Mengenal Penyakit Lupus dan Jenis-jenisnya yang Masih Jarang Diketahui

penyakit lupus

Penyakit lupus merupakan salah satu jenis penyakit yang masih jarang diketahui orang. Bukan karena belum pernah mendengarnya, melainkan masih banyak orang yang belum mengetahui apa penyebab dari penyakit ini. Selain itu, jenis-jenis dari penyakit ini juga masih sangat jarang diketahui. 

Pengertian dan Penyebab Penyakit Lupus

penyakit lupus
Memahami Pengertian Penyakit Lupus

Pengertian lupus merupakan penyakit yang menyerang sistem kekebalan dalam tubuh, sehingga termasuk penyakit autoimun. Akibatnya bisa menyebabkan sel-sel tubuh menjadi rusak dan mengalami peradangan. Penyakit lupus terjadi saat tubuh memproduksi antibodi secara berlebihan.

Dalam keadaan normal antibodi berfungsi untuk melindungi tubuh dari berbagai hal yang menyebabkan penyakit. Tetapi jika sedang menderita penyakit lupus, antibodi tersebut justru akan menyerang sel tubuhnya sendiri. Sehingga tubuh menjadi sangat rentan terserang infeksi dan peradangan.

Penyakit lupus tidak mungkin tiba-tiba muncul, pasti ada penyebabnya. Ada beberapa faktor yang dianggap sebagai pemicu munculnya penyakit lupus pada seseorang. Diantaranya adalah faktor genetik, hormon, dan lingkungan. 

Gejala Lupus yang Secara Umum Bisa Muncul

penyakit lupus
Nyeri dibagian Sendi Bisa Menjadi Gejala Lupus

1. Nyeri pada Bagian Sendi 

Nyeri yang muncul akan lebih terasa di pagi hari saat bangun tidur. Biasanya rasa nyeri akan lebih menyerang daerah pergelangan tangan, area buku jari, serta bagian jari tangan atau kaki. Selain itu, rasa nyeri juga cenderung datang dan pergi, dan tidak bertambah parah setiap harinya. 

2. Nyeri Dada 

Gejala lupus juga ditandai dengan nyeri dada. Pasalnya, lupus akan memicu peradangan pada bagian selaput jantung dan paru-paru. Oleh sebab itu, penderitanya bisa merasakan nyeri dibagian dada. 

3. Muncul Ruam pada Wajah 

Ruam yang muncul pada penderita adalah ruam yang berbentuk seperti kupu-kupu. Gejala ruam ini akan berpusat di area tulang hidung, pipi, serta tulang rahang. Biasanya ruam terjadi akibat kulit menjadi lebih sensitif terhadap cahaya. 

4. Mudah Lelah

Lupus bisa menyerang sel darah pada manusia. Hal ini tentu akan memicu terjadinya anemia pada penderitanya. Oleh karena itu, gejala seperti mudah lelah dan tidak memiliki energi merupakan gejala yang bisa muncul pada penderita lupus. 

5. Berat Badan Turun Secara Tiba-tiba

Penurunan berat badan juga bisa menjadi tanda bahwa telah terserang lupus. Selain sel darah, lupus juga bisa menyerang bagian hormon dan tiroid pada manusia. Sehingga hal ini akan menyebabkan penurunan berat badan yang drastis dan tiba-tiba pada penderitanya. 

Jenis-jenis Lupus Secara Umum

penyakit lupus
Terdapat 4 Jenis Penyakit Lupus

1. Lupus Eritematosus Sistemik (Systemic Lupus Erythematosus/SLE)

Jenis lupus ini merupakan yang paling sering terjadi. Lupus jenis ini terjadi secara sistemik atau menyeluruh pada tubuh penderitanya. Sehingga lupus ini bisa menyerang berbagai organ, tetapi yang paling sering ginjal, sendi dan kulit. Gejala utamanya adalah inflamasi kronis pada organ-organ tersebut.

2. Lupus Eritematosus Kutaneus (Cutaneous Lupus Erythematosus/CLE)

Jenis lupus ini hanya terbatas pada kulit saja dan menyebabkan banyak jenis ruam dan luka. Ruam yang muncul bersisik dan merah tetapi tidak gatal. CLE dibagi menjadi 3 jenis, yaitu cutaneous lupus erythematosus, subacute cutaneous lupus erythematosus dan chronic cutaneous lupus erythematosus.

3. Lupus Eritematosus Neonatal 

Jenis lupus yang ini seringkali menyerang bayi yang baru lahir. Biasanya lupus ini hanya terjadi pada kulit saja dan akan menghilang dengan sendirinya. Tetapi terjadinya lupus eritematosus neonatal bisa menyebabkan congenital heart block atau gangguan irama jantung pada bayi yang baru saja lahir.

4. Lupus Akibat Penggunaan Obat 

Ada beberapa jenis obat yang menimbulkan efek samping dan mirip dengan lupus. Tetapi lupus jenis ini hanya bersifat sementara dan bisa menghilang dengan sendirinya ketika berhenti mengkonsumsi obat pemicu lupus. Obat tersebut seperti metildopa, D-penicillamine, procainamide dan minocycline. 

Itulah penjelasan tentang pengertian lupus, penyebab dan jenis-jenis penyakit lupus. Diharapkan penjelasan diatas bisa memberikan informasi dan pengetahuan kepada pembaca semua. Semoga bermanfaat dan jaga kesehatan selalu ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *