Obesitas Pada Anak: Penyebab, Bahaya, dan Cara Mengatasinya

obesitas pada anak

Masalah kelebihan berat badan tidak hanya dialami oleh orang dewasa saja. Banyak anak-anak yang juga menghadapi masalah ini pada usia sangat dini. Obesitas pada anak bisa memunculkan resiko berbagai penyakit kronis yang sangat berbahaya. 

Obesitas terjadi ketika berat badan melebihi batas normal berdasarkan tinggi badan. Kondisi ini jika terus dibiarkan akan berbahaya bagi mereka. Sebenarnya apa penyebab obesitas pada anak? Dan bagaimana cara mengatasi obesitas pada anak? Simak penjelasan di bawah ini.

Penyebab Obesitas Pada Anak 

obesitas pada anak
Junk Food Penyebab Obesitas

1. Mengkonsumsi Makanan Olahan

Penyebab obesitas pada anak yang pertama adalah sering mengkonsumsi makanan olahan, terutama makanan manis. Makanan dan minuman tersebut seperti saus, keju, roti, dan sebagainya. Makanan dan minuman tersebut mengandung banyak kalori tanpa memiliki nutrisi sama sekali.

2. Porsi Makan 

Membatasi porsi makan anak bisa menjadi salah satu cara untuk menurunkan risiko obesitas. Hal ini terjadi karena makan lebih banyak dari kebutuhan makanan yang dibutuhkan oleh tubuh. Terlebih porsi makan yang disajikan juga cukup besar.

3. Kekurangan Lemak Sehat 

Penyebab obesitas selanjutnya adalah kekurangan makanan yang mengandung lemak sehat. Makanan yang mengandung lemak sehat bisa menurunkan risiko mengalami obesitas. Contoh makanan tersebut diantaranya yogurt, minyak kelapa, alpukat dan sebagainya.

4. Kurang Gerak 

Perlu diketahui jika obesitas tidak muncul seketika melainkan terjadi secara bertahap. Ketika seorang anak kurang gerak, energi dalam tubuhnya menjadi tidak seimbang karena kalori dalam tubuh tidak terbakar. Penumpukan kalori dalam tubuh bisa menyebabkan obesitas.

5. Masalah Hormon 

Masalah hormon yang tidak seimbang juga menjadi salah satu penyebab obesitas. Perubahan dan juga masalah pada hormon pencernaan bisa mempengaruhi sinyal pada tubuh yang menyatakan telah kenyang. Hal ini bisa menyebabkan banyak makan dan akhirnya mengalami obesitas.

Bahaya Obesitas Pada Anak 

obesitas pada anak
Obesitas Membahayakan Kesehatan Anak

1. Menimbulkan Penyakit Jantung

Obesitas bisa menyebabkan menumpuknya lemak di seluruh atau sebagian tubuh. Jika terus dibiarkan bisa menjadi salah satu faktor yang meningkatkan risiko terserang penyakit jantung. Anak yang mengalami obesitas memerlukan darah lebih banyak sehingga kerja jantung menjadi lebih berat. 

2. Mengalami Diabetes Melitus Tipe 2

Anak yang mengalami obesitas sangat berisiko mengalami peningkatan kadar gula darah. Pasalnya, tubuh mengalami kesulitan untuk mencerna asupan kadar gula darah dengan optimal. Akibatnya, gula darah akan meningkat dan menjadi penyakit diabetes melitus tipe 2 saat dewasa.

Cara Mengatasi Obesitas yang Dianjurkan 

obesitas pada anak
Konsumsi Makanan Sehat dan Seimbang

1. Menerapkan Pola Makan Sehat dan Seimbang 

Peran serta orang tua dalam cara mengatasi obesitas pada anak begitu penting. Terutama dalam menentukan makanan apa saja yang dikonsumsi oleh anak. Usahakan untuk selalu memberikan buah-buahan dan sayuran segar serta batasi mengkonsumsi makanan cepat saji. 

2. Memberikan Camilan Buah-buahan dan Air Putih 

Biasanya ibu sering memberikan anak camilan tinggi kalori. Mulai sekarang biasakan untuk memberikan camilan tersebut dengan buah-buahan segar dan air putih. Buah-buahan yang mengandung serat akan cepat mengenyangkan, mengurangi rasa lapar serta meningkatkan pemecahan lemak.

3. Memperbanyak Aktivitas Fisik 

Orang tua yang mempunyai anak dengan kelebihan berat badan atau obesitas sebaiknya sering mengajaknya memperbanyak aktivitas fisik. Aktivitas fisik yang bisa dilakukan seperti main bola, bersepeda atau olahraga. Kurangi aktivitas menonton tv, bermain komputer atau smartphone. 

Itulah penjelasan mengenai penyebab, cara mengatasi dan bahaya dari obesitas pada anak. Diharapkan informasi diatas bisa menambah informasi dan pengetahuan mengenai obesitas. Semoga bisa bermanfaat untuk pembaca semuanya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *