Ketahui Penyakit Jengger pada Wanita dan Cara Pengobatannya

penyakit jengger pada wanita

Mungkin masih banyak yang belum mengetahui apa yang disebut dengan penyakit jengger pada wanita. Penyakit jengger adalah sejenis kutil yang tumbuh di area kewanitaan. Meskipun dinamakan kutil namun penyakit ini berbeda dengan jenis yang tumbuh di bagian tubuh lainnya. 

Kutil yang tumbuh di area kelamin wanita bisa menunjukkan adanya infeksi penyakit menular seksual. Terutama bagi semua wanita yang berada di masa usia subur dan memiliki aktivitas seksual. Penyakit ditandai dengan munculnya rasa gatal, tidak nyaman bahkan sakit pada area kewanitaan. 

Dalam kondisi tertentu penyakit ini juga bisa ditandai dengan rasa terbakar pada organ intim. Bahkan dalam beberapa kasus bisa menyebabkan terjadinya pendarahan ketika berhubungan seksual. Lalu bagaimanakah cara pengobatan yang efektif pada penyakit yang disebabkan oleh virus HPV tersebut?

Diagnosa pada Penyakit Jengger Ayam

penyakit jengger pada wanita
 Serangkaian tindakan diagnosa yang akan dilakukan oleh dokter untuk mengetahui apakah penderita memang memiliki jengger ayam

Sebelum memutuskan apakah pasien menderita penyakit jengger ayam atau kutil di bagian kelamin, dokter akan melakukan beberapa tindakan. Setelah itu baru dokter bisa melakukan diagnosis dan penanganan pada penyakit jengger ayam tersebut. Beberapa tindakan yang dilakukan dokter adalah:

  1. Melakukan papsmear pada pasien
  2. Dengantes kolposkopi
  3. Melakukan tes HPV-DNA

Cara Pengobatan Sendiri di Rumah

Anda memang bisa melakukan pengobatan sendiri di rumah sebagai penderita penyakit jengger. Namun, pengobatan di rumah dilakukan pada penderita yang belum terlalu parah penyakitnya. Selain itu untuk bisa melakukan pengobatan sendiri di rumah Anda tetap harus memeriksakan diri ke dokter. 

Biasanya dokter akan memberikan rekomendasi beberapa obat yang bisa dikonsumsi. Dokter akan meresepkan obat-obatan kulit jenis topikal. Contohnya seperti aldara, condylox atau TCA (asam trikloroasetat). Obat ini harus dikonsumsi secara rutin dan sesuai resep yang diberikan. 

Cara Pengobatan Penyakit Jengger Pada Wanita Oleh Dokter

penyakit jengger pada wanita
Pemeriksaan kembali pada penderita jengger ayam dengan melakukan beberapa tindakan bedah maupun laser

Jika dengan pengobatan yang dilakukan di rumah tidak menunjukkan kemajuan pada penyakit jengger sebaiknya segera datangi dokter. Minta dokter untuk melakukan pemeriksaan kembali. Hal ini sangat penting dilakukan untuk mencegah hadirnya komplikasi pada penderita. 

Ada beberapa langkah yang kemudian akan diambil oleh dokter. Umumnya dokter akan melakukan tindakan bedah pada pasien. Beberapa tindakan bedah antara lain yaitu :

  1. Eksisi atau pemotongan pada kutil (benjolan)
  2. Elektrokauter atau membakar kutil menggunakan aliran arus listrik
  3. Cryosurgery atau membekukan benjolan (kutil) 
  4. Perawatan dengan menggunakan sinar laser
  5. Pemberian obat berupa suntikan interferon

Kemungkinan Komplikasi pada Penyakit Jengger Ayam

Pada awal kemunculannya mungkin penyakit jengger ayam tidak akan membahayakan para penderitanya. Namun jika gangguan kesehatan tersebut tidak segera diatasi dengan benar berpotensi menimbulkan komplikasi penyakit seksual. Komplikasi yang dimaksud antara lain adalah :

  1. Memicu tumbuhnya kanker pada area kewanitaan termasuk pada bagian mulut, serta tenggorokan. Contohnya adalah penyakit kanker serviks.
  2. Terjadinya gangguan selama masa kehamilan yang bisa membahayakan ibu maupun janin dalam kandungan.
  3. Bayi yang dilahirkan oleh ibu dengan penyakit jengger ayam akan berpotensi memiliki masalah kesehatan yaitu tumbuhnya kutil pada tenggorokan.

Melihat begitu berbahayanya komplikasi yang bisa muncul akibat penyakit jengger pada wanita sebaiknya segera hubungi dokter. Tindakan preventif yang lebih cepat tentu saja akan mencegah terjadinya komplikasi yang berbahaya. Jadi, jangan sampai terlambat mengidentifikasi penyakit ini ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *