8 Daftar Menu Diet yang Mudah Dibuat

menu diet

Menu diet sehat adalah daftar makanan gizi seimbang dengan porsi yang disesuaikan dengan kebutuhan tubuh. Men tersebut sebenarnya tidak hanya untuk program diet saja tetapi juga bisa dikonsumsi untuk siapa saja yang ingin mendapatkan kualitas kesehatan yang baik. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, menu diet sebaiknya mengandung berbagai macam nutrisi esensial yang dibutuhkan oleh tubuh.

Setiap hari tubuh harus mendapatkan asupan nutrisi seperti protein, karbohidrat, lemak, vitamin maupun mineral. Meski begitu Anda harus tetap membatasinya jangan sampai terlalu banyak mengkonsumsinya. 

Daftar Menu Diet Anti Ribet 

Ada banyak menu sehat untuk diet yang bisa Anda coba buat dirumah. Caranya cukup mudah terlebih bahan-bahan yang dibutuhkan juga berada di pasaran. Berikut adalah daftar menu sehat untuk diet yang mudah untuk dibuat di rumah.

1. Dada Ayam Kukus 

menu diet
Hidangan Simple Dada Ayam Kukus

Menu sehat yang pertama adalah dada ayam. Tentunya sebelum dimasak kulitnya harus terlebih dahulu dihilangkan supaya program diet yang dilakukan sukses. Setelah itu kukus dada ayam dengan diberi sedikit garam dan merica. Selain bisa dimasak dengan cara dikukus, juga dengan dibakar atau dipanggang.

2. Telur Rebus

Telur mengandung protein yang sangat baik untuk tubuh yang juga dikonsumsi dengan cara direbus dan dikukus. Cara untuk mengukusnya cukup mudah sama persis saat membuat telur dadar. Campurkan telur dengan sedikit garam beserta tambahan lain sesuai selera seperti daun bawang, tomat, cabai dan sebagainya. Setelah itu, kukus dalam wadah kaca ataupun rantang hingga matang.

3. Sayur Rebus 

Banyak orang yang tidak menyukai sayur-sayuran karena memiliki rasa yang hambar, padahal sayuran sangat baik untuk kesehatan tubuh. Seperti halnya saat diet Anda sebisa mungkin harus mengkonsumsi sayuran. Agar tidak bosan bisa memvariasikan beberapa jenis sayuran, yaitu brokoli rebus, tauge rebus, wortel rebus dan jagung rebus. Setiap hari Anda bisa mengganti berbagai jenis sayuran tetapi harus tetap dikukus atau direbus

4. Salad Sayuran 

menu diet
Menu Salad Sayur Sehat untuk Diet

Apabila Anda bosan dengan menu sayuran rebus, bisa mengkonsumsi sayuran mentah dengan dijadikan salad. Tetapi jika tidak ingin diet gagal jangan menambahkan dressing berbahan mayones dalam salad. Sebaiknya menambah dressing berbahan dasar minyak zaitun. Untuk sayurannya Anda bisa memilih jagung rebus, tomat, selada, mentimun dan sebagainya.

5. Ikan Bakar 

Menemukan berbagai jenis ikan di Indonesia sangatlah mudah, Ada bisa membelinya di pasar atau langsung ke pantai. ikan tersebut bisa digunakan sebagai  menu diet dan diolah tersebut dengan cara dibakar. Adapun beberapa jenis ikan yang dibakar adalah ikan gurame, nila, bawal, mas, kembung dan sebagainya. 

6. Kentang Panggang

Pada saat diet Anda disarankan untuk tidak mengkonsumsi nasi putih dan menggantikannya dengan makanan lainnya yang mengandung karbohidrat. Salah satu penggantinya yaitu kentang. Kentang tersebut bisa diolah dengan cara dikukus atau dipanggang. Bisa juga diolah menjadi mashed potato. Caranya dengan menumbuk halus kentang yang sebelumnya dikukus dan selanjutnya dibumbui dengan mentega dan sedikit garam serta merica.

7. Urap 

Menu diet selanjutnya adalah urap. Bagi orang Indonesia tentu menu ini sudah tidak asing lagi. Urap ini ternyata adalah makanan dengan kalori rendah, meski begitu ternyata sangat mengenyangkan. Untuk mendapatkan hasil maksimal sajikan urap tersebut dengan ditambahkan potongan dada ayam rebus. 

8. Oat

menu diet
Makanan Diet dengan Oat

Oat juga merupakan menu sehat untuk diet yang mengandung serat dan zat lainnya yang sangat penting untuk kesehatan jantung. Selain itu, juga mengandung karbohidrat sehingga mampu menyediakan cadangan energi dalam waktu yang lama. Untuk program diet oat bisa dikonsumsi dengan cara diseduh dengan air panas atau dicampur dengan susu. Jika bosan bisa dibuat menjadi oat cookies.

Itulah 8 daftar menu diet sehat mudah yang bisa dicoba dirumah. Semoga penjelasan di atas bisa menambah informasi pembaca semuanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *