Operasi Gigi Bungsu, Solusi Atasi Sakitnya Tumbuh Gigi

operasi gigi bungsu

Jangan pernah berfikir jika sudah berusia di atas 15 tahun gigi sudah tidak tumbuh lagi. Padahal pada usia 17-24 tahun gigi bungsu atau gigi geraham ketiga akan tumbuh.  Saat gigi bungsu tumbuh seringkali menimbulkan rasa sakit karena tumbuh miring ke arah yang berbeda-beda. kondisi ini disebut dengan impaksi gigi. Rasa sakit saat gigi bungsu tumbuh sangat menyiksa sehingga banyak orang yang memilih untuk menjalankan operasi gigi bungsu. Keputusan ini dipilih sebagai upaya untuk mencegah munculnya masalah di masa depan. Tindakan operasi ini bukanlah operasi biasa karena membutuhkan teknik yang berbeda dan lebih rumit.

Operasi Gigi Bungsu dan Solusi Lain untuk Gigi Tumbuh

operasi gigi bungsu
Operasi Gigi

Seringkali tumbuhnya gigi bungsu miring dan mengarah ke gigi lainnya, sehingga menimbulkan rasa sakit. Untuk menghilangkan rasa sakit ini dokter akan mencabutnya. Tindakan ini seringkali juga disebut sebagai operasi gigi bungsu. Operasi ini harus menunggu sampai mahkota gigi tampak ke permukaan gusi. Saat operasi berlangsung Anda juga akan diberikan obat bius terlebih dahulu agar tidak merasakan sakit.

Sebenarnya, keputusan untuk melakukan operasi gigi bungsu merupakan pilihan yang terakhir. Karena ada beberapa solusi lainnya untuk mengatasi gigi sakit akibat gigi bungsu tumbuh. Sebelum memutuskan untuk melakukan operasi, dokter pasti akan merekomendasikan untuk melakukan perawatan lainnya. Berikut ini merupakan beberapa pilihan lain yang dapat dipilih selain operasi gigi bungsu:

1. Kumur Menggunakan Air Garam

operasi gigi bungsu
Air Garam Bisa Mengurangi Rasa Sakit Gigi

Air garam itu sendiri mempunyai sifat sebagai disinfektan alami yang bisa membantu mengurangi bakteri saat digunakan untuk berkumur. Cara ini bisa diterapkan ketika ada masalah pada saat gigi bungsu tumbuh. Rasa sakit yang muncul sebenarnya karena adanya penumpukan bakteri di gusi yang rusak di sekitar gigi bungsu. Untuk mengatasinya cukup dengan melarutkan setengah sendok teh garam dan masukkan ke dalam secangkir air hangat. Selanjutnya gunakan untuk berkumur selama beberapa menit, kemudian buang dan ulangi sampai beberapa kali. 

2. Minum Obat Pereda Nyeri 

Seperti yang dijelaskan di atas ketika gigi bungsu tumbuh tidak normal akan menimbulkan rasa nyeri. Untuk mengurangi rasa nyeri yang dirasakan maka dokter akan memberikan obat pereda nyeri seperti paracetamol. Paracetamol bisa dikonsumsi oleh anak-anak, ibu hamil dan menyusui serta  orang lanjut usia.

Jika impaksi gigi menyebabkan gusi meradang, dokter akan memberikan obat ibuprofen. Obat ini dapat digunakan untuk meredakan rasa sakit dan peradangan dalam tubuh. Minumlah obat tersebut sesuai dosis yang dianjurkan supaya bekerja optimal. Sedikit catatan bahwa obat pereda nyeri ini hanya bisa dikonsumsi untuk jangka waktu pendek. 

3. Kompres dengan Es Batu

operasi gigi bungsu
Menggunakan Es Batu untuk Mengurangi Rasa Sakit

Solusi sakit akibat gigi bungsu tumbuh adalah dengan mengkompresnya menggunakan es batu. Es batu ini digunakan karena bisa mematikan sinyal saraf sakit sementara waktu dan perlahan-lahan sakit yang dirasakan akan mereda.

Cara ini cukup mudah dilakukan karena hanya membutuhkan beberapa bongkahan es batu dan kain kering yang bersih. Bungkus es batu tersebut dalam kain lalu tempelkan di sisi pipi bagian gigi yang menimbulkan rasa sakit. Selain itu, Anda juga bisa berkumur menggunakan segelas es dingin.

4. Menggunakan Bawang Putih 

Bawang putih mempunyai kandungan yang bersifat anti-inflamasi dan anti-mikroba. Kandungan tersebut bisa membantu mengurangi pembengkakan dan infeksi bakteri. Bawang putih ini juga bisa digunakan untuk mengobati rasa sakit saat gigi bungsu tumbuh.

Caranya dengan memotong bawang lalu mengunyahnya di sisi mulut yang sakit selama beberapa menit sampai rasa sakitnya berkurang. Setelah itu bunga bawang putih yang telah dikunyah tersebut. Proses ini bisa memungkinkan bawang masuk ke dalam gusi sehingga bisa mengurangi peradangan dari bakteri. 

Itulah informasi mengenai operasi gigi bungsu dan beberapa solusi lain yang bisa digunakan ketika muncul rasa sakit akibat gigi bungsu tumbuh. Semoga penjelasan di atas bisa bermanfaat untuk pembaca semuanya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *