Ini Dia Beberapa Penyebab Sperma Encer yang Harus Diketahui

penyebab sperma encer

Bagi sebagian pria, sperma encer menjadi salah satu hal yang menakutkan. Ini akibat banyak orang menghubungkan kondisi ini dengan ketidaksuburan. Padahal mereka yang mengatakan seperti itu banyak yang belum tahu sperma encer itu seperti apa. Sperma dikatakan encer apabila tampak jernih dan juga tipis. Kondisi ini hanya bersifat sementara dan bukan gangguan kesehatan yang serius dan membahayakan. Lalu, apa penyebab sperma encer pada pria?

6 Penyebab Sperma Encer 

Sperma atau air mani merupakan cairan yang dikeluarkan oleh penis ketika berada di puncak rangsangan. Biasanya sperma tersebut akan mengalami pembekuan 30 menit setelah ejakulasi, tampak muncul campuran antara cairan jernih dan putih susu serta memiliki tekstur lengket. Beberapa pakar kesehatan telah membantah jika sperma encer menandakan adanya masalah kesuburan dan bisa menyebabkan kemandulan. Anggapan tersebut adalah mitos yang tidak benar, jika masih ragu simak beberapa sebab sperma menjadi encer berikut ini:

1. Volume Sperma 

penyebab sperma encer
Jumlah Volume Sperma

Umumnya sperma normal pada orang dewasa adalah 15 juta sel per milliliter. Ketika jumlah sperma yang dihasilkan di bawah jumlah normal tersebut maka bisa berpotensi terjadi sperma encer. Saat sperma terlihat encer itu dikarenakan kekentalannya berkurang. Kekentalan sperma itu sendiri dipengaruhi oleh jumlah sperma yang dikeluarkan.

Hal ini bisa muncul karena berhubungan dengan jumlah ejakulasi yang dilakukan oleh pria dalam satu minggu. Semakin sering melakukan ejakulasi, maka akan membuat sperma semakin encer.

2. Sistem Reproduksi Belum Matang 

Sperma encer dikatakan masih normal apabila pada remaja yang masih berusia antara 11-15 tahun. Pada saat usia tersebut sistem reproduksi belum matang atau masih dalam tahap perkembangan.

Saat remaja laki-laki dalam masa pubertas, hormon seks masih dalam tahap penyesuaian. Kondisi ini kemudian membuat kualitas sperma masih belum sempurna. Jadi tidak ada kaitanya dengan kesuburan.

3. Lingkungan dan Pola Hidup 

penyebab sperma encer
Gaya Hidup Menentukan Kualitas Sperma

Kualitas dari sperma juga bisa dipengaruhi oleh lingkungan sekitar tempat tinggal dan bekerja, pola makan tidak sehat serta gaya hidup. Gaya hidup yang buruk seperti kebiasaan merokok dan mengkonsumsi alkohol dalam jangka waktu cukup lama bisa menurunkan kualitas sperma. 

4. Kekurangan Zinc atau Fruktosa 

Kekurangan mineral zinc atau seng bisa mempengaruhi jumlah sperma yang diproduksi. Kondisi ini akan mengakibatkan jumlah sperma berkurang dari jumlah normal. Keberadaan mineral zinc dalam tubuh bisa membantu melawan efek antibodi antisperma yang bisa mempengaruhi produksi sperma. Adapun makanan yang mengandung zinc adalah telur, jamur, daging merah, hati sapi, minyak wijen, tiram dan sebagainya

Berkurangnya kekentalan sperma juga bisa terjadi akibat makanan yang dikonsumsi setiap hari. Jika kekurangan fruktosa bisa mengakibatkan cairan sperma yang keluar saat penetrasi akan menjadi bening. Kandungan fruktosa ini bisa didapatkan dari beberapa buah, seperti mangga, apel, leci, anggur, pir, blackberry, kiwi, dan ceri. 

5. Banyaknya Frekuensi Ejakulasi 

Penyebab sperma encer selanjutnya adalah terlalu sering berejakulasi, melalui masturbasi ataupun hubungan seksual. Apabila memiliki kebiasaan tersebut bisa mempengaruhi kualitas maupun kuantitas sperma. 

Kualitas sperma akan menurun dan juga lebih encer pada ejakulasi kedua, ketiga dan seterusnya. Jika mengalami kondisi seperti ini berarti tubuh sedang butuh waktu untuk istirahat beberapa jam supaya bisa memproduksi sperma dengan kualitas dan kuantitas normal dan sehat.

6. Ejakulasi Terbalik 

penyebab sperma encer
Adanya Proses Ejakulasi Terbalik

Sperma encer juga disebabkan oleh ejakulasi terbalik atau ejakulasi retrograde. Ejakulasi ini terjadi pada seseorang yang mengalami gangguan di prostat atau kandung kemih. Hal tersebut mengakibatkan sperma yang seharusnya keluar di luar menjadi masuk dan bercampur dengan urine. 

Itulah 6 penyebab sperma encer yang harus diketahui. Semoga informasi di atas bisa meyakinkan pria bahwa sperma encer tidak berkaitan dengan masalah kesuburan. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *