Kenali Beberapa Penyebab HB Rendah dan Cara Mengatasinya

penyebab hb rendah

Kondisi HB rendah cukup sering ditemui. Ada banyak sekali penyebab hb rendah ini. Hemoglobin (Hb) merupakan salah satu komponen yang ada dalam darah manusia. 

Hemoglobin  memiliki peran yang sangat penting dalam tubuh, yaitu mengikat oksigen dalam darah dan akan membawanya ke seluruh tubuh. Maka dari itu, ketika tubuh kekurangan Hb bisa berakibat fatal. Salah satu dampak buruk jika tubuh kekurangan Hb bisa mengalami anemia. 

5 Penyebab Hb Rendah 

Peran penting hb membuatnya sangat perlu untuk dijaga kadarnya dalam tubuh. Adapun kadar Hb normal pada laki-laki dewasa yaitu 14-18 g/dL (gram per desiliter). Sedangkan pada wanita dewasa yaitu 12-16 g/dL. Inilah 5 penyebab HB rendah yang harus diwaspadai.

1. Kehamilan

penyebab hb rendah
Kondisi kehamilan bisa menyebabkan hemoglobin rendah

Hb rendah bisa terjadi karena faktor kehamilan. Kondisi seperti ini umum dialami oleh ibu hamil tetapi juga tidak boleh dianggap remeh. Jika kondisi ini dibiarkan maka bisa berakibat fatal untuk janin. 

Contohnya adalah janin lahir dengan berat badan rendah, prematur, mengalami gangguan tumbuh kembang setelah lahir dan anemia. Selain itu juga berisiko mengalami komplikasi kehamilan dan perdarahan pasca persalinan. Maka dari itu, sangat penting untuk menjaga hb pada ibu hamil.

2. Kekurangan Gizi

Penyebab Hb rendah selanjutnya yaitu kekurangan gizi. Kondisi ini terjadi karena tubuh kurang mendapatkan asupan vitamin dan juga mineral. Salah satu nutrisi yang memiliki peran penting dalam menghasilkan sel darah merah dan Hb yaitu zat besi.

Ketika tubuh kekurangan zat besi, maka sulit memproduksi sel darah merah. Selain itu, tubuh manusia bisa kekurangan hb bisa disebabkan oleh kekurangan asam folat dan vitamin B12. Kedua nutrisi tersebut memang sangat dibutuhkan untuk membentuk sel baru.

Salah satunya sel darah merah itu sendiri. Oleh karena itu, cukupi asupan zat besi, asam folat dan vitamin B12. Dengan begitu, tubuh tidak akan kekurangan Hb.

3. Kelainan Darah

Kelainan darah juga menjadi salah satu penyebab tubuh kekurangan Hb. Dimana kadar Hb rendah menandakan jika ada kelainan pada darah, salah satunya yaitu thalasemia. Penyakit ini bersifat turunan. 

Beberapa beberapa gejala penyakit thalasemia, seperti sering merasa lelah, kurang bertenaga, warna urine gelap, kulit tampak pucat, perubahan bentuk tulang dan lain-lain. Tidak hanya penyakit thalasemia, kelainan darah lainnya yang juga bisa menyebabkan Hb rendah yaitu kanker darah dan limfoma.

4. Kehilangan Darah

penyebab hb rendah
Jika seseorang kehilangan banyak darah, maka hal itu juga turut mempengaruhi kadar hb

Kehilangan banyak darah juga bisa mempengaruhi Hb. Dimana jika darah yang keluar sangat banyak maka mengakibatkan Hb menjadi rendah. Kehilangan darah bisa terjadi karena perdarahan saat operasi, cedera berat atau luka, terlalu sering melakukan donor darah, cedera berat atau luka dan sebagainya.

5. Penyakit Kronis

Penyebab Hb rendah yang terakhir yaitu penyakit kronis, seperti gagal ginjal kronis, hipotiroidisme, gangguan sumsung tulang, sirosis, dan infeksi. Jika menderita penyakit kronis tersebut sangat berisiko mengalami Hb rendah. Maka dari itu, jangan lupa rutin untuk melakukan pemeriksaan kadar Hb.

Cara Mengatasi Kekurangan Hemoglobin

penyebab hb rendah
Konsumsi makanan sehat untuk menambah HB

1. Meningkatkan Asupan Zat Besi, Asam Folat dan Vitamin B12

Cara pertama adalah dengan meningkatkan asupan zat besi, asam folat, dan vitamin B12. Ketiga nutrisi tersebut bisa membantu mengatasi masalah kekurangan Hb. Dimana asupan zat besi, asam folat dan vitamin B12 bisa diperoleh dari suplemen maupun makanan sehat. 

Sumber makanan sehat yang mengandung nutrisi tersebut juga tidak sulit. Beberapa makanan yang memiliki kandungan tersebut, seperti daging, hati sapi atau hati ayam, sayuran hijau, makanan laut, kacang-kacangan, sereal dan sebagainya. Jadi, pastikan mengkonsumsi berbagai makanan ini.

2. Transfusi Darah

Cara mengatasi kekurangan hemoglobin selanjutnya yaitu melakukan transfusi darah. Transfusi darah ini sangat dibutuhkan jika kondisi tubuh tidak mampu lagi membuat kadar Hb normal kembali. Biasanya transfusi darah diberikan kepada penderita penyakit thalasemia dan juga anemia sel sabit.

3. Terapi Sel Punca

Terapi ini dilakukan untuk mengatasi kekurangan hemoglobin, terutama bagi thalasemia. Jenis terapi ini dilakukan dengan cara operasi cangkok atau transplantasi sumsung tulang. Tujuannya untuk menunjang produksi hemoglobin kembali normal. Namun, cara ini sangat berisiko.

Nah itulah beberapa penyebab Hb rendah dan cara mengatasi kekurangan hemoglobin. Perlu ditekankan lagi jika hemoglobin memiliki peran yang sangat penting dalam tubuh manusia. Maka dari itu, ketika kadar Hb rendah disarankan untuk segera mengatasinya. 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *