Kenali Penyebab Gatal Seluruh Badan Pada Waktu Malam Hari

Gatal pada malam hari memang sangat menganggu, apalagi jika Anda hendak beristirahat setelah beraktivitas. Tentu istirahat Andaa pun menjadi tidak akan  maksimal. Gatal biasanya disebabkan oleh zat-zat yang berasal dari peradangan kulit. Sedangkan penyebab gatal pada malam hari biasanya dapat beragam, mulai dari penyakit kulit, kondisi kesehatan tubuh, reaksi alergi atau yang lebih lagi karena kondisi psikologis Anda. Berikut adalah beberapa penyebab kuat terjadinya gatal seluruh badan pada malam hari dan bisa  menjadikan gatal menjadi semakin parah pada saat malam hari.

Jam Biologis Tubuh

Perubahan ritme sirkadian dalam tubuh kerap menjadi penyebab kulit menjadi lebih gatal pada malam hari. Ritme sirkadian adalah jam biologis tubuh yang menentukan bagaimana setiap bagian organ tubuh Anda bekerja  seperti sistem pada pencernaan yang bekerja keras di siang hari dan beristirahat pada waktu malam hari.

Perubahan ritme sirkadian pada malam hari seperti itulah yang dapat membuat Anda menjadi lebih rentan mengalami gatal seluruh badan pada malam hari. Karena pada malam hari, tubuh biasanya memproduksi banyak protein yang bernama sitokin. Dimana jenis protein yang satu ini dapat memperparah peradangan yang sudah ada.

Sedangkan hormon yang bertugas melawan peradangan tersebut yaitu  hormon kortikosteroid, hanya menghasilkan jumlah produksi yang lebih sedikit pada malam hari. Sehingga kulit Anda menjadi lebih mudah mengalami peradangan disaat malam hari dengan gejala gatal-gatal, kulit memerah atau munculnya bengkak.

gatal seluruh badan

Apa Penyebab Gatal Seluruh Badan Pada Malam Hari?

Kulit Kering

Selain jam biologis tubuh, kulit yang kering pun menjadi sebab lain gatal seluruh badan pada malam hari. Hal ini karena pada malam hari, kulit menjadi lebih kering. Biasanya disebabkan oleh suhu udara yang menurun menjadi lebih dingin. Kulit kering atau dalam dunia kedokteran disebut xerosis ini biasanya tampak pecah-pecah, bersisik, dan terasa sangat gatal.

Gatal Memang Lebih Terasa di Malam Hari

Memang, pada pagi atau siang hari pun tidak menutup kemungkinan bahwa kulit juga akan mengalami gatal-gatal. Namun karena teralihkan dengan kesibukan beraktivitas, rasa gatal pun menjadi tidak terlalu terasa.

Sementara pada malam hari, tubuh benar-benar diistirahatkan tanpa ada kegiatan lain yang mengalihkan perhatian dan gatal-gatal pun menjadi lebih terasa.

Penyebab Lainnya

Selain yang dijelaskan diatas, terdapat beberapa faktor lain yang menjadi penyebab gatal seluruh badan pada malam hari. Berikut adalah beberapa penyebab gatal yang bahkan dapat menjadi saat Anda terlelap.

Berikut adalah beberapa penyebab gatal yang bahkan dapat menjadi saat Anda terlelap.

– Penyakit kulit seperti eksim atau psoriasis.

– Gigitan serangga seperti nyamuk, kutu, tungau atau cacing kremi.

– Kondisi psikologis seperti stres, depresi, dan gangguan cemas.

– Anemia defisiensi zat besi.

– Penyakit ginjal atau hati (liver).

– Penyakit tiroid.

– Gangguan tidur seperti sindrom restless leg

– Gangguan saraf karena multiple sclerosis, atau diabetes.

– Reaksi alergi terhadap makanan, minuman, produk kosmetik, atau obat-obatan

Adapun untuk mengatasi gatal seluruh badan pada malam hari dapat dengan menggunakan body lotion setelah mandi dan sebelum tidur. Kemudian Anda dapat menggunakan baju tidur yang berbahan katun, mandi dengan air hangat suam-suam kuku, mengkompres yang gatal dengan air dingin, memastikan suhu ruangan cukup sejuk namun tetap lembab, menghindari produk perawatan kulit penyebab iritasi, meminum obat alergi, mengoleskan lotion calamine atau salep, dan lebih baik untuk berkonsultasi dengan dokter apabila gatal terus berlanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *