6 Sumber Karbohidrat Menu MPASI Terbaik Untuk Buah Hati

menu MPASI

Setelah usia bayi menginjak 6 bulan, maka sudah bisa diberikan makanan pendamping atau MPASI. Namun, pastikan menu MPASI yang diberikan memenuhi nutrisi yang dibutuhkan. Berikut ini merupakan rekomendasi makanan terbaik untuk MPASI yang mengandung sumber karbohidrat tinggi. 

Apa Pentingnya MPASI? 

menu MPASI
Pemberian MPASI Pada Bayi

Pemberian MPASI pada bayi mulai usia 6 bulan memiliki banyak manfaat. Diantaranya adalah membantu perkembangan otak, menguatkan tulang, dan membantu pertumbuhan gigi. Selain itu juga meningkatkan kemampuan menggenggam dan meningkatkan daya tahan tubuh. 

Supaya bisa mendapatkan manfaat MPASI dengan maksimal maka perlu memberikan menu MPASI yang mengandung karbohidrat. Karbohidrat sendiri merupakan zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Oleh karena itu pastikan nutrisi si kecil mengandung karbo yang cukup.

6 Sumber Karbohidrat untuk Menu MPASI  

1. Beras Putih 

Kandungan karbohidrat yang pertama bisa didapatkan melalui beras putih atau nasi putih. Selain mengandung karbohidrat, nasi juga memiliki kandungan lemak, protein serta serat. Sebenarnya beras memiliki banyak jenis, tetapi sangat disarankan jenis beras yang diberikan kepada si kecil adalah beras putih.

Alasannya karena beras putih tidak mengandung banyak serat, berbeda dengan beras merah. Beras merah memiliki kandungan serat cukup banyak dan itu tidak dibutuhkan oleh bayi. Bayi lebih membutuhkan asupan makanan yang bisa membantu menaikkan berat badannya.

2. Kentang 

menu MPASI
Menu Olahan MPASI dari Kentang

Sudah bukan rahasia lagi kalau kentang merupakan makanan yang mengandung karbohidrat. Sebenarnya kandungan nutrisi kentang cukup lengkap, yaitu mengandung protein, serat, vitamin C, vitamin B6, asam folat, magnesium, dan mineral. 

Untuk menu MPASi kentang bisa diolah menjadi berbagai macam. Misalnya diolah menjadi perkedel, kentang kukus, puree, dan juga sup kentang. Dengan memberikan masakan tersebut maka nutrisi si kecil akan terpenuhi.

3. Jagung 

Sayuran berwarna kuning ini mengandung karbohidrat dan mengandung vitamin C. Selain itu, juga mengandung protein, lemak, asam folat, serta, kalium dan mineral. Kandungan vitamin C pada jagung juga berperan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu menyerap zat besi.

4. Ubi  

Ubi atau singkong bisa dipilih menjadi pilihan sumber karbohidrat untuk menu MPASI. Selain karbohidrat, ubi juga mengandung beberapa nutrisi lainnya seperti vitamin A, vitamin C, serta dan protein. Ubi  bisa diolah dengan cara dikukus atau dipanggang menjadi puree atau kolak.

5. Pasta 

menu MPASI
Memberikan Pasta untuk MPASI

Mungkin masih jarang ditemukan seorang ibu memberikan pasta untuk si kecil. Padahal pasta merupakan makanan yang mengandung karbohidrat yang baik. Pasta itu sendiri terbuat dari gandum utuh, air dan juga telur. Spageti menjadi jenis pasta yang paling mudah ditemukan di Indonesia.

Selain itu, pasta juga mengandung nutrisi cukup lengkap, yaitu lemak, protein, serat, asam folat, zat besi dan sebagainya. Pasta memiliki rasa yang enak dengan bentuk yang juga unik. Tentunya si kecil akan lebih lahap makan dengan menu pasta untuk MPASI ini.

6. Pisang

Buah pisang merupakan salah satu menu MPASI yang sangat cocok untuk bayi. Buah pisang dikenal memiliki kandungan karbohidrat dan juga serat yang menyediakan energi pada bayi supaya lebih aktif. Pilih yang matang dengan rasa manis selanjutnya kerok atau hancurkan dan berikan kepada si kecil.

Nah, itulah 6 menu MPASI dengan kandungan karbohidrat yang baik untuk si kecil. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk pembaca. Jangan lupa untuk selalu memenuhi nutrisi yang dibutuhkan si kecil ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *