Kenali Penyebab Diare yang Perlu Diwaspadai

penyebab diare

Diare merupakan salah satu jenis penyakit yang bisa menyerang siapa saja dengan usia berapapun tanpa terkecuali. Ada banyak hal yang menyebabkan terjadinya diare mulai dari gaya hidup tidak sehat sampai gejala dari penyakit serius. Akan tetapi masih banyak orang yang meremehkan penyakit ini padahal jika tidak segera diobati bisa menyebabkan komplikasi. Lalu, apa gejala dan penyebab diare? 

Gejala munculnya diare sangat bervariasi, penderita bahkan bisa merasakan satu gejala bahkan juga lebih. Namun, gejala yang sering dirasakan oleh penderita adalah perut terasa mulas, tinja yang dikeluarkan sangat encer atau bahkan berdarah, mengalami dehidrasi serta merasakan pusing, lemas dan kulit terasa lebih kering. 

Penyebab Diare yang Sering Terjadi

penyebab diare
Sakit Perut

Penyebab terjadinya diare sangat beragam, berikut adalah beberapa penyebab diare yang seringkali terjadi. 

1. Infeksi Bakteri

Beberapa jenis bakteri seperti Salmonella typhi, Shigella dan E.coli bisa menginfeksi tubuh dan menyebabkan diare. Bakteri tersebut biasanya menyebar melalui makanan dan minuman yang sudah terkontaminasi serta adanya kontak langsung dengan orang yang terinfeksi. Jadi Anda bisa saja terserang diare setelah mengkonsumsi makanan yang diolah secara tidak bersih dan higienis oleh orang yang sedang sakit diare.

2. Infeksi Virus 

Rotavirus dan norovirus merupakan kelompok virus yang sangat mudah menular dari satu orang ke orang lainnya. Apabila seseorang terserang virus tersebut maka bisa menyebabkan diare dan juga muntah. Penularannya bisa melalui peralatan makanan serta mengkonsumsi makanan dan minuman yang terkontaminasi virus tersebut. Menakutkan lagi jika ada orang terinfeksi virus tersebut tetapi tidak memunculkan gejala apapun tetapi bisa menularkan virus tersebut.

3. Obat-obatan Tertentu

Tak jarang penggunaan obat-obatan tertentu bisa menjadi salah satu penyebab diare. Salah satu jenis obat yang bisa menyebabkan penyakit tersebut adalah antibiotik. Meskipun antibiotik bisa membunuh bakteri jahat, tetapi obat ini ternyata juga bisa membunuh bakteri baik yang melindungi usus. Obat lainnya selain antibiotik yaitu obat kanker, obat tekanan darah tinggi dan obat antasida.

4. Intoleransi Makanan

Penyebab diare lainnya adalah mengalami intoleransi makanan tertentu. Intoleransi makanan tersebut maksudnya tubuh tidak bisa mencerna jenis makanan tertentu yang Anda konsumsi. Makanan yang tidak bisa dicerna tersebut pada akhirnya menyebabkan diare, mual, kram, kembung dan sebagainya. Biasanya kondisi ini akan terjadi 30 menit hingga 2 jam setelah mengkonsumsi makanan tertentu.

5. Keracunan Makanan

penyebab diare
Makanan Tidak Sehat Memicu Diare

Keracunan makanan sering kali terjadi ketika Anda mengkonsumsi makanan yang sudah kadaluarsa dan telah terkontaminasi oleh bakteri Salmonella Typhi. Bakteri tersebut merupakan salah satu bakteri yang bisa menyebabkan diare.

6. Berwisata Ke Tempat Tertentu

Sekitar 30-70 persen wisatawan mengalami penyakit diare dan muntah setelah mengkonsumsi makanan lokal dan air yang terkontaminasi bakteri. Akan tetapi jumlah tersebut tergantung pada tempat yang dikunjungi. Hal ini biasanya disebut dengan diare wisatawan.

7. Kondisi medis tertentu

Apabila anda terserang penyakit diare hingga kronis dan tak kunjung sembuh serta bersifat kambuhan, bisa jadi Anda sedang mengalami masalah kesehatan tertentu. Jika diare yang dialami berlangsung lebih dari 3 hari, mungkin Anda sedang mengalami kondisi seperti Irritable Bowel Syndrome (IBS), Inflammatory Bowel Disease (IBD),  penyakit celiac dan penyakit lainnya.

Nah, itulah 7 penyebab diare yang sering terjadi dan perlu untuk diwaspadai. Semoga penjelasan di atas bisa bermanfaat untuk pembaca semuanya 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *