jenis-jenis dan Cara Mengobatinya

pipi bengkak

Ketika pipi bengkak tentunya akan mengurangi penampilan dan bisa mempengaruhi kepercayaan diri. Kondisi adalah keluhan yang sering dianggap mengganggu karena membuat penampilan wajah menjadi berubah. Munculnya kondisi ini akan disertai dengan nyeri serta rasa tidak nyaman pada bagian pipi.

Hal yang Menyebabkan Kondisi Ini

pipi bengkak
Penyebab Munculnya Kondisi Ini

Bengkak sendiri merupakan kondisi yang terjadi akibat adanya pembesaran pada area tubuh, dipicu oleh peradangan atau penumpukan cairan. Bengkak bisa terjadi di bagian tubuh manapun, tanpa kecuali pada bagian pipi. Penyebabnya bisa dipicu oleh berbagai hal:

1. Infeksi 

Penyebab pipi bengkak yang pertama adalah adanya infeksi di mulut. Infeksi di mulut disebabkan oleh virus atau bakteri. Salah satu infeksi yang menyebabkannya adalah gondongan. Penyakit gondongan disebabkan oleh infeksi paramyxovirus yang menyerang kelenjar ludah pada mulut,

2. Batu di Liur 

Air liur mengendap atau mengeras disebut sialolithiasis. Air liur yang mengeras bisa menghalangi saluran air liur, akibatnya menyebabkan pembengkakan dan rasa sakit pada pipi. Penyakit ini biasanya menyebabkan nyeri dan bengkak pada bagian pipi.

3. Masalah Gigi dan Gusi 

Pemicunya bisa disebabkan oleh masalah gigi dan gusi. Salah satunya adalah abses gigi yang merupakan kondisi akibat adanya penumpukan nanah di sekitar gigi dan gusi akibat infeksi bakteri. Selain itu juga karena perikoronitis yang terjadi ketika jaringan gusi mengalami peradangan.

4. Alergi 

Terjadinya bengkak merupakan gejala dari adanya reaksi alergi. Reaksi alergi yang parah disebut dengan syok anafilaktik. Pembengkakan tidak hanya terjadi pada pipi saja melainkan juga pada lidah dan tenggorokan. Kondisi ini bisa membuat penderita kesulitan bernapas.

5. Tumor Kelenjar Ludah 

Pembengkakan pada kelenjar ludah menandakan adanya tumor kelenjar ludah. Tumor tersebut ada yang bersifat jinak atau ganas. Gejala yang muncul adalah munculnya benjolan keras atau lunak pada pipi sehingga membuatnya terasa nyeri. Bahkan pada bagian wajah menjadi mati rasa.

6. Gangguan Hormon 

Pipi bengkak juga bisa disebabkan hormon, seperti hipotiroidisme. Hipotiroidisme adalah kondisi saat tubuh tidak memproduksi cukup hormon tiroid. Gejalanya adalah berat badan naik, sering mengantuk dan tidak tahan dengan suhu dingin. 

Jenis-jenis Pipi Bengkak 

pipi bengkak
Mengenali Berbagai Jenisnya

1. Pipi Bengkak di Satu Sisi (Asimetris)

Jenis bengkak yang pertama adalah asimetris. Dimana kondisi ini terjadi hanya pada satu sisi saja. Penyebabnya adalah cedera wajah, tumor kelenjar saliva, abses gigi, selulitis, perikoronitis dan gondok.

2. Pipi Bengkak Disertai Gusi Bengkak 

Pembengkakan tidak hanya terjadi pada pipi tetapi juga terjadi di gusi. Kondisi ini bisa mengindikasikan adanya penyakit gigi tertentu. Penyebab gigi dan pipi bengkak adalah abses gigi dan perikoronitis. 

3. Benjolan di Pipi Bagian Dalam 

Kondisi pipi yang bengkak juga bisa muncul bat adanya benjolan di bagian dalam rongga mulut. Kondisi ini tidak menimbulkan rasa sakit. Penyebabnya adalah hipotiroid, anafilaksis, sindrom cushing dan penggunaan steroid jangka panjang.

4. Bengkak pada Anak 

Pipi bengkak tidak hanya menyerang orang dewasa tetapi juga anak-anak. Penyebab paling umum pada anak adalah gondok, abses gigi, selulitis, sindrom cushing. Selain itu, juga cedera pada wajah dan anafilaksis.

Pengobatan yang Dianjurkan

pipi bengkak
Pengobatan Dengan Melakukan Kompres

1. Kompres Dingin 

Cara mengobati kondisi bisa dilakukan dengan mengompres dingin atau kompres es. Cara ini selain bisa meredakan bengkak juga rasa nyeri yang muncul. Caranya dengan membungkus es dengan handuk, kemudian kompreskan pada daerah pipi selama 10 menit. 

2. Posisikan Kepala Lebih Tinggi 

Ketika sedang tidur ganjal kepala dengan bantal tambahan. Tidur dengan posisi kepala lebih tinggi bisa menurunkan aliran darah ke area yang bengkak. Selain itu juga bisa mengurangi pembengkakan.

3. Kurangi Asupan Garam 

Mengkonsumsi makanan asin bisa menyebabkan cairan menumpuk di dalam tubuh. Akibatnya bisa memperparah kondisi bengkak. Mengurangi asupan garam bisa membantu mengurangi penumpukan cairan pada bagian pipi.

4. Mengkonsumsi Obat-obatan Pereda Nyeri 

Seringkali munculnya bengkak disertai dengan rasa nyeri atau ngilu yang mengganggu. Kondisi ini bisa diobati dengan mengkonsumsi obat pereda nyeri, seperti paracetamol. Sekedar informasi bahwa pipi bengkak tidak selalu mengindikasikan masalah serius.

Itulah penyebab, jenis-jenis dan cara mengobati pipi bengkak. Diharapkan uraian di atas bisa dipahami dan menambah pengetahuan. Semoga informasi diatas bisa bermanfaat untuk pembaca semuanya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *