Muncul Tanpa Gejala, Penyebab Polip Rahim Patut Diwaspadai

penyebab polip rahim

Kebanyakan wanita masih awam dengan istilah dan penyebab polip rahim. Padahal penyakit ini patut untuk diwaspadai. Pasalnya, rahim merupakan salah satu organ yang keberadaannya sangat dibutuhkan oleh wanita. 

Berbahagialah seorang wanita yang memiliki rahim dalam kondisi sehat, sehingga dapat merasakan kenikmatan mengandung. Sebuah bentuk kesehatan yang masih sering terabaikan. Namun, benarkah polip rahim dapat menyebabkan seorang wanita sulit hamil?

Mengenal Penyakit Polip Rahim

penyebab polip rahim
Adanya polip yang tumbuh pada dinding rahim

Rahim adalah sebuah organ yang termasuk dalam satu kesatuan dengan sistem reproduksi pada wanita. Lokasi organ ini berada di tengah-tengah rongga panggul. Lebih tepatnya berada di depan rektum serta di belakang kandung kemih. 

Letaknya yang cukup tersembunyi menjadikan kesehatan rahim sering terlupakan, sehingga muncul berbagai macam penyakit. Ada pun jenis-jenis penyakit yang menyerang rahim adalah PCOS, infeksi menular seksual, miom, endometriosis, rahim turun, kista, hingga polip rahim. 

Secara sederhana, polip rahim dapat diartikan sebagai polip yang tumbuh serta menempel pada bagian dalam dinding rahim. Sama seperti polip pada umumnya, ukuran polip rahim hanya berukuran beberapa milimeter saja. Namun, polip ini dapat membesar hingga seukuran bola golf.

Tak hanya itu, polip rahim juga dapat tumbuh secara multiple atau dalam jumlah banyak. Maka berhati-hatilah, meskipun tergolong jinak, jika tidak segera ditangani maka dapat meluas ke bagian lain, khususnya rongga rahim. Pada beberapa kasus, polip rahim juga dapat tumbuh menjadi kanker. 

Penyebab Polip Rahim

Keberadaan polip pada rahim meningkatkan risiko wanita sulit hamil. Sebab, sel telur yang sudah dibuahi menjadi sulit untuk menempel pada rahim, karena terhalang oleh polip. Akibatnya, sel telur tidak dapat berkembang menjadi calon janin, lalu kembali luruh bersama haid atau perdarahan. 

Kondisi ini memang cukup mencemaskan, tetapi penyebab polip Rahim belum dapat diketahui secara pasti. Menurut beberapa ahli, polip rahim muncul akibat adanya perubahan hormon di dalam tubuh wanita. Sayang, perubahan hormon ini selalu terjadi setiap saat, karena siklus menstruasi.

Saat menstruasi belum datang, maka dinding rahim akan mengalami penebalan sebagai langkah persiapan jika terjadi pembuahan sel telur. Namun, saat menstruasi datang, dinding tersebut akan luruh. Jika jaringan yang terbentuk pada dinding terlalu panjang, maka ada kemungkinan polip akan terbentuk.

Faktor Risiko

penyebab polip rahim
Berbagai faktor resiko dari adanya polip rahim

Meskipun penyebab polip rahim belum pasti dan lebih sering terjadi pada lansia, tetapi semua wanita patut waspada. Pasalnya, beberapa kondisi juga dapat meningkatkan risiko terbentuknya polip pada rahim. Beberapa di antaranya:

  1. Wanita berusia 40 atau 50 tahun ke atas
  2. Mendekati masa menopause
  3. Memiliki tekanan darah tinggi atau hipertensi
  4. Obesitas
  5. Menjalani pengobatan kanker payudara

Gejala yang Muncul Pada Penderita

Jika polip yang tumbuh masih berukuran kecil, maka kemungkinan gejala tidak akan terasa sama sekali. Sebab, tidak memiliki pengaruh yang terlalu signifikan terhadap kondisi tubuh. Namun, jika polip sudah tumbuh menjadi besar, polip rahim dapat diikuti dengan gejala sebagai berikut:

  1. Siklus menstruasi yang kacau, baik semakin lama, lebih sering, atau bahkan tidak dapat diprediksi
  2. Perdarahan tidak normal yang terjadi di antara siklus menstruasi
  3. Darah menstruasi jauh lebih banyak
  4. Muncul bercak darah atau perdarahan setelah melakukan hubungan seksual
  5. Mengalami keputihan yang tidak wajar
  6. Sulit untuk hamil
  7. Perdarahan pada vagina setelah masa menopause

Demikian sedikit ulasan mengenai penyebab polip rahim. Sekali lagi berhati-hatilah, karena pertumbuhan awal polip pada rahim tidak menimbulkan gejala apa pun. Sebagai langkah pencegahan, terapkan pola hidup sehat dan lakukan pemeriksaan secara rutin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *