Efek Samping Paru-paru Basah yang Berbahaya Bagi Kesehatan

paru-paru basah

Pneumonia merupakan penyakit yang terjadi akibat adanya peradangan pada salah satu atau kedua paru-paru. Ketika dalam kondisi tersebut kantung yang ada di paru-paru akan dipenuhi oleh cairan atau nanah. Hal tersebut membuat dokter menyebutnya dengan nama paru-paru basah. Dalam dunia medis, penyakit ini disebut dengan nama pneumonia. Biasanya penyakit ini muncul akibat infeksi pada paru-paru. Infeksi yang terjadi disebabkan oleh serangan bakteri, virus atau jamur dalam sistem pernapasan.

Apa Saja Gejala Pneumonia?

paru-paru basah
Demam Tinggi Bisa Menjadi Salah Satu Gejala Pneumonia

Munculnya penyakit paru-paru basah pada seseorang bisa dikenali dari beberapa gejala. Gejala tersebut seperti mengalami batuk kering atau batuk berdahak yang berwarna kuning, hijau, coklat dan kemerahan, merasakan nyeri pada dada ketika batuk, nafas menjadi berat.

Gejala lainnya adalah mengalami demam, menggigil dan sering berkeringat, kehilangan nafsu makan, sering merasa kelelahan serta terlihat tidak berenergi, mengalami mual, muntah serta diare dan juga jantung berdebar.

Apa Efek Samping Paru-paru Basah yang Berbahaya Bagi Tubuh?

Menderita penyakit paru-paru ternyata juga menimbulkan beberapa efek samping. Adapun efek samping paru-paru basah, antara lain:

1. Batuk 

paru-paru basah
Batuk Berdahak

Efek samping paru-paru basah yang sering muncul adalah munculnya batuk. Biasa dikatakan batuk merupakan tanda awal apabila ada masalah pada sistem pernapasan manusia. Ketika frekuensi batuk semakin sering berarti paru-paru basah semakin parah.

2. Sulit Bernapas 

Saat mengalami paru-paru basah akan menimbulkan efek samping seperti sulit bernapas. Hal ini terjadi akibat saluran udara di paru-paru dipenuhi oleh cairan sehingga saluran udara menjadi tertutup.

3. Gampang Lelah

Efek samping paru-paru basah selanjutnya adalah tubuh menjadi mudah merasakan lelah. Rasa lelah yang muncul disebabkan  oleh penurunan suplai oksigen akibat adanya gangguan pada organ pernapasan. Cairan yang menumpuk di paru-paru akan membuat pernapasan menjadi terganggu, kemudian akan mengganggu suplai oksigen ke seluruh tubuh.

4. Kanker Paru-paru 

Penyakit paru-paru yang terus dibiarkan dan tidak segera ditangani oleh dokter maka akan mengakibatkan terjadinya kanker paru-paru. Hal ini akan berdampak buruk bagi tubuh dan bisa berakibat terjadinya kematian.

5. TBC 

Efek samping paru-paru juga akan menyebabkan munculnya TBC atau tuberculosis. Gejala dari munculnya TBC adalah mengalami batuk yang tidak kunjung berhenti selama lebih dari dua minggu. Kondisi tersebut juga disertai dengan munculnya batuk darah, demam, nafsu makan menurun dan turunnya berat badan.

6. Bronkitis 

paru-paru basah
Efek Samping Berupa Bronkitis

Penyakit paru-paru basah yang dialami juga akan memberikan efek samping dengan munculnya bronkitis. Bronkitis ini adalah kondisi saat infeksi menyerang bagian utama saluran pernapasan. Gejala munculnya bronkitis ini disertai dengan demam, dada sakit, gampang lelah, tenggorokan sakit, batuk berlendir dan sebagainya.

7. Infeksi Darah 

Pneumonia juga bisa menyebabkan terjadinya infeksi darah. Ketika infeksi darah menyerang akan menimbulkan masalah pada sistem kekebalan tubuh. Adapun gejala dari infeksi darah adalah munculnya demam, batuk, sesak nafas, detak jantung lebih cepat, dan jumlah sel darah putih lebih banyak dari batas normal. 

8. Abses Paru-paru 

Efek samping pneumonia selanjutnya adalah abses paru-paru. Abses paru-paru ini akan mengakibatkan terjadinya pembengkakan pada paru-paru. Adapun pembengkakan tersebut berisi nanah. Hal ini terjadi karena infeksi mikroba. 

9. Septikemia

Septikemia atau keracunan pada darah adalah kondisi ketika bakteri  masuk ke dalam darah. Munculnya disertai dengan gejala seperti keringat dingin, detak jantung berdebar, demam, kulit menjadi pucat dan sebagainya.

Itulah efek samping paru-paru basah yang harus diwaspadai. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk pembaca semuanya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *