Informasi Seputar Penyakit Kista yang Umum Menyerang Wanita

penyakit kista

Kista merupakan kata yang sering kali didengar ditelinga kita. Penyakit kista sendiri merupakan suatu kondisi yang terjadi akibat adanya benjolan berbentuk kantung atau kapsul yang didalamnya berisi cairan, material gas atau semisolid. Benjolan tersebut bisa muncul di jaringan tubuh mana saja. Ukuran benjolan kista itu bervariasi, ada yang sangat kecil (mikroskopik) dan sangat besar. Benjolan kista yang berukuran sangat besar bisa menghimpit organ dalam yang berada disekitarnya. Tetapi tergantung pada lokasi benjolan tersebut. 

Gejala Penyakit Kista

Pada umumnya munculnya penyakit kista tidak menimbulkan gejala, sehingga tidak mengherankan jika penderitanya tidak merasakan sakit sedikitpun ketikan ukurannya masih kecil. Apabila ukuran kista semakin besar dan mulai mempengaruhi organ di dekatnya atau membatasi aliran cairan pada orang lain, maka akan menimbulkan gejala tertentu. 

Munculnya gejala kista tergantung dimana lokasi benjolan itu sendiri, apabila benjolan kista berada di ginjal dan hati biasanya tidak menimbulkan gejala apapun. Sedangkan jika muncul di payudara akan diketahui ketika ukurannya sudah besar. Tetapi kista yang muncul pada ovarium akan menimbulkan gejala seperti siklus menstruasi yang tidak teratur, merasakan nyeri di daerah panggul dan nyeri saat buang air kecil.

Penyebab Penyakit Kista

penyakit kista
Bunga Dandelion

Penyebab utama penyakit kista adalah adanya penyumbatan yang mengakibatkan terjadinya penumpukan cairan atau udara. Penyumbatan tersebut bisa terjadi karena infeksi, faktor genetik dan penyebab lainnya.

Penyebab lain munculnya penyakit kista adalah tumor, kelainan pada perkembangan embrio, kondisi inflamasi kronis, cacat pada sel, penyumbatan pada saluran dalam tubuh, parasit, dan juga cedera.  Sedangkan faktor risiko penyakit kista adalah usia, sindrom ovarium polikistik (PCOS), kemoterapi dengan tamoxifen, endometriosis dan juga penggunaan obat penyubur kandungan. 

Cara Pengobatan Penyakit 

Adapun cara mengobati penyakit kista, antara lain :

1. Mengkonsumsi Bunga Dandelion

penyakit kista
Bunga Dandelion

Bunga yang satu ini biasanya ditemukan di tanah lapang dan digunakan untuk obat herbal supaya mengurangi terjadinya benjolan di tubuh. Menurut penelitian bahwasanya benjolan itu muncul karena tubuh kekurangan potasium. 

Untuk mencegah terjadinya benjolan maka disarankan untuk mengkonsumsi satu porsi bunga dandelion hijau mentah karena mengandung 218 mg potasium. Hal ini sudah mencakup asupan 2000 mg potasium harian dan bisa membantu mencegah munculnya benjolan di tubuh.

2. Mengkonsumsi Tanaman Echinacea 

Tanaman echinacea sudah sejak dari dahulu dikenal sebagai ramuan asli Amerika. tanaman tersebut dipercaya bisa meringankan beberapa jenis kista. Dengan mengkonsumsi tanaman echinacea secara rutin dalam 20 hari maka akan dapat meningkatkan jumlah sel darah putih. 

Sel darah putih bermanfaat untuk memecah sel-sel abnormal yang bisa menyebabkan benjolan pada ovarium. Selain itu, echinacea juga bisa membantu menyembuhkan benjolan di kulit akibat adanya peradangan seperti jerawat.

3. Mengganti Asupan Sehari-hari dengan Karbohidrat Kompleks

penyakit kista
Menu Makanan Karbohidrat Kompleks

Untuk mencegah benjolan berubah menjadi rumor, maka disarankan untuk mengganti makanan yang dikonsumsi sehari-hari dengan makanan sehat yang mengandung karbohidrat kompleks seperti sayuran, buah-buahan dan biji-bijian.

Menurut The Mayo Clinic bahwa wanita dengan sindrom ovarium polikistik (PCOS) bisa berkembang menjadi kista. Sindrom tersebut juga berkaitan dengan risiko penyakit diabetes pada orang dewasa. Dengan mengkonsumsi makanan dengan kandungan karbohidrat kompleks berarti akan menambah jumlah serat dalam makanan. 

Itulah gejala, penyebab penyakit kista dan cara mengobatinya. Semoga penjelasan di atas bisa bermanfaat untuk pembaca semuanya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *