Ketahui 7 Makanan Ini untuk Mencegah Kanker Usus!

mencegah kanker usus

Mencegah kanker usus menjadi satu hal yang tidak bisa diabaikan begitu saja. Apalagi, sel kanker bisa tumbuh dimana saja tanpa terkecuali, termasuk pada usus. Oleh karena itu, tindakan pencegahan agar tidak terkena penyakit kanker yang satu ini menjadi sangat penting untuk dilakukan. 

Usus merupakan salah satu bagian sistem pencernaan manusia, yang terdiri dari usus besar dan usus halus. Keduanya memiliki peran yang berbeda, usus halus berfungsi untuk menyerap nutrisi. Sedangkan usus besar berfungsi untuk membuang kandungan elektrolit dalam tubuh yang tidak dicerna. Usus memiliki peranan cukup besar dalam kehidupan manusia, sehingga sering bermasalah apabila tidak dijaga dengan baik. salah satu penyakit yang bisa menyerang adalah kanker usus. Gejala penyakit ini pada tahap awal membuat penderitanya sulit merasakan dan mengenali gejalanya. 

Kanker usus adalah salah satu jenis kanker pada saluran pencernaan yang paling sering terjadi. Kanker tersebut paling sering terjadi di area usus besar yang berbatasan dengan anus. Jenis kanker ini merupakan penyakit yang menyebabkan kematian terbanyak.

Gejala awal munculnya kanker usus tidak khas, karena biasanya hanya keluhan-keluhan itu. Maka dari itu, banyak penderitanya yang baru menyadari kalau mengidap kanker usus saat sudah berada pada tahap lanjut. 

Awal mula terjadinya kanker usus adalah karena adanya kelainan pada usus besar biasanya disebut polip usus. Polip usus tersebut tidak bersifat kanker, tetapi memiliki kemungkinan mengalami perubahan menjadi kanker. Polip tersebut berukuran kecil dan jumlahnya banyak, munculnya juga tidak menimbulkan gejala apapun. 

7 Makanan untuk Mencegah Kanker Usus

Munculnya kanker usus salah satunya disebabkan oleh gaya hidup tidak sehat akibat sering mengkonsumsi makanan instan. Terlebih saat ini banyak ditemukan makanan dalam kemasan siap saji. Makanan tersebut termasuk jenis makanan tidak sehat karena mengandung bahan pengawet, pewarna, dan perasa. Berikut ini adalah rekomendasi makanan pencegah kanker usus yang manjur:

1. Susu

mencegah kanker usus
Minum Susu

Selain untuk kesehatan tulang, susu juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya kanker usus. Seseorang yang mengkonsumsi satu gelas susu setiap harinya maka akan menurunkan risiko kanker usus. Oleh sebab itu, jika Kamu ingin tetap sehat sebaiknya rutin mengkonsumsi susu. Pilihlah susu yang rendah lemak agar bisa maksimal mendapatkan manfaat sehat. Selain itu juga tidak menyebabkan perubahan berat badan. 

2. Yogurt

Mengkonsumsi yogurt bisa meningkatkan pencernaan dan juga memperkuat sistem kekebalan tubuh. Bakteri probiotik dalam yogurt dapat membantu mengurangi risiko kanker usus. 

3. Kedelai

Jenis kacang-kacangan yang satu ini dipercaya bisa mengatasi kanker, termasuk kanker usus. Hal ini disebabkan karena kedelai mengandung isoflavon yang cukup aktif. Makanan dengan bahan dasar kedelai sangat mudah ditemukan, seperti tempe dan tahu. Meskipun makanan tersebut murah tetapi memiliki khasiat cukup tinggi.

4. Sayur-sayuran

mencegah kanker usus
Sayur-sayuran Sehat

Sayuran seperti kangkung, kubis, kembang kol, brokoli dan lobak merupakan sayuran yang paling ampuh untuk mencegah kanker usus. Ini karena sayuran tersebut mengandung senyawa yang bisa menjinakkan zat penyebab kanker sebelum zat itu menyebabkan kerusakan pada sel DNA. 

5. Ikan

Ikan berlemak yang kaya akan kandungan asam lemak omega 3 sangat baik untuk kesehatan jantung dan juga memperlambat pertumbuhan sel kanker. Akan tetapi, sebaiknya menghindari mengkonsumsi ikan yang mengandung merkuri cukup tinggi dan polutan lainnya.

6. Kunyit 

Kunyit merupakan salah satu bumbu dapur yang cukup lama dikenal sebagai obat anti kanker. Pigmen curcumin yang ada di dalam kunyit sangat ampuh untuk membasmi kanker. Selain itu, juga bisa membantu mengeluarkan karsinogen dalam tubuh sebelum merusak sel DNA.

7. Buah-buahan

mencegah kanker usus
Konsumsi Buah-buahan Sehat

Rutin mengkonsumsi buah-buahan maka bisa mengurangi resiko terserang kanker usus. Ini disebabkan karena buah-buahan mengandung serat cukup tinggi. Serat tersebut bisa mengontrol kecepatan makanan ketika melewati sistem pencernaan sehingga bisa menjaga kesehatan usus.

Itulah 7 makanan untuk mencegah kanker usus paling ampuh yang bisa Anda konsumsi secara rutin. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk pembaca semuanya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *