Obat Sariawan Alami yang Paling Ampuh dan Manjur

Obat Sariawan Alami

Pilihan obat herbal atau alami memang menjadi hal yang banyak dicari karena efek sampingnya yang rendah di tubuh. Tak terkecuali dengan obat sariawan alami yang bisa didapatkan dari berbagai bahan makanan yang berasal dari kebaikan alam. Sariawan sendiri menjadi suatu penyakit yang biasanya muncul saat Anda sedang stress, kekurangan vitamin atau mineral, terserang virus dan alergi terhadap makanan. Sistem kekebalan tubuh yang bermasalah, siklus menstruasi dan juga hormon dalam tubuh yang naik turun juga bisa menyebabkan sariawan. 

Selain itu, penyebab lain yang seringkali menjadi penyebab sariawan adalah dinding mulut dan lidah yang tergigit. Biasanya akan muncul pada bibir, lidah atau pipi dalam. Rasa sakit akibat sariawan bisa membuat malas makan dan juga berbicara. Jangan khawatir, bagi Anda yang sedang sariawan bisa mengobatinya menggunakan obat alami.

Apa Saja Obat Sariawan Alami yang Bisa Dikonsumsi?

Sariawan atau dalam istilah kedokteran dikenal dengan nama stomatitis afrosa merupakan kelainan yang terjadi pada selaput lendir mulut berupa adanya luka pada mulut atau lidah berbentuk bercak berwarna putih kekuningan dengan permukaan sedikit cekung. Munculnya sariawan memang tidak berbahaya, tetapi rasa perihnya bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Alangkah baiknya jika sariawan segera diobati. Berikut adalah obat sariawan alami yang paling ampuh.

1. Madu

Obat Sariawan Alami
Madu Memiliki Sifat Anti Radang

Di dalam madu terdapat sifat anti radang dan bakteri yang bisa membantu mengurangi rasa perih dan mempercepat proses pemulihan sariawan. Hasil dari lebah ini memang telah dikenal dengan berbagai manfaatnya bagi kesehatan. Caranya cukup mudah hanya dengan mengoleskan madu diatas sariawan tersebut selama empat hari berturut-turut

2. Kelapa 

Obat Sariawan Alami
Kelapa Anti Peradangan

Selanjutnya adalah kelapa, buah yang satu ini diyakini bisa menjadi obat sariawan alami di bibir maupun lidah. Kelapa ini nantinya akan bekerja untuk mencegah peradangan luka semakin memburuk sekaligus mengurangi rasa sakit. Caranya dengan mencampurnya menggunakan madu dengan minyak kelapa atau susu kelapa, lalu oleskan campuran ramuan tersebut di luka sariawan Anda. Ulangi cara tersebut sebanyak 3-4 kali dalam sehari sampai sariawan sembuh.

3. Garam

Obat Sariawan Alami
Garam untuk Berkumur

Menggunakan garam sebagai obat alami sariawan sudah sangat terbukti. Maka dari itu, masyarakat sudah banyak yang menggunakan garam sebagai obat ampuh mengobati sariawan. Caranya, gunakan garam satu sendok teh lalu seduh dengan air panas kemudian aduk hingga merata. Gunakan air garam tersebut untuk berkumur. 

4. Es batu

Obat Sariawan Alami
Es Batu Mencegah Peradangan

Seringkali es batu digunakan untuk mengurangi rasa sakit. Saat sariawan es batu digunakan dengan cara meletakkan bongkahan kecil es batu di sariawan hingga meleleh. Ini dilakukan karena berguna untuk mencegah peradangan.

5. Pisang

Obat Sariawan Alami
Pasta Pisang dioles ke Sariawan

Buah pisang juga merupakan obat alami sariawan paling ampuh. Anda hanya perlu membuat pisang menjadi pasta lalu campurkan dengan madu. Kemudian oleskan pada luka sariawan. Campuran kedua bahan tersebut dipercaya bisa untuk mencegah terjadinya peradangan.

6. Yogurt

Obat Sariawan Alami
Yogurt Mempercepat Penyembuhan Sariawan

Mengkonsumsi yogurt ternyata bisa menjaga keseimbangan bakteri yang ada di tubuh termasuk di mulut Anda. Sehingga bisa digunakan untuk mengobati sariawan karena bisa mempercepat proses penyembuhannya. Selain itu, juga bisa digunakan untuk mencegah terjadinya sariawan.

7. Daun Jambu Biji

Obat Sariawan Alami
Daun Jambu Biji

Cara untuk membuat daun ini menjadi obat adalah dengan merebus 1 genggam daun jambu biji segar ditambah dengan 1 jari kulit batangnya dan ditambahkan 1 liter air, lalu saring. Minum sebanyak 2 kali dalam sehari.

8. Lidah buaya

Obat Sariawan Alami
Lidah Buaya Kaya Manfaat

Tumbuhan yang satu ini emang terkenal karena banyak manfaatnya untuk kesehatan. Salah satunya yaitu sebagai obat untuk sariawan. Cara yang digunakan sangat mudah yaitu hanya mengoleskan getah atau daging lidah buaya pada sariawan Anda.  Setelah dioleskan lalu biarkan selama beberapa jam dan ulangi sebanyak tiga kali dalam sehari. 

Itulah 8 obat sariawan alami yang paling ampuh. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk para pembaca semuanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *