Catatan Untuk Perempuan: Memilih Makanan yang Baik Dikonsumsi Saat Haid

Catatan Untuk Perempuan: Memilih Makanan yang Baik Dikonsumsi Saat Haid. Menstruasi atau haid dialami perempuan selama 6-7 hari dalam satu bulan, namun ada juga yang kurang atau lebih dari itu. Siklus ini terjadi setiap bulannya, maka dari itu sering disebut dengan datang bulan. Hal ini juga identik dengan kondisi emosional atau mood seorang perempuan. Ada yang emosinya stabil selama masa haid dan ada juga yang tidak stabil, seperti sering marah-marah dan perubahan emosi secara tiba-tiba.

Untuk kamu para perempuan yang sedang haid, cerdaslah dalam memilih makanan yang baik dikonsumsi saat haid. Karena dengan mengonsumsi makanan sehat kamu dapat menambah asupan gizi ketika haid. Banyak kasus perempuan yang tiba-tiba pingsan karena kekurangan asupan gizi atau kekurangan darah. Untuk menghindari hal-hal seperti itu, berikut beberapa makanan yang bisa kamu konsumsi di saat haid.

Makanan yang Mengandung Protein dan Serat

Protein sangat baik untuk tubuh, apalagi untuk kamu perempuan yang sedang haid. Protein dapat menstabilkan gula darah dalam tubuh. Karena jika kandungan gula darah dalam tubuh stabil maka nafsu makan akan terkontrol. Beberapa perempuan memiliki nafsu makan yang tidak terkontrol sebab haid, ditambah kondisi emosional yang tidak stabil pula. Kandungan protein dan serat bisa kamu dapatkan dari sayuran hijau, buah-buahan, dan lain-lain.

Makanan Seperti Apa yang Bisa Anda Pilih Saat Haid?

Makanan yang Mengandung Zat Besi

Zat besi bisa menjadi makanan yang harus kamu konsumsi, karena beberapa kasus perempuan yang haid akan kekurangan zat besi dalam tubuh. Maka dari itu mengonsumsi makanan kaya zat besi seperti, bayam, kentang, tomat, susu, kacang-kacangan, daging dan lain-lain sangat dianjurkan untuk menjaga tubuh tetap sehat selama masa haid.

Makanan yang Mengandung Kalsium

Ahli gizi Latham Thomas mengatakan bahwa perempuan yang sedang dalam masa haid membutuhkan setidaknya 1.200 mg kalsium dalam sehari. Kalsium bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsi brokoli, yoghurt, susu, bahkan keju. Mengonsumsi makanan dengan kandungan kalsium juga dapat meredakan nyeri ketika PMS, para peneliti sepaham bahwa kalsium mempengaruhi keseimbangan estrogen dalam tubuh.

Dark Chocolate

Dark chocolate atau sering disebut dengan cokelat hitam memiliki kandungan antioksidan tinggi dan magnesium. Kedua kandungan itu dapat mengatasi kram dan kondisi emosinal yang berubah-ubah. Dark chocolate juga memiliki kandungan endorfin yang akan membuat efek bahagia bagi yang mengonsumsinya. Jadi dengan kamu mengonsumsi dark chocolate kondisi emosianal kamu akan stabil dan merasa bahagia selama masa haid.

Mengonsumsi Air Putih

Kasus yang sering dihadapi oleh perempuan saat haid adalah kekurangan cairan dalam tubuh atau dehidrasi. Maka dari itu mengonusmsi air putih yang cukup akan memnuhi cairan dalam tubuh selama masa haid. Minumlah setidaknya 5 liter air putih per hari selama haid.

Beberapa makanan diatas dapat kamu jadikan referensi untuk dikonsumsi saat masa haid berlangsung. Karena pada dasarnya haid ada proses pengeluaran darah kotor dari dalam tubuh. Jadi tubuh benar-benar membutuhkan makanan yang baik dikonsumsi saat haid.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *