Cara Menghilangkan Kram Kaki Secara Cepat dan Mudah!

Cara Menghilangkan Kram Kaki

Kram kaki dapat menyerang siapa saja dan kapan saja. Umumnya orang yang mengalami rasa tegang pada otot karena terjadinya kontraksi sehingga akan menimbulkan rasa nyeri pada otot yang mengalami kram.

Ada berbagai penyebab terjadinya hal tersebut. Diantaranya adalah kebiasaan terlalu lama duduk serta kurangnya pemanasan sebelum berolahraga. Selain itu, penderita kram bisa berasal dari kalangan mana saja. Berbagai umur mulai dari anak-anak, orangtua, ibu hamil bahkan orang tua dapat mengalami kram kaki.

Kenali Jenis Kram Yang Anda Derita

Sebelum membahas tentang bagaimana cepat menghilangkan kram pada kaki Anda. Sebaiknya, kita memahami apa saja jenis penyakit kram yang mungkin dapat diderita untuk mengetahui penanganan apa saja yang perlu dilakukan.

Tetany Cramps

Tetany cramps adalah kram pada tubuh yang disebabkan oleh saraf-saraf dalam tubuh merangsang kontraksi otot secara tiba-tiba. Hal ini mengakibatkan otot menjadi kram dan orang yang mengalami ini mengalami kondisi kejang diseluruh tubuh.

Dystonic Cramps

Dystonic cramps adalah keadaan dimana otot yang tidak diperlukan mengalami rangsangan dan membuat otot mengalami kontraksi. Biasanya terjadi pada otot-otot yang kurang aktif seperti pada rahang, pergelangan tangan dan kelopak mata. Kram jenis ini biasanya terjadi jika kita melakukan aktivitas ringan dan berulang-ulang sehingga otot mengalami kekelahan dan akhirnya kram

True Cramps

Yang terakhir adalah true cramps, kram jenis ini adalah yang paling sering terjadi. True cramps terjadi karena adanya kontraksi yang berlebihan pada otot sehingga terjadi kram. Umumnya kram terjadi di area kaki, beberapa penyebab terjadinya kram adalah

  • Cedera akibat olahraga
  • Gerakan yang berlebihan
  • Kekurangan cairan tubuh
  • Kurangnya vitamin seperti kalsium dan magnesium
  • Ibu hamil

Cara Cepat Atasi Kram Pada Kaki

Cara Cepat Atasi Kram Kaki

Kram kaki dapat menyerang secara tiba-tiba. Rasa sakit yang diderita memang tidak berbahaya. Rata-rata berlangsung antara 15 detik sampai 3 menit. Meskipun pada beberapa kasus tertentu bisa berlangsung lebih lama lagi.

Namun, Anda tidak perlu panik jika mengalami. Ada berbagai cara cepat dan mudah untuk mengatasinya. Diantaranya adalah :

Berhenti Sejenak Dari Aktifitas

Ketika melakukan aktifitas dan mendadak mengalami kram. Sebaiknya Anda berhenti sejenak dari aktifitas. Ini untuk membuat otot kaki yang mengalami kram akibat kontraksi menjadi lebih rileks. Dengan begitu berangsur-angsur rasa sakit akibat kram akan menghilang

Peregangan Otot

Lakukan peregangan pada otot yang mengalami kram pada kaki Anda. Dengan begitu, otot yang mengalami kram akan menjadi lebih elastis dan tidak kaku. Posisi kaki yang sering mengalami kram adalah pergelangan mata kaki dan antara bagian lutut dan paha. Karena biasanya otot pada bagian tersebut yang menahan beban badan kita ketika melakukan aktifitas.

Memijat Area Kaki

Memijat area kaki yang mengalami kram dapat mengurangi rasa sakit. Dengan cara memijat di bagian otot selama beberapa menit sampai kram berangsur menghilang. Hal ini juga bertujuan untuk melancarkan peredaran darah pada kaki pada.

Kompres Dengan Es Batu

Untuk mengurangi rasa nyeri akibat kram, kita dapat melakukan kompres dengan es batu atau air dingin. Hal ini dilakukan untuk recovery pada otot kaki serta sendi yang mengalami kram.

Memberi Beban Pada Otot Yang Kram

Memberi beban pada otot yang kram disinyalir dapat mengurangi rasa nyeri yang dirasakan. Cara ini dapat dilakukan pada bagian otot tendon, ligamen dan hamstring ketika mengalami kram pada kaki kaki. Bertujuan untuk rileksasi otot serta memecah konsentrasi nyeri kram pada kaki Anda.

Pencegahan Agar Tidak Terjadi Kram

Minum banyak air

Disarankan untuk minum sekitar 8 gelas dalam satu hari. Sebagai contoh, Jika memiliki berat badan 68 kg, maka Anda harus minum 75 ons air atau setara dengan sembilan gelas air. Kebutuhan air setiap orang juga ada bedanya, hal ini karena metabolisme setiap tubuh manusia tidak sama. Jika Tubuh terhidrasi dengan baik, maka kemungkinan otot untuk mengalami kontraksi atau rasa kram akan menjadi lebih minimal.

Konsumsi lebih banyak magnesium.

Selain buah pisang, kalsium juga terdapat pada sayuran berdaun hijau gelap, kacang-kacangan, biji-bijian, ikan, alpukat, dan dark chocolate.

Memijat Kaki

Mulailah ritual perawatan diri, seperti memijat kaki dan betis di pagi hari dan di malam hari. Hal ini dapat membuat kaki menjadi lebih rileks dan menurunkan risiko terjadinya kram otot

Kenakan Sepatu Yang Nyaman

Sepatu yang terlalu ketat atau sepatu hak yang terlalu tinggi dapat menyebabkan kekakuan otot, yang berujung pada kram di kaki Anda. Ada baiknya menggunakan sepatu yang nyaman dan pas dikaki sehingga tidak membuat otot kaki menjadi lelah.

Olahraga Teratur

Olahraga teratur dapat membuat otot menjadi lebih elastis sehingga tidak rentan mengalami kram kaki ketika melakukan kegiatan olahraga yang cukup berat.

Melakukan Peregangan Otot Sebelum dan Sesudah Berolahraga

Hal ini penting untuk mencegah terjadinya kram. Dengan melakukan pereganganan terlebih dahulu maka otot kita tidak shock ketika melakukan olahraga yang cukup berat semisal bermain sepakbola, voli dan lain-lain

Rendam Dengan Air Hangat

Merendam kaki dalam air hangat dapat membuat otot menjadi lebih rileks. Hal ini juga dapat memperlancar peredaran darah mengurangi risiko terjadinya kram kaki Anda. Selain memberikan efek rileksasi, merendam dengan air hangat juga dapat meregenerasi sel-sel yang rusak atau mengalami inflamasi. Sehingga peredaran darah menjadi normal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *