Inilah Macam-macam Penyakit Kulit yang Harus Anda Ketahui

penyakit kulit

Kulit merupakan salah satu bagian dari panca indera dan merupakan organ terbesar pada tubuh manusia. Memiliki fungsi untuk melindungi tubuh dari bakteri, virus serta sinar matahari, menghasilkan vitamin D dan merasakan sensasi sentuhan. Karena kulit berada di bagian luar tubuh manusia, maka sangat rentan untuk terserang berbagai jenis penyakit. Gangguan penyakit tersebut bisa muncul secara tak terduga, akan tetapi banyak orang beranggapan penyebabnya karena kebersihan tubuh yang buruk. Padahal banyak faktor yang menyebabkan penyakit kulit. 

Gejala yang muncul yaitu kulit terasa gatal atau nyeri. Selain itu, juga membuat kulit tidak enak dipandang.  Jenis penyakit kulit juga bermacam-macam, ada yang ringan dan juga berbahaya. Bahkan hingga bisa menyebabkan kematian.

Macam-macam Penyakit Kulit 

1. Kanker Kulit 

penyakit kulit
Kanker Kulit

Penyakit jenis ini adalah salah satu jenis kanker yang menyerang bagian kulit akibat adanya paparan sinar matahari. Kulit yang tidak terlindungi dengan baik dalam jangka waktu cukup lama bisa terserang kanker. Ada beberapa jenis kanker kulit yang bisa menyerang Anda, yaitu karsinoma sel basal, melanoma dan karsinoma sel skuamosa. 

2. Sunburn atau Luka Bakar

Penyakit kulit yang satu ini muncul akibat terekspos radiasi sinar UV matahari karena terlalu lama berjemur dan beraktivitas di bawah terik matahari. Munculnya penyakit ini biasanya ditandai dengan kemerahan pada permukaan tubuh disertai dengan rasa gatal dan mengelupas. Jika kondisinya sudah parah maka akan muncul luka pada kulit akibat sunburn. 

3. Kudis atau Skabies

Kudis merupakan salah satu penyakit kulit yang terjadi karena adanya parasit tungau yaitu sarcoptes van hominis. Biasanya orang yang terserang penyakit ini bertempat tinggal di daerah kumuh. Tanda-tanda penyakit kudis adalah merasakan rasa gatal begitu hebat pada malam hari terutama di sela-sela jari tangan maupun kaki, serta di bawah ketiak, alat kelamin, pinggang dan sebagainya. Penyakit satu ini bisa dengan mudah menular pada orang lain.

4. Iritasi kulit 

penyakit kulit
Iritasi pada Permukaan Kulit

Munculnya ruam kemerahan akan umum terjadi saat udara lembab. Misalnya pada kaus kaki yang basah dan masih dipakai. Iritasi yang terjadi pada kulit biasanya berpotensi digaruk-garuk sehingga bisa ditumpangi oleh bakteri. Lama-lama jika terus dibiarkan bisa menyebabkan kulit bagian luar rusak karena digaruk, lalu ditumbuhi bakteri dan akibatnya terserang infeksi lanjutan.

5. Melanoma

Melanoma merupakan kanker kulit yang sangat berbahaya dan bisa menyebabkan kematian jika tidak segera diobati. Penyakit ini akan lebih berisiko jika muncul di leher atau kulit kepala. Melanoma akan menunjukkan bahaya ditandai dengan tahi lalat pada kulit semakin membesar, adanya gejala peradangan dan mengalami perubahan warna.

6. Kurap 

Kurap disebabkan karena adanya jamur. Gejala yang mudah dikenali seperti timbul lingkaran-lingkaran bersisik, lembab, bercak putih dan disertai rasa gatal. Penyakit ini terjadi akibat kurangnya menjaga kebersihan tubuh. Bagian tubuh yang biasanya diserang adalah leher, tengkuk, dan kulit kepala.

7. Psoriasis

penyakit kulit
Penyakit Psoriasis

Penyakit yang satu ini merupakan jenis yang susah untuk didiagnosa. Bagian tubuh yang biasanya terserang psoriasis telapak tangan, kulit kepala, telapak kaki, punggung sisi bawah dan sebagainya. Stres dan juga trauma bisa mengakibatkan terserang penyakit ini. 

Cara Pengobatan

Pengobatan untuk penyakit kulit tergantung pada jenis dan juga penyebabnya. Ada jenis penyakit kulit yang bisa sembuh dengan sendirinya dan ada juga yang harus ditangani secara medis, mulai dengan diberi obat-obatan salep hingga dilakukan suatu operasi. 

Itulah macam-macam penyakit kulit yang harus Anda ketahui. Semoga penjelasan di atas bisa bermanfaat untuk pembaca semuanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *