Penyebab Kantong Mata dan Cara Menghilangkannya

penyebab kantong mata

Setiap orang tentunya selalu ingin memiliki penampilan yang fresh dan menarik. Tetapi pekerjaan yang menumpuk atau tugas kuliah yang banyak mau tidak mau harus sering lembur. Semakin banyaknya aktivitas sehari-hari membuat tubuh menjadi kelelahan dan pada akhirnya menjadi penyebab kantong mata menjadi muncul. Lalu, bagaimana mengatasi masalah kantong mata dengan mudah?

Penyebab Kantong Mata 

penyebab kantong mata
Ketahui Penyebab Munculnya Kantong Mata

Pada umumnya masalah kantong mata ini muncul seiring bertambahnya usia, akibatnya jaringan dan otot yang menopang kelopak mata menjadi melemah. Munculnya kantong mata bukanlah sesuatu yang berbahaya, namun bagi wanita akan membuat penampilan menjadi sedikit kurang enak dipandang. Bahkan ada yang rela mengeluarkan banyak uang untuk perawatan dan operasi menghilangkan kantong mata. Ada beberapa hal yang menjadi penyebab kantong mata, antara lain:

1. Penyimpanan Cairan 

Penyebab kantong mata yang pertama karena penyimpanan air. Dimana penyimpanan air ini akan dipengaruhi oleh perubahan cuaca. Tak hanya itu saja tingkat hormon yang diproduksi juga mempengaruhi penyimpanan cairan. Makanan asin juga mempengaruhi produksi cairan menjadi meningkat.

2. Kurang Tidur 

Penyebab kantong mata yang paling sering ditemui adalah karena kurang tidur. Meski masih berusia muda juga sering memiliki kantong mata akibat sering begadang semalaman.

3. Tidur  

Ternyata tidur juga bisa menyebabkan munculnya kantong mata. Seringkali kantong mata terlihat membesar pada pagi hari. Hal ini disebabkan oleh cairan yang bertambah pada saat sedang tidur. Sistem sirkulasi ketika tidur akan melambat sehingga cairan juga bertambah.

4. AlergiĀ 

Kantong mata bisa muncul akibat alergi. Ini ditandai dengan mata membengkak dan juga memerah. Apabila sedang dalam kondisi seperti ini sebaiknya segera periksa ke dokter.

5. Keturunan 

Penyebab kantong mata yang terakhir adalah keturunan. Apabila ada anggota keluarga yang memiliki kantong mata kemungkinan akan menurun. Faktor ini menjadi yang paling sulit di diatas

Cara Menghilangkannya Dengan Mudah

1. Mengompres dengan Air Dingin

penyebab kantong mata
Kompres Menggunakan Air Dingin

Cara menghilangkan kantong mata yang pertama adalah mengompres dengan air dingin. Caranya gunakan lab bersih yang telah dibasahi dengan air dingin. Selanjutnya kompres pada bagian mata selama beberapa menit dan beri sedikit tekanan.

2. Menggunakan Irisan Mentimun 

Cara berikutnya bisa dikatakan paling mudah untuk dilakukan. Dimana hanya perlu membeli mentimun dan memotongnya. Selanjutnya irisan mentimun disimpan di dalam kulkas semalaman. Besoknya gunakan irisan tersebut dengan meletakkannya pada kedua mata dalam keadaan tertutup. Biarkan selama 10 hingga 15 menit. Lakukan cara ini secara rutin supaya kantong mata bisa cepat hilang.

3. Menggunakan Kantong Teh Celup 

penyebab kantong mata
Menggunakan Kantong Teh Celup

Kantong mata bisa dihilangkan dengan menggunakan kantong teh celup bekas. Konon kantong teh celup ini bisa mengurangi pembengkakan dan perubahan warna pada lingkar mata. Supaya mendapatkan hasil maksimal simpan kantong teh celup tersebut di dalam kulkas semalaman. Kemudian besoknya letakkan di atas mata dalam keadaan tertutup selama 10-15 menit.

4. Memperbaiki Jam Tidur  

Manusia dalam sehari dianjurkan untuk tidur selama 7 sampai 8 jam. Supaya kantong mata bisa sembuh usahakan tidur lebih cepat setiap harinya misalnya mulai tidur jam 8 malam. Dan yang paling penting jangan sering-sering begadang. 

5. Hindari mengkonsumsi Minuman Beralkohol dan Berkafein

Mengkonsumsi makanan yang mengandung alkohol dan kafein bisa menyebabkan terjadinya dehidrasi ringan, mengganggu jam tidur serta muncul kantong mata. Supaya kantong mata bisa hilang maka hindari minuman tersebut.

Itulah penyebab kantong mata berserta beberapa cara mudah untuk menghilangkannya. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk pembaca semuanya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *