Rekomendasi 8 Obat Batuk Berdahak Alami untuk Dewasa

obat batuk berdahak

Batuk merupakan cara alami tubuh untuk membersihkan jalan pernafasan. Apabila udara yang dihirup kotor atau terdapat zat asing yang mengganggu pernapasan, maka akan terserang batuk. Zat asing yang seringkali mengganggu jalan pernapasan adalah lendir. Biasanya lendir yang menumpuk di tenggorokan atau paru-paru menyebabkan batuk berdahak. Obat batuk berdahak sendiri bisa diperoleh dari obat medis dari dokter atau dari bahan-bahan alami. 

Pada batuk berdahak, lendir yang dikeluarkan diproduksi oleh jaringan lapisan di dalam tubuh, seperti paru-paru, mulut, sinus, tenggorokan dan saluran pernapasan. Tujuannya adalah untuk menjaga kelembapan pada organ-organ penting, menangkap zat iritan seperti asap, debu dan juga bakteri. Itulah yang kemudian menyebabkan lendir mengandung antibodi dan enzim pembunuh bakteri yang kemudian membantu melawan bakteri.

Obat Batuk Berdahak Alami untuk Dewasa 

obat batuk berdahak
Batuk Pada Orang Dewasa

Dalam sehari, tubuh bisa memproduksi lendir sebanyak 1 sampai 1,5 liter. Akan tetapi, jumlah tersebut bisa lebih banyak karena adanya beberapa faktor sehingga menyebabkan hidung meler dan batuk berdahak. Inilah beberapa obat batuk berdahak alami untuk dewasa.

1. Jeruk Nipis  

Obat alami pertama untuk batuk berdahak adalah jeruk nipis. Sudah sejak dahulu jeruk nipis dipercaya bisa mengobati batuk berdahak. Caranya cukup mudah yaitu campur perasan jeruk nipis kecap atau madu untuk menetralisir rasa asam. Minumlah campuran keduanya sebanyak 2-3 kali dalam sehari.

2. Air Garam 

Jika batuk yang dirasakan terjadi karena adanya rasa gatal pada tenggorokan, cobalah berkumur menggunakan air garam. Caranya cukup campurkan ¼ hingga ½ sendok teh garam ke dalam air hangat sebanyak 240 ml, setelah itu gunakan untuk berkumur. Menggunakan obat alami tersebut bisa meredakan rasa gatal penyebab batuk.

3. Daun Sirih 

obat batuk berdahak
Daun Sirih untuk Batuk

Obat batuk berdahak alami selanjutnya adalah daun sirih. Caranya cukup mudah yaitu rebuslah daun sirih secukupnya, kemudian campurkan dengan potongan jahe. Lalu minumlah air rebusan tersebut minimal satu kali dalam sehari agar tubuh tetap sehat dan hangat.

4. Nanas

Mengobati batuk berdahak menggunakan buah nanas seringkali dilewatkan, padahal kandungan bromelain pada buah tersebut bisa meredakan batuk dan juga mengencerkan lendir di tenggorokan. Untuk mendapatkan hasil maksimal cobalah mengkonsumsi 100 ml jus nanas atau sepotong nanas tiga kali dalam sehari.

5. Madu  

obat batuk berdahak
Madu untuk Batuk

Bahan alami yang satu ini bisa digunakan sebagai obat alami untuk menyembuhkan batuk berdahak. Caranya yaitu siapkan teh ataupun perasan lemon dengan air hangat, lalu campurkan dengan 2 sendok madu ke dalamnya.

6. Jahe

Zat anti-bakteri yang ada dalam jahe bisa digunakan untuk mengurangi batuk berdahak dan menghangatkan tubuh. Selain itu, kandungan zat anti-bakteri tersebut juga bisa bermanfaat untuk meredakan batuk berdahak. Caranya irislah jahe dan kencur lalu rebus hingga mendidih. Lalu ambil air perasan jahe tersebut kemudian minum saat masih hangat minimal satu kali dalam sehari.

7. Bawang Putih  

Nutrisi yang ada di dalam bawang putih bisa digunakan untuk mempercepat tubuh untuk segera pulih dari pilek atau flu. Sedangkan kandungan allicin dalam bawang bisa bermanfaat untuk membantu membunuh bakteri penyebab batuk berdahak. Sifat antiradang dan antimikroba sangat ampuh dalam melawan infeksi pada tenggorokan.

8. Air Putih Hangat 

Air putih merupakan obat alami untuk menyehatkan tubuh kembali, terutama saat terserang batuk berdahak. Saat mengalami batuk berdahak menyebabkan lendir yang melapisi saluran pernapasan akan lebih tebal. Untuk mencegahnya akan perlu mengkonsumsi air putih hangat. Selain itu, juga bisa mengencerkan lendir yang mengental sehingga lebih mudah dikeluarkan.

Itulah rekomendasi 8 obat batuk berdahak alami untuk dewasa. Semoga uraian di atas bisa bermanfaat untuk pembaca semuanya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *