Waspada Flu Singapura, Ketahui Cara Pencegahannya!

flu singapura

Seringkali kita mendengar nama flu Singapura tetapi tidak paham apa sebenarnya penyakit tersebut. Flu jenis ini lebih sering menyerang anak-anak maupun bayi, tetapi orang dewasa juga bisa mengalaminya. Munculnya penyakit ini disebabkan oleh adanya penularan virus enterovirus A.

Pengertian Penyakit Flu Singapura 

flu singapura
Pengertian Penyakit Kaki, Tangan, dan Mulut

Selama ini penyakit flu Singapura lebih dikenal dengan nama penyakit kaki, tangan dan mulut (Hand-Foot-and-Mouth Disease). Gejala penyakit ini adalah demam, sakit tenggorokan, sariawan di lidah, gusi dan bagian dalam pipi. Gejala berikutnya muncul ruam merah yang melepuh, batuk, dan nyeri perut. 

Flu Singapura merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh virus enterovirus A. Penderita penyakit ini biasanya mengalami bintil-bintil berair disertai dengan sariawan di dalam mulut, kaki dan tangan. Tidak jarang luka juga muncul di bagian bokong, siku, lutut serta lipatan paha. 

Pada umumnya penyakit flu Singapura diawali dengan munculnya demam dan dilanjutkan dengan munculnya sariawan. Sebenarnya flu Singapura tidak berbahaya tetapi keberadaannya sangat mengusik kenyamanan anak atau bayi. Munculnya penyakit ini juga disertai dengan rasa gatal, perih dan panas.

Penyebab Umum Penyakit Kaki, Tangan, dan Mulut

flu singapura
Virus Penyebab Penyakit

Virus enterovirus A merupakan penyebab flu Singapura. Biasanya menyebar ke jaringan mulut, sekitar amandel kemudian masuk ke dalam sistem pencernaan. Pada akhirnya penyakit ini akan menyebar ke seluruh tubuh melalui aliran darah. Sebelum menyebar sistem kekebalan tubuh akan mengendalikannya. 

Penyebaran jenis flu ini melalui air liur atau ludah yang terlempar ke udara saat batuk, cairan yang berasal dari luka melepuh. Selain itu juga melalui cairan dari hidung maupun tenggorokan yang keluar saat bersin serta berasal dari permukaan benda yang sudah terkontaminasi kotoran (tinja) penderita.

Cara Mencegah dan Mengobati Flu Singapura 

Penyakit flu Singapura merupakan jenis penyakit yang sulit untuk diatasi. Namun bisa dilakukan pencegahan. Inilah cara mencegah penyakit kaki, tangan, dan mulut yang paling efektif:

1. Selalu Menjaga Kebersihan 

Anak-anak biasanya akan sangat senang jika bermain di luar ruangan, seperti bermain tanah dan hal-hal kotor lainnya. Selalu pastikan bahwa anak sering mencuci tangan terutama setelah bermain di luar ruangan. Hal ini dapat menurunkan resiko terkena penyakit ini. 

2. Hindari Penggunaan Tempat Makan Bersama 

Cara mencegah flu Singapura selanjutnya adalah memastikan si kecil makan dan minum menggunakan tempat makannya sendiri. Hindari pemakaian alat makan dan minum bersama. Cara ini perlu dilakukan mengingat daya tubuh anak masih lemah sehingga mudah terserang virus penyebab penyakit.

3. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh 

flu singapura
Tingkatkan Daya Tahan Tubuh dengan Vitamin

Untuk melindungi anak dari serangan berbagai penyakit maka perlu meningkatkan daya tubuh si kecil. Caranya dengan memastikan si kecil mendapatkan cukup asupan nutrisi. Seperti vitamin A, vitamin C, vitamin B, zat besi, sulfur dan senyawa mineral lainnya.

4. Menghindari Interaksi dengan Penderita 

Ketika mengetahui jika teman sekolah atau teman bermain si kecil mengidap penyakit ini, sebaiknya pastikan si kecil sementara waktu menghindari berinteraksi dengan temannya. Namun lebih baik jika penderita flu ini membatasi interaksi, karena bisa dengan mudah menular ke orang lain.

5. Jangan Pandang Remeh 

Banyak orang tua yang meremehkan gejala flu dan memilih membiarkan jika si kecil kedapatan batuk dan pilek. Sebaiknya sebagai orang tua harus cekatan jika anak terserang flu. Supaya tidak semakin parah beri asupan nutrisi yang bisa menguatkan daya tahan tubuh, dan lebih banyak beristirahat. 

Pada umumnya penyakit kaki, tangan, dan mulut tidak membutuhkan pengobatan khusus. Kondisi ini biasanya akan pulih dengan sendirinya setelah 7-10 hari. Sehingga penderita tidak perlu mengkonsumsi antibiotik. Tetapi supaya cepat pulih minta anak untuk istirahat dan minum air putih yang cukup.

Nah, itulah penjelasan tentang penyakit flu singapura, penyebab cara mencegah dan mengobatinya. Diharapkan informasi di atas bisa menambah pengetahuan pembaca semua supaya lebih mengerti tentang penyakit flu Singapura. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *