Inilah 7 Obat Asma Alami yang Paling Ampuh

obat asma alami

Asma merupakan suatu penyakit pernapasan kronis yang menyebabkan saluran udara menjadi menyempit dan juga meradang. Kejadian ini akan membuat lebih sulit untuk menghirup dan juga menghembuskan napas. Asma sendiri bisa diobat dengan menggunakan bahan-bahan alami yang aman bagi kesehatan. Obat asma alami ini juga lebih banyak digunakan karena bahannya yang tidak menimbulkan efek samping yang buruk pada tubuh. 

Gejala Munculnya Penyakit Asma 

obat asma alami
Sakit Asma

Gejala utama munculnya asma adalah sulit bernafas sehingga membuat penderitanya megap-megap, dada terasa sesak, batuk-batuk, dan juga mengi (suara yang muncul ketika udara mengalir melalui saluran pernapasan yang menyempit). Ketika gejala tersebut kumat, membuat penderitanya menjadi sulit tidur. Gejala yang muncul akibat asma bisa diredakan menggunakan beberapa obat alami. 

Obat Asma Alami yang Paling Ampuh 

1. Kunyit 

Obat asma alami yang paling ampuh adalah kunyit. Didalam kunyit ditemukan beberapa sifat anti-alergi. Selain itu, kunyit juga memiliki efek pada histamin yang bisa menyebabkan peradangan. Akan tetapi, menurut penelitian bahwasanya kunyit merupakan obat alami yang aman dan efektif untuk penyakit asma.

2. Jahe  

Bumbu dapur yang satu ini sudah sejak dahulu dipercaya sebagai obat asma alami yang paling ampuh. Jahe tersebut dipercaya bisa membantu mengurangi respon alergi dengan cara menurunkan kadar IgE dalam tubuh. Gejala dari penyakit asma itu sendiri sangat erat kaitannya dengan reaksi alergi. Pada saat kadar IgE menurun maka reaksi alergi perlahan-lahan akan berkurang. Sehingga gejala asma bisa dikendalikan dan jarang kambuh.

3. Madu 

Obat asma alami lainnya yang bisa dicoba adalah madu. Madu ini sangat baik untuk mengencerkan lendir yang menghambat saluran pernapasan sehingga bisa dikeluarkan. Madu bisa dikonsumsi dengan menggunakan air putih hangat. Sangat disarankan untuk menghindari penggunaan air dingin karena bisa memperburuk kondisi pernapasan. Selain itu, juga hindari penggunaan air panas karena bisa merusak nutrisi pada madu.  

4. Bawang Putih 

obat asma alami
Bawang Putih untuk Obat Asma

Sejak dahulu bawang putih sudah digunakan sebagai obat alami berbagai penyakit seperti penyakit kardiovaskular dan juga penyakit karena sifat anti-peradangan. Asma merupakan salah satu penyakit radang sehingga bawang putih bisa digunakan untuk membantu meredakan gejala asma. 

5. Bawang Bombay 

Selain bawang putih, bawang bombay ternyata juga bisa menjadi obat asma alami yang paling ampuh. Zat anti-peradangan di dalam bawang bombay bisa membantu mengurangi penyumbatan pada saluran pernapasan ketika terserang penyakit asma. Zat sulfur dalam bawang bombay juga bisa membantu mengurangi peradangan pada paru-paru. Untuk mendapatkan khasiatnya dapat mengkonsumsi secara mentah, jika tidak suka bisa mengkonsumsinya dengan cara dimasak terlebih dahulu.

6. Kopi

Kandungan kafein dalam kopi bisa membantu menyembuhkan penyakit pernapasan dengan cara membersihkan saluran hidung sehingga penderita bisa bernapas lebih mudah. Apabila tidak menyukai kopi, bisa mendapatkan manfaat kafein melalui teh hitam. Untuk mendapatkan hasil maksimal konsumsi tiga cangkir dalam sehari.

7. Bunga Kenanga Kering

obat asma alami
Bunga Kenanga yang Dikeringkan

Bahan paling ampuh selanjutnya adalah bunga kenanga kering. Cara mengkonsumsinya adalah dengan meminum ramuan yang berbahan dasar bunga kenanga kering. Sedangkan cara membuatnya cukup mudah yaitu sediakan tiga kuntum bunga kenanga kering, lalu rebus ke dalam 200 cc air sampai mendidih. Setelah itu tutup wadahnya rapat-rapat. Setelah airnya agak dingin lalu diminum. Agar mendapatkan hasil optimal harus meminum ramuan tersebut setiap hari secara teratur. 

Itulah 7 obat asma alami yang paling ampuh. Semoga penjelasan di atas bisa bermanfaat untuk pembaca semuanya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *