Penyebab Muka Merah dan Jenis Penyakit yang Memicunya

penyebab muka merah

Dalam beberapa kondisi seringkali melihat kulit muka berwarna kemerahan. Jika mengetahuinya segera cari tahu penyebabnya. Muka yang tiba-tiba berubah warna menjadi merah  disebabkan oleh beberapa hal, mulai ringan hingga penyakit serius.  Sebenarnya apa penyebab muka merah bisa terjadi?

Penyebab Muka Merah

penyebab muka merah
Pahami Indikasi Muka Menjadi Kemerahan

Muka merah merupakan respons alami dari tubuh. Umumnya, terhadap emosi kuat, seperti marah, stres, malu maupun senang dan meningkatnya aliran darah pada wajah. Penyebab muka menjadi merah disebabkan oleh aktivitas sistem saraf simpatis, yaitu bagian dari sistem saraf. 

Fungsinya mempercepat denyut jantung, menyempitkan pembuluh darah dan meningkatkan tekanan darah. Selain itu, ada penyebab muka merah lainnya. Berikut adalah penyebab muka menjadi merah, antara lain:

1. Makanan  

Penyebab pertama adalah konsumsi makanan pedas. Makanan pedas dan asam bisa membuat sistem saraf melebarkan pembuluh darah serta menyebabkan muka merah dan berkeringat. Selain itu, makanan yang dibumbui MSG dalam jumlah banyak juga menyebabkan muka merah.

2. Minuman Beralkohol 

Muka menjadi merah juga disebabkan mengkonsumsi minuman beralkohol dalam jumlah yang terlalu banyak. Selain membuat muka merah, minum alkohol juga menyebabkan mual dan pusing. Kondisi ini terjadi akibat pembuluh darah melebar.

3. Terbakar Matahari 

Penyebab muka merah selanjutnya adalah karena terbakar sinar matahari. Pada saat terpapar sinar matahari dalam waktu cukup lama, kulit akan menjadi kemerahan dan terasa nyeri. Kemudian setelah 4-7 hari kulit akan mengelupas.

4. Setelah Berolahraga 

Ketika olahraga, pembuluh darah kapiler di muka dan seluruh tubuh akan melebar dan aliran darah akan meningkat. Kejadian ini bertujuan untuk memindahkan panas yang dihasilkan oleh tubuh ke permukaan kulit. Gunanya untuk mendinginkan tubuh pada waktu berolahraga.

Penyakit yang Memicu Muka Kemerahan

Kondisi memerahnya muka dapat dipicu oleh beberapa hal. Salah satunya adalah adanya penyakit tertentu yang membuat wajah menjadi merah. Penyakit yang memicu muka menjadi merah diantaranya adalah:

1. Rosacea 

penyebab muka merah
Dipicu oleh Jenis Penyakit Rosacea

Rosacea adalah penyakit kulit jangka panjang yang menyerang wajah. Penyakit ini membuat muka menjadi merah, terasa perih, menyengat dan tampak pembuluh darah kecil di permukaan kulit. Rosacea tidak bisa disembuhkan tetapi beberapa perawatan yang bisa membantu mengatasi kemerahan. 

2. Dermatitis Seboroik 

Pada umumnya, dermatitis seboroik menyerang kulit kepala. Tetapi juga bisa menyerang bagian tubuh lainnya, misalnya hidung, telinga, alis mata, kelopak mata dan dada. Dermatitis seboroik yang terjadi di wajah bisa menyebabkan muka merah. Penyakit ini bisa dialami oleh bayi orang dewasa.

3. Lupus   

Lupus merupakan penyakit autoimun akibat sistem kekebalan tubuh menyerang sel tubuh yang sehat.  Biasanya penderita lupus sistem imun tubuhnya akan menyerang berbagai organ di tubuh dan membuat muka menjadi merah dan terjadi pembengkakan pada kulit termasuk muka.

4. Psoriasis 

penyebab muka merah
Mengalami Kondisi Penyakit Psoriasis

Psoriasis merupakan kondisi ketika kulit mengalami bercak merah keperakan yang bersisik dan juga terangkat. Biasanya psoriasis muncul di kulit kepala, wajah, tangan, siku, kaki, lutut, bokong, kuku tangan maupun kaki. Psoriasis ini termasuk penyakit autoimun yang tidak bisa bisa disembuhkan.

5. Reaksi Obat 

Ada beberapa jenis obat yang bisa menimbulkan reaksi kulit seperti terbakar matahari. Kondisi ini akan membuat kulit muka menjadi kemerahan secara tiba-tiba setelah konsumsi obat tertentu. Contoh obat yang bisa menyebabkan muka merah adalah krim hidrokortison dan calcium channel blocker.

6. Jerawat 

Jerawat merupakan penyakit kulit yang paling sering dan umum terjadi. Bisa dipastikan hampir setiap orang pernah mengalami jerawat. Keberadaan jerawat yang terlalu banyak dan meradang bisa membuat muka menjadi merah.

Itulah informasi mengenai penyebab muka merah dan beberapa penyakit yang memicunya. Diharapkan penjelasan di atas bisa memberikan pengetahuan dan juga informasi penting. Semoga bisa bermanfaat untuk pembaca semuanya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *