Cara Alami Mengobati Radang Tenggorokan

radang tenggorokan

Penyakit radang tenggorokan seringkali dianggap sebagai penyakit sepele. Penyakit ini biasanya digunakan oleh orang awam untuk menyebut gejala sakit tenggorokan. Padahal tidak semua kasus ternggorokan sakit bisa disebut dengan radang. Terjadinya penyakit ini biasanya disebabkan olei h infeksi bakteri tonsilitis atau Streptococcus, yaitu inflamasi yang disebabkan oleh infeksi virus.

Sebagian besar, penyakit radang ini terjadi sebagai gejala awal dari flu dan bisa disembuhkan menggunakan bahan alami. Dan ternyata, penyakit yang satu ini tidak hanya menyerang orang dewasa saja, tetapi juga bisa menyerang anak-anak. 

Gejala Terjadinya Penyakit

radang tenggorokan
Sakit Tenggorokan

Gejala umum penyakit ini yang sering muncul adalah merasakan sakit pada tenggorokan, demam, sakit kepala, mengalami nyeri sendi dan otot, muncul ruam di kulit, dan terjadi pembengkakan pada kelenjar getah bening di leher. Ketika Anda merasakan gejala-gejala tersebut dan setelah diperiksa ternyata mengalami radang tenggorokan maka bisa mengobatinya dengan cara alami. 

Cara Alami Mengobati Radang Tenggorokan 

radang tenggorokan
Obat Alami untuk Radang

Sakit tenggorokan tidak hanya bisa diobati dengan mengkonsumsi obat-obatan, akan tetapi juga bisa diobati menggunakan cara alami. Berikut adalah beberapa cara alami mengobati tenggorokan yang bisa Anda lakukan dirumah. 

1. Berkumur dengan Air Garam

Cara alami yang bisa Anda gunakan adalah air garam. Caranya Anda hanya perlu melarutkan garam ke dalam gelas berisi air, selanjutnya buat untuk berkumur. Air garam tersebut berfungsi untuk membunuh bakteri penyebab penyakit.

2. Minum Campuran Lemon Tea dan Madu

Cara alami selanjutnya adalah menggunakan lemon tea yang dicampur dengan madu. Campuran minuman tersebut bisa untuk menghilangkan lendir di dalam tenggorokan. Kandungan vitamin C dalam lemon bermanfaat untuk memaksimalkan imunitas tubuh sehingga bisa dengan mudah melawan virus penyebab radang tersebut.

3. Minum Susu Campur Kunyit

Segelas susu hangat dicampur kunyit bubuk sangat ampuh untuk mengobati penyakit radang tenggorokan. Ini karena kunyit mengandung zat yang bisa mengurangi peradangan pada tenggorokan sehingga bisa menghilangkan rasa sakit dan nyerinya.

4. Minum Air Putih

radang tenggorokan
Banyak Minum Air Putih

Selama terjadi tenggorokan mengalami peradangan. Air putih ini berfungsi untuk membersihkan lender, meredakan rasa nyeri dan juga menjaga kelembaban di dalam tenggorokan. Dengan mengkonsumsi banyak air putih maka radang tenggorokan bisa cepat sembuh.

5. Memakan Bawang Putih Mentah 

Obat alami untuk menyembuhkan radang tenggorokan adalah bawang putih mentah. Caranya Anda hanya perlu mengunyah satu butir bawang putih beberapa kali dalam sehari. Hal ini disebabkan oleh kandungan antibiotik di dalam bawang putih bisa membantu menyembuhkan penyakit tersebut.

6. Mandi Air Hangat

Menghirup udara lembab ternyata bisa membantu meringankan pembengkakan akibat radang tenggorokan. Saat sedang mengalami radang tenggorokan sebaiknya ketika mandi menggunakan air hangat.

7. Konsumsi Sup Ayam 

Sup ayam ternyata sangat baik dikonsumsi saat mengalami radang tenggorokan. Kaldu ayam yang ada dalam sup tersebut terdapat kandungan vitamin dan mineral yang bisa untuk memperbaiki kondisi tubuh dan tenggorokan. Selain itu, dalam sup tersebut juga terdapat campuran bawang putih yang kaya antibiotik dan berperan untuk menghilangkan bakteri dan virus dalam tenggorokan.

8. Makan Olahan Telur

Telur bisa diolah dengan beberapa cara mulai direbus hingga digoreng. Olahan telur biasanya menjadi favorit suatu keluarga. Selama ini telur dikenal dengan berbagai manfaat yang baik untuk kesehatan. Kandungan protein dalam telur ternyata bisa membantu mempercepat penyembuhan penyakit.

Itulah 8 cara alami mengobati radang tenggorokan. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk pembaca semuanya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *