Cara Menaikkan Berat Badan Bayi Agar Ideal Sesuai Pertumbuhan

menaikkan berat badan bayi

Salah satu peran ibu adalah memastikan tumbuh kembang bayi berjalan dengan baik. Namun, bagaimana jika berat badan bayi belum sesuai tahap perkembangannya? Maka cara yang harus ditempuh adalah dengan menaikkan berat badan bayi. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan, berikut informasinya. 

Pada umumnya, berat badan bayi usia 0-6 bulan akan bertambah sekitar 560-800 gram setiap bulan. Sedangkan usia 6-12 bulan, berat badan bayi bertambah sekitar 340-560 gram setiap bulan. Informasi tersebut adalah acuan untuk mengetahui pertambahan berat badan bayi normal atau tidak.

Cara Menaikkan Berat Badan Bayi 

Kurangnya berat badan bayi biasanya disebabkan oleh asupan ASI yang tidak mencukupi. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, seperti posisi menyusui yang tidak benar sehingga membuat bayi menjadi malas menyusui. Penyebab lainnya adalah singkatnya durasi menyusui  dan menurunnya volume ASI.

Penyebab kurangnya berat badan bayi lainnya adalah adanya sariawan sehingga tidak nyaman saat menyusu. Bisa juga disebabkan oleh tongue tie, kondisi ini bisa membuatnya kesulitan menghisap ASI. Itulah beberapa faktor yang menyebabkan kurangnya berat badan pada bayi.

1. Aktif Menyusui

Cara yang bisa dilakukan adalah dengan aktif menyusui. Apabila jumlah ASI memungkinkan sebaiknya ibu menyusui setiap 2-3 jam dengan durasi 20 menit. Jika si kecil berhenti menyusu sebelum 20 menit disarankan untuk mengganti posisi menyusui supaya membuatnya menyusu kembali.

2. Mengkonsumsi Makanan Bergizi 

menaikkan berat badan bayi
Memberikan Bayi Makanan yang Bergizi

Apabila berat bayi menurun karena penurunan produksi ASI ibu, disarankan untuk mengkonsumsi berbagai makanan bergizi. Makanan yang dipilih sebaiknya yang bisa memperbanyak produksi ASI. Seperti sayuran hijau, wortel, lemon, stroberi dan sebagainya. Jangan lupa untuk istirahat cukup.

3. Memberikan Si Kecil Makanan Bergizi 

Apabila si kecil sudah mengkonsumsi makanan pendamping Asi (MPASI), sebaiknya berikan dia makanan bergizi yang kaya protein, serat, kalori dan lemak baik. Contohnya seperti pisang, alpukat, minyak zaitun, keju dan juga yogurt. Si kecil juga bisa diberikan tambahan susu formula.

4. Menambahkan Oat dalam Menu Makanan Si Kecil 

menaikkan berat badan bayi
Memberikan Tambahan Oat pada Menu Makanan Si Kecil

Oat merupakan salah satu makanan yang direkomendasikan dikonsumsi untuk menaikkan berat badan bayi. Alasannya karena oat memiliki rendah lemak jenuh serta kolesterol. Oat ini mengandung berbagai mineral yang sangat dibutuhkan bayi dalam masa pertumbuhan. 

5. Jangan Terlalu Banyak Memberi Camilan

Pada saat anak rewel biasanya ibu memberikannya camilan. Perlu diketahui jika terlalu banyak memberikan camilan akan membuat malas makan atau minum susu. Maka dari itu, disarankan untuk membatasi pemberian camilan. Untuk camilan sebaiknya memilih makanan yang mengandung nutrisi dan lemak baik.

6. Menemui Konsultan Laktasi  

menaikkan berat badan bayi
Melakukan Konsultasi Laktasi Pada Dokter

Cara menaikkan berat badan bayi selanjutnya adalah berkonsultasi dengan dokter atau bidan yang merupakan konsultan laktasi. Tujuannya supaya diajarkan mengenai cara untuk meningkatkan produksi ASI. Selain itu juga mengenai posisi yang nyaman dan tepat ketika menyusui.

7. Bangunkan Anak Tengah Malam untuk Menyusu 

Menyusui anak pada tengah malam merupakan salah satu cara untuk menaikkan berat badan bayi. Selain itu, cara ini bisa membuatnya tidur nyenyak hingga pagi hari. Maka dari itu, bangunkan anak pada tengah malam untuk menyusu sekitar 15 hingga 20 menit kemudian biarkan dia tidur kembali.

Itulah penjelasan mengenai cara menaikkan berat badan bayi yang harus dipahami. Diharapkan penjelasan diatas bisa menambah informasi dan pengetahuan mengenai cara menaikkan berat badan bayi. Semoga informasi yang diperoleh bisa bermanfaat untuk pembaca. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *