Minuman Sehat dan Segar Yang Cocok Di Musim Panas

musim panas

Umumnya ketika pertengahan tahun, hampir semua negara mengalami musim panas. Tak terkecuali di indonesia. Dimana hanya ada dua musim yaitu musim kemarau dan musim hujan. Suhu udara bisa mencapai 35-40 derajat celcius. Pada suhu panas tersebut membuat tubuh manusia membutuhkan cukup banyak cairan tubuh, untuk menggantikan cairan yang keluar melalui keringat. Oleh sebab itu untuk memenuhi cairan tubuh, kita memerlukan asupan minuman sehat dan menyegarkan untuk menjaga kondisi tubuh kita tetap sehat.

70% tubuh manusia terdiri dari cairan. Jika kekurangan cairan maka akan merusak daya tahan tubuh. Minuman sehat dari buah-buahan dapat mengganti cairan tubuh yang hilang tersebut. Selain sehat dan segar, Anda juga dapat mengkombinasikan buah-buahan dan bahan lainnya untuk menjadi minuman yang tak hanya sehat namun juga menyegarkan. 

Resep Minuman Sehat

Bagi Anda yang baru akan memulai gaya hidup sehat, ada banyak buah dan sayuran yang dapat dikombinasikan. Mulai dari jus, smoothies, yoghurt hingga infused water dapat menjadi referensi Anda dalam membuat minuman sehat. 

Selain menyehatkan, bahan dasar yang digunakan dapat berupa buah-buahan dan sayuran yang dengan mudah dapat ditemui disekitar kita. Berikut adalah resep minuman sehat yang dapat Anda eksplorasi dalam membuat minuman sehat.

Infused Water

Infused water sedang menjadi tren gaya hidup perkotaan khususnya kaum millenial. Air mineral dengan campuran buah-buahan serta sayuran ini dipercaya dapat memberikan manfaat dan kesegaran karena mengandung serat yang berguna memperlancar pencernaan. Ditambah lagi aroma yang dihasilkan sangat khas memberikan efek segar ketika meminumnya.

infused water

Buah-buahan yang umum dijadikan bahan campuran infused water adalah buah yang kaya vitamin C dan memiliki rasa manis atau asam yang kuat seperti irisan buah lemon, strawberry, kiwi. Atau Mungkin Anda dapat mengkombinasikan dengan sayuran seperti timun, bayam dan daun mint. Infused water cocok dijadikan minuman sehari-hari pengganti air mineral mengingat pembuatannya yang mudah dan menyehatkan

Smothies Buah dan Sayur

Minuman campuran buah dan sayur yang satu ini sangat berkhasiat. Menurut fatsecret.co.id satu gelas smoothies 200 miligram dengan campuran buah dan susu memiliki kandungan gizi 14% lemak, 79% karbohidrat dan 7% protein. Ini sangat cocok bagi Anda yang sedang melakukan program diet atau pun berpuasa sehingga membutuhkan asupan karbohidrat yang cukup tinggi. 

Adapun jenis buah dan sayur yang dapat dikombinasikan adalah buah-buah yang memiliki kandungan air yang tinggi seperti jenis buah berry (strawberry dan blueberry), melon, anggur dan lainnya serta sayuran hijau seperti bayam dan seledri sebagai suplemen untuk memenuhi kebutuhan tubuh sepanjang hari.

Jus Buah

Dapat ditemukan hampir disetiap restoran atau rumah makan. Cara pembuatannya yang sangat mudah menjadikan minuman yang satu ini sebagai primadona. Selain itu, kandungan buah yang ada dalam jus juga masih utuh. Mengingat proses pembuatan tanpa penyaringan membuat nutrisinya tetap terjaga.

Ada banyak buah yang dapat dijadikan jus. Diantaranya adalah mangga, buah naga, terong belanda, apel, anggur dan masih banyak lagi. Selain diminum, jus buah juga dapat menjadi bahan untuk makanan bayi. Antioksidan yang terkandung dalam buah-buahan membuat tubuh bayi menjadi imun terhadap segala virus dan penyakit.

Yoghurt

Yoghurt merupakan minuman olahan dari susu yang di fermentasi. Campuran rasa manis juga asam adalah ciri khasnya. Karena berbahan dasar susu, yoghurt sangat kaya akan kalsium. Serta kandungan bakteri baik akibat fermentasi membuat pencernaan kita menjadi lancar. Yoghurt sangat baik apabila disajikan selagi dingin.

yoghurt adalah salah satu minuman sehat

Hal ini dikarenakan yoghurt adalah hasil fermentasi dan akan cepat basi jika diletakkan pada cuaca panas. Sekarang banyak beredar yoghurt dengan campuran rasa buah seperti pisang, lychee, strawberry dan jeruk.

Air Kelapa

Yang terakhir adalah air kelapa. Buah ini dikenal dapat tumbuh dimana saja dan tidak mengenal musim tertentu, alias dapat tumbuh sepanjang tahun. Air kelapa bermanfaat untuk detoksifikasi racun dalam tubuh. 

Selain itu minuman sehat ini juga dipercaya untuk dapat memulihkan stamina tubuh setelah melakukan aktivitas berat, menetralkan fungsi ginjal dan mencegah penyumbatan pembuluh darah. Cocok untuk disajikan ketika sedang bersantai setelah bekerja dan melintasi jalanan yang kering di musim kemarau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *