Ketahui 5 Obat Sinusitis Alami Paling Manjur dan Mudah Dicari

obat sinusitis

Sinusitis merupakan adanya pembengkakan jaringan yang melapisi sinus. Saat sinus dalam kondisi sehat maka akan dipenuhi dengan udara, sebaliknya jika tersumbat oleh cairan akan ditumbuhi kuman yang kemudian menyebabkan infeksi. Infeksi yang muncul akan menyebabkan penyumbatan dan rasa tidak nyaman. Sinus sendiri merupakan suatu rongga kecil yang berisi udara dan terletak di belakang tulang pipi dan dahi. Karena penyakit ini bisa menimbulkan rasa tidak nyaman pada penderitanya, tidak heran jika obat sinusitis menjadi suatu hal yang sering dicari dan dibutuhkan. 

5 Obat Sinusitis Alami yang Mudah Dicari

Munculnya penyakit sinusitis pada seseorang disebabkan oleh parasit demodex atau biasa disebut dengan virus flu dan pilek yang disebarkan melalui saluran pernapasan atas. Ada beberapa faktor yang menyebabkan penyakit ini, antara lain kondisi sekitar yang berpolusi udara, berdebu, infeksi jamur dan kebiasaan merokok. Adapun gejala awal saat terserang sinusitis adalah merasakan sakit kepala dan demam hingga 38ยบ C bahkan lebih. Gejala lainnya adalah hidung tersumbat, bagian wajah merasakan nyeri,, nafas menjadi bau dan kehilangan indera penciuman. Penyakit ini bisa disembuhkan dengan beberapa obat alami seperti berikut ini:

1. Jahe 

obat sinusitis
Obat Alami Berupa Jahe

Sudah sejak dahulu jahe dikenal sebagai bumbu dapur yang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh. Seringkali jahe diolah menjadi minuman sehat yang bisa memberikan rasa hangat pada tubuh. Tak hanya itu saja ternyata manfaat jahe juga bisa digunakan sebagai obat alami untuk meringankan infeksi sinusitis. 

Hal ini tidak terlepas dari kandungan anti radang yang mampu mengurangi pembengkakan di selaput hidung. Cara kerja jahe saat dijadikan obat sinusitis adalah dengan menekan produksi lendir dan meringankan pusing. 

2. Sari Cuka Apel 

Cuka apel merupakan bahan alami yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Dalam cuka apel mengandung zat yang bersifat antimikroba yang sangat efektif untuk membunuh bakteri dan mikroba perusak yang ada di usus dan rongga hidung. Selain itu, cuka apel juga mampu merangsang pertumbuhan bakteri baik yang dibutuhkan oleh organ tersebut. 

Cairan cuka apel sangat ampuh untuk memecahkan lendir yang sesak dan bisa menyembuhkan hidung tersumbat. Sedangkan kandungan potasium bermanfaat untuk mengeringkan hidung berair. 

3. Ekstrak Jeruk Limau

obat sinusitis
Menggunakan Ekstrak Jeruk Limau

Obat sinusitis lainnya adalah ekstrak buah jeruk limau. Perlu diketahui jika jeruk limau mengandung antibiotik alami. Ekstrak ini  terbuat dari biji dan pulp jeruk kering yang telah ditumbuk menjadi bubuk halus. Pada saat ekstrak ini digunakan untuk semprot hidung maka akan membantu menghilangkan lendir dan mencegah datangnya mikroba lainnya, caranya adalah dengan mengambil ruang dalam jaringan sinus lemah dan meradang serius.

4. Kunyit 

Dalam kunyit ditemukan antiradang yang ternyata bisa bermanfaat untuk mengobati infeksi akibat sinusitis. Sedangkan senyawa kurkumin bisa membersihkan saluran pernapasan dan menyembuhkan rongga sinus yang terinfeksi. 

Untuk bisa mendapatkan khasiat dari kunyit secara optimal maka bisa mengkonsumsinya dengan dicampur jahe, kemudian seduh dua bahan tersebut bersama teh panas. Kombinasi ini akan membantu menenangkan saluran hidung yang tersumbat. Jamu kunyit juga bisa digunakan sebagai obat alami sinusitis. 

5. Bawang Putih 

obat sinusitis
Senyawa Allicin dalam Bawang Putih

Seperti yang diketahui bahwa bawang putih adalah salah satu bumbu masakan. Selain sebagai bumbu masakan ternyata memiliki manfaat untuk kesehatan terutama dijadikan obat alami sinusitis. Bawang putih ini bisa digunakan untuk mencegah terjadinya sinusitis.

Tak hanya itu saja tetapi juga bisa digunakan untuk meredakan infeksi sinus secara alami. Sedangkan senyawa allicin dalam bawang mampu membunuh bibit penyakit. Untuk bisa mendapatkan khasiatnya bisa menjadikan bawang menjadi jus dengan campuran tomat atau lemon. Minuman ini bisa dikonsumsi dua kali sehari sampai infeksi sinus sembuh.

Itulah rekomendasi 5 obat sinusitis paling manjur. Diharapkan informasi diatas bisa membantu siapa saja yang sedang menderita penyakit ini. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *