Mengenal Penyakit Multiple Sclerosis dan Cara Pencegahannya

multiple sclerosis

Apakah Anda pernah mendengar tentang penyakit multiple sclerosis? Gangguan kesehatan ini sering juga disebut dengan nama sklerosis ganda yang menyerang sistem saraf pada otak, tulang belakang dan mata. Jika tidak segera diatasi bisa menyebabkan gangguan permanen pada saraf.

Akibat adanya penyakit ini pasien akan mengalami gangguan gerakan tubuh serta penglihatan. Saat menderita multiple sclerosis maka imunitas tubuh justru akan menyerang lapisan lemak yang melindungi serabut saraf otak. Meskipun pria juga bisa terkena namun wanita lebih berisiko.

Gejala Penyakit Multiple Sclerosis

multiple sclerosis
Proses diagnosa pasien yang kehilangan kemampuan gerak

Menurut penelitian wanita lebih berisiko terkena gangguan autoimun ini dibandingkan dengan pria. Risiko wanita terkena multiple sclerosis bahkan bisa mencapai 2 hingga 3 kali daripada pria.  Gejala penyakit ini juga belum bisa ditentukan secara pasti. 

Hal ini dikarenakan beberapa pasien memiliki tanda yang berbeda tergantung di saraf bagian mana gangguan tersebut terjadi. Namun secara umum gejalanya adalah ketika terjadi gangguan gerak serta kemampuan penglihatan pada penderita. Gangguan gerak yang dimaksud antara lain berupa :

  1. Melemahnya atau bahkan seperti mati rasa pada tungkai dan bagian tubuh tertentu
  2. Kesulitan untuk berjalan
  3. Kesulitan menjaga keseimbangan tubuh
  4. Mengalami sensasi rasa seperti tersengat listrik pada gerakan leher terutama saat digerakkan ke arah depan.
  5. Mengalami tremor atau bagian tubuh seperti bergetar

Selain gangguan gerak, penderita juga akan mengalami gangguan penglihatan. Ada beberapa gejala yang turut menyertainya. Gangguan pada penglihatan akan terjadi dalam gejala antara lain:

  1. Kehilangan sebagian atau malah keseluruhan kemampuan penglihatan. Biasanya disertai oleh rasa sakit pada mata
  2. Terjadi pandangan dobel saat melihat benda-benda

Penyebab Multiple Sclerosis dan Diagnosa yang Bisa Dilakukan

penyakit multiple sclerosis
Berbagai faktor yang menyebabkan multiple sclerosis, salah satunya karena radiasi

Secara medis penyebab multiple sclerosis memang belum bisa dipastikan namun para dokter menduga gangguan tersebut terjadi karena pengaruh beberapa faktor. Hal dan faktor yang diduga bisa menyebabkan multiple sclerosis pada wanita karena perubahan genetik. Diantaranya adalah akibat :

  1. Infeksi dan virus yang berlebihan pada tubuh
  2. Paparan sinar matahari 
  3. Radiasi
  4. Paparan zat kimia
  5. Faktor keturunan 
  6. Kekurangan vitamin D

Untuk bisa mengetahui apakah pasien mengalami multiple sclerosis maka dokter akan melakukan serangkaian tindakan medis sebagai diagnosanya. Ada beberapa serangkaian tindakan yang dilakukan. Beberapa tindakan medis yang dilakukan dokter yaitu :

  1. Pemeriksaan fisik
  2. Anamnesis
  3. CT Scan dan MRI pada bagian kepala
  4. Pemeriksaan darah pasien
  5. Elektroensefalografi (EEG)
  6. Elektromiografi (EMG)
  7. Pungi lumbal

Pencegahan dan Pengobatan yang Dianjurkan

multiple sclerosis
Proses fisioterapi adalah salah satu pengobatan yang bisa dilakukan

 

Bagaimana cara untuk mencegah munculnya multiple sclerosis? Cara pencegahan yang paling mudah adalah dengan mencukupi kebutuhan vitamin D. Di samping itu bagi seorang perokok tindakan pencegahan bisa dilakukan dengan cara mengurangi atau menghentikan kebiasaan tersebut.

Sementara itu juga ada tindakan pengobatan pada seseorang yang sudah terkena multiple sclerosis. Tindakan ini bertujuan untuk mengobati gejala yang terjadi akibat multiple sclerosis. Pasien yang menderita multiple sclerosis meliputi beberapa jenis, yaitu :

1. Dengan Obat-obatan medis

Dokter akan memberikan beberapa jenis obat pada pasien antara lain berupa obat

  1. Kortikosteroid
  2. Obat pelemas otot 
  3. Antidepresan
  4. Methylphenidate

2. Fisioterapi

Dokter juga akan melakukan tindakan fisioterapi pada pasien multiple sclerosis. Tujuannya adalah untuk menguatkan otot yang terganggu akibat multiple sclerosis. Terapi dilakukan pada fisik dan terapi okupasi.

3. Plasmapheresis

Pengobatan terakhir adalah plasmapheresis. Plasmapheresis adalah tindakan medis dimana dokter akan mengangkat plasma darah di dalam tubuh pasien. Setelah itu akan dimasukkan semacam cairan infus khusus seperti albumin contohnya. 

Penyakit multiple sclerosis memang lebih banyak menyerang dan terjadi pada wanita meskipun tidak menutup kemungkinan terjadi pada pria. Lakukan tindakan sederhana untuk mencegah terjadinya penyakit tersebut. Terutama bagi Anda yang memiliki risiko lebih besar seperti penderita diabetes.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *