Inilah Rekomendasi 15 Obat Batuk Alami Mujarab

obat batuk

Pergantian musim seperti saat ini, sering kali membuat tubuh rentan terserang penyakit seperti flu, batuk dan demam. Batuk itu sendiri merupakan respons alami tubuh dalam membersihkan saluran pernafasan dari penyebab iritasi dan juga dahak. Sebenarnya batuk ringan bisa sembuh dengan sendirinya. Namun tetap saja penyakit ini membuat rasa tidak nyaman, apalagi jika terus menerus terjadi bahkan di malam hari. Padahal malam merupakan waktu untuk beristirahat dan memulihkan kondisi tubuh setelah seharian beraktivitas. Oleh karena itu, kita sangat membutuhkan obat batuk untuk meredam gejala batuk yang berlebihan di malam hari tersebut. 

Alasan kenapa batuk akan lebih parah ketika malam hari adalah saat Anda berbaring lendir yang ada di tenggorokan akan semakin menumpuk. Selain itu, juga disebabkan oleh udara kamar yang kering sehingga bisa memperburuk hidung dan tenggorokan yang sudah mengalami iritasi. 

15 Obat Batuk Alami Mujarab 

obat batuk
Bahan Alami untuk Obat Batuk

Berikut ini merupakan beberapa obat batuk alami yang berasal dari bahan-bahan yang tidak berbahaya bagi tubuh. Selain itu, obat-obat ini juga sangat mudah ditemukan di rumah. 

1. Madu 

Di dalam madu mengandung zat anti radang dan antibiotik alami, kandungan tersebut bisa digunakan sebagai obat batuk alami. Caranya sangat mudah yaitu dengan mencampurkan 2 sendok teh madu dengan air hangat atau teh herbal dan juga perasan air. 

2. Air Garam 

Jika batuk yang menyerang Anda karena rasa gatal pada tenggorokan, cobalah untuk berkumur menggunakan air garam. Caranya cukup campurkan ¼ atau ½ sendok teh garam ke dalam air hangat 240 ml. Akan tetapi, cara ini tidak direkomendasikan untuk anak-anak berusia dibawah 6 tahun.

3. Jahe

Bumbu dapur yang satu ini juga bisa dimanfaatkan untuk obat batuk alami mujarab. Caranya yaitu menyeduh beberapa irisan jahe dengan air panas dan tunggu beberapa menit. Tak hanya itu saja ternyata jahe juga bermanfaat untuk mengatasi sakit tenggorokan dan mual yang dirasakan saat terserang flu.

4. Nanas

obat batuk
Nanas untuk Batuk

Kandungan bromelain yang terdapat pada buah nanas bisa meredakan batuk dan mengencerkan lendir yang ada di tenggorokan. Caranya dengan mengkonsumsi sepotong nanas atau 100 ml jus nanas sebanyak 3 kali sehari.

5. Bawang 

Batuk yang menyerang bayi dan anak-anak, bisa diobati dengan obat batuk alami yaitu bawang merah. Caranya dengan iris bawang menjadi beberapa bagian dan letakkan irisan tersebut di dekat tempat tidur. Kegunaannya bisa meredakan batuk melalui efek uap yang keluar dari irisan bawang tersebut. 

6. Belimbing Wuluh 

Belimbing wuluh bisa dimanfaatkan sebagai pereda batuk. Caranya, ambil perasan belimbing wuluh dan tambah dengan 1 sendok garam dan segelas air, setelah itu minumlah 2-3 kali dalam sehari.

7. Daun Kemangi 

Daun kemangi ini seringkali dijadikan sebagai obat batuk alami yang aman dikonsumsi. Dengan mengkonsumsinya bisa meredakan batuk secara cepat. Caranya dengan dibuat jus..

8. Daun Seledri 

Daun yang satu ini juga sangat mujarab untuk mengatasi serangan batuk. Caranya dengan dibuat jus dan campur dengan 1 sendok teh madu. Konsumsi jus daun seledri setiap 3 jam sekali, maka batuk bisa diatasi dengan sangat cepat.

9. Daun sirih 

Daun sirih yang memiliki sifat antiseptik dan antibakteri bisa dimanfaatkan untuk meredakan batuk  kering dan gatal. Caranya dengan merebus daun sirih dan tambahkan dengan 1 potong jahe, lalu minumlah sebagai pereda batuk.

10. Kunyit dan Garam 

Didalam kunyit mengandung antibiotik dan berfungsi untuk mengatasi peradangan pada saluran pernapasan. Caranya, potong kunyit menjadi beberapa bagian, kemudian campurkan dengan 1 sendok garam. 

11. Cuka Apel

Obat alami yang satu ini memiliki kemampuan dalam melawan bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Saat kondisi tubuh sedang menurun maka bakteri akan sangat mudah masuk dan berkembang di dalamnya. Cuka apel ini kemudian digunakan untuk meredakan batuk yang aman dan juga ampuh.

12. Lemon dan Jeruk Nipis 

Kedua bahan tersebut mempunyai kandungan vitamin C dan antibakteri yang berkhasiat untuk membasmi bakteri yang masuk kedalam tubuh. Caranya, ambil perasan air lemon dan jeruk nipis, kemudian campurkan dengan 1 sendok madu dan segelas air. 

13. Asam Jawa dan Gula Merah 

Kedua bahan tersebut juga bisa dimanfaatkan untuk meredakan batuk  dan rasa gatal pada tenggorokan. Caranya, campurkan asam jawa dan gula merah dalam segelas air hangat.

 14. Daun Kayu Putih

Daun kayu putih bisa digunakan untuk obat batuk alami mujarap. Caranya dengan rebus beberapa daun kayu putih hingga mendidih. Setelah itu minum ketika masih dalam keadaan hangat untuk mengurangi rasa gatal di tenggorokan.

15. Lada Hitam 

Jika kamu terserang batuk kering dan tak kunjung sembuh maka bisa menggunakan lada hitam. Lada hitam tersebut memiliki kandungan zat yang mampu merangsang sirkulasi udara di saluran pernapasan. Selain itu, juga memiliki kemampuan dalam menghambat masuknya virus dan bakteri pada tenggorokan. Caranya dikonsumsi dengan segelas air putih. 

Itulah rekomendasi 15 obat batuk alami mujarab. Diharapkan penjelasan tersebut bisa bermanfaat untuk para pembaca semuanya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *