Penyebab Lutut Sakit di Usia Muda

Penyebab Lutut Sakit di Usia Muda. Pada dasarnya penyakit dapat menyerang siapapun tidak memandang pada usia muda ataupun tua. Semuanya dapat merasakan sakit, terlebih sakit pada tulang yang identik dengan usia tua. Seperti nyeri pada lutut dan persendian. Ternyata ada beberapa hal yang menyebabkan sakit lutut di usia muda.

Namun tidak semuanya sakit lutut disebabkan karena faktor usia. Ada beberapa hal yang menyebabkan sakit lutut pada usia muda, seperti trauma karena kecelakaan dan kurangnya dalam menjaga kesehatan tubuh pada usia muda. Berikut beberapa penyebab lutut sakit di usia muda:

Cedera

Cidera dapat terjadi karena sebuah insiden atau kecelakaan. Cidera tersebut dapat mempengaruhi pada bagian lutut seperti tendon, ligamen, kantung berisi yang cairan di sekeliling sendi lutut, tulang rawan, tulang dan juga ligamen yang membentuk sendi lutut. Namun cedera tersebut tidak selalu karena kecelakaan, dapat juga karena saat berolahraga. Kejadian yang sering dialami oleh usia muda, seperti jatuh, memar, dan terkilir.

Berlari Terlalu Berlebihan 

Olahraga lari memang banyak digemari oleh anak-anak muda sebab dapat dilakukan kapan saja dan termasuk olahraga yang murah. Karena kesenangan tersebut terkadang anak-anak muda mengikuti lomba lari atau marathon. Namun ada beberapa hal yang dapat terjadi jika tetap memaksakan mengikuti marathon sedangkan kondisi untuk lari tidak memungkinkan.

Pada saat berlalri terdapat hentakan yang terjadi pada setiap langkhanya dan bobot yang bisa mencapai 4 kali dari berta tubuh. Sedangkan semua hentakan tersebut akan ditopang oleh lutut sehingga dalam waktu jangka panjang akan menimbulkan rasa sakit di lutut.

Apa Penyebab Lutut Sakit di Usia Muda?

Berat Badan Berlebih

Menjaga berat badan di usia muda memang sangat penting karena pada usia tersebut berta bada adalah suatu hal yang teramat penting. Namun jika tidak dapat menjaga kondisi berat badana makan akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti berat badan yang berlebih atau obesitas. Hal tersebut akan menyerang lutut karena semua beban pada tubuh akan ditopang oleh lutut terlebih jika berat badan yang sudah melebih batas normal. Tekanan berlebih tersebut jika berkepanjangan akan membuat tulang tibia atau tungkai bawah menjadi aur dan femur atau paha karena gesekan yang terjadi terus menerus.

Tendinitis

Tendinitis merupakan radang yang menyerang tendon pada lutut dengan tanda berwana agak kemerahan di arena lutut dan terasa sakit jika tersentuh. Jika pada usia remaja sering melakukan kegiatan dengan gerakan secara berulang-ulang di are lutut makan dapat meningkatkan risiko tendinitis. Sedangkan tendinitis dapat menyerang lutut jika kurang dalam melakukan pemanasan sebelum olahraga.

Penyakit Osgood Schlatter

Penyakit ini menyerang pada lutut anak-anak dengan gejala benjolan yang muncul di bagian bawah lutut. Umumnya penyakit ini menyerang anak perempuan pada usia sekitar usia 8 sampai 13 tahun dan pada anak laki-laki di usia 11 sampai 15 tahun. Karena lonjakan pada pertumbuhan yang bisa berpengaruh pada satu bagian lutut atau keduanya juga dapat menyebabkan sakit pada lutut.

Cedera ACL

Cedera ACL atau Anterior Cruicate Ligament adalah salah satu dari 4 ligamen yang menghubungkan antara tulang kering dan tulang paha. ACL adalah robeknya ligamen yang umumnya terjadi ketika berolahraga dengan gerakan secara mendadak seperti sepak bola, basket atau voli. Sedangkan yang sering terkena sakit ini adalah perempuan.

Beberapa penyebab lutut sakit di usia muda tersebut dapat membuat anak muda menjadi lebih merawat kesehatan tulangnya. Maka dari selagi masih muda selalu menjaga kesehatan tubuh terlebih pada tulang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *