Ini Dia Penyebab Mata Bengkak Saat Bangun Tidur

Begitu terbangun dari tidur malam, tentunya Anda mengharapkan rasa segar pada tubuh dan anggota tubuh lainnya. Karena memang, manfaat dari tidur malam salah satunya adalah untuk mengembalikan energi, agar Anda siap kembali melakukan berbagai aktivitas pada keesokan harinya. Normalnya, orang dewasa memang memiliki jam tidur hingga 8 jam lamanya sementara lansia dan anak-anak sedikit lebih panjang.

Namun sayang, dengan berbagai alasan pula kualitas tidur malam bisa saja terganggu dan menyebabkan rasa tidak nyaman setelah bangun tidur. Inilah alasan, mengapa sebaiknya Anda memperhatikan banyak hal sebelum tidur malam, seperti kasur dan bantal yang akan digunakan, kebersihan tubuh hingga makanan atau minuman yang dikonsumsi sebelum tidur.

Begitu juga ketika pagi hari tiba dan Anda mendapati mata bengkak, padahal Anda merasa bahwa tidur Anda cukup nyenyak dan benar. Ada beberapa alasan kenapa mata menjadi bengkak, kenali penyebabnya agar hal tersebut tidak kembali menimpa Anda.

Makanan

Penyebab mata bengkak saat bangun tidur yang pertama adalah makanan yang mengandung natrium yang dikonsumsi sebelum tidur malam. Lantas makanan apa saja yang kaya akan natrium dan sebaiknya dibatasi asupannya, seperti saus, kecap, keju, acar juga asinan serta daging atau ikan yang telah melalui berbagai proses dan tentu saja garam meja.

Minuman

Minuman yang mengandung alkohol jelas tidak baik untuk kesehatan. Begitu juga jika Anda tidak menginginkan mata bengkak ketika bangun tidur. Hindari minuman sejenisnya maka Anda akan terhindar dari mata bengkak.

Apa Penyebab Mata Bengkak Saat Bangun Tidur?

Posisi tidur

Selain asupan makanan dan minuman yang memliki peran penting dan penyebab mata bengkak saat bangun tidur, ternyata posisi saat tidur juga menjadi penyebab lainnya. Penimbunan cairan di bawah mata atau edema bisa menyebabkan mata terlihat bengkak. Posisikan kepala sedikit lebih tinggi dari tubuh, Anda bisa menyangganya dengan bantal.

Kurang tidur juga bisa menyebabkan mata menjadi bengkak. Ini terjadi karena terjadinya pelepasan hormon kortisol secara berlebihan sehingga membuat kolagen jadi terpecah.

Infeksi dan alergi

Penyebab mata bengkak saat bangun tidur berikutnya, bisa karena infeksi atau alergi. Penyebab infeksi bisa karena bakteri yang berasal dari banyak hal, seperti penggunaan alat make up yang kotor misalnya. Sementara untuk alergi, bisa dikarenakan debu, jamur, obat, bulu binatang atau serbuk sari bunga. Sengatan yang disebabkan oleh serangga juga bisa menyebabkan mata menjadi bengkak, bahkan lebih dari itu, Anda bisa juga mengalami pusing, kesulitan bernafas hingga pingsan.

Kalazion

Terlepas dari berbagai penyebab yang terhitung ringan di atas, sebaiknya Anda tetap waspada jika mata yang bengkak tidak juga kunjung kembali seperti semula. Ini bisa disebabkan munculnya kalazion yang berupa benjolan kecil yang muncul karena kelenjar meibom atau kelenjar minyak tersumbat. Ukurannya yang kecil, yaitu sekitar 2 hingga 8mm bisa muncul pada kelopak mata baik itu bagian bawah maupun atas.

Kalazion bisa dialami oleh siapa saja, namun benjolannya ini juga bisa hilang dengan sendirinya dalam kurun waktu 2 hingga 6 bulan lamanya. Anda juga bisa melakukan perawatan khusus, seperti mengompresnya dengan air hangat, membersihkan kelopak mata hingga memberikan pijatan lembut di sekitar benjolan. Namun jika Anda mulai merasa tidak nyaman, sebaiknya biarkan dokter ahli yang menanganinya.

Itulah penyebab mata bengkak saat bangun tidur yang tentunya tidak dinginkan oleh siapapun. Untuk meredakannya, Anda bisa mengompresnya dengan air dingin kemudian mengonsumsi air putih. Jika Anda menggunakan lensa mata, sebaiknya lepaskan dan istirahatkan mata sejenak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *