Masalah Tulang Belakang Terasa Sakit Dan Dada Terasa Sesak

Masalah Tulang Belakang Terasa Sakit dan Dada Terasa Sesak! Sakit pada tulang disertai dada yang terasa sesak patut kita curigai, karena mirip dengan gejala sakit jantung. Gejala sakit jantung antara lain nyeri dada khusunya pada dada sebelah kiri seperti ada tekanan berat yang menimpa dada Anda, juga sesak di dada, dan sesak napas.

Namun tidak semua gejala tersebut adalah gejala penyakit jantung penyebab tulang terasa sakit dan dada sesak bisa juga bersumber dari penyakit lain, misalnya nyeri dada yang berasal dari paru-paru (kanker).

Nyeri dada bisa berasal dari gangguan pencernaan seperti maag, asam lambung, dyspepsia, dan GERD. Nyeri dada yang bersumber dari batuk seperti infeksi saluran pernapasan yang disebabkan oleh virus atau lainnya.

Atau ada juga nyeri dada yang berasa dari tulang dada atau otot dada misalnya tulang rusuk yang patah atau pernah patah.

Menurut penelitian Assistant Clinical Professor di Rehabilitation and University Medical Center, MD, Allen Chen ada beberapa kemungkinan nyeri punggung bukanlah masalah biasa.

Bila Anda merasakan nyeri punggung disertai masalah berikut, mungkin kesehatan Anda ada yang tidak beres.

Sindrom Cauda Equina

Nyeri punggung pada bagian bawah bisa jadi pertanda kondisi sindrom equine. Sindrom ini merupakan gangguan yang langka dan mempengaruhi akar saraf tulang belakang bawah, bila tidak segera ditangani, sindrom cauna equila bisa menyebabkan msalah pada kantung kemih dan usus, maslah seksual, hingga menyebabkan kelumpuhan.

Tumor Tulang Belakang

Orang biasanya menyesuaikan posisi tidur untuk meredakan atau sekedar meringankan nyeri apabila mengalami sakit punggung. Tetapi, ada juga orang yang membiarkan rasa sakitnya menyerang sepanjang malam karena dirasa percuma mengubah posisi tidur.

Waspadai hal tersebut jika mengalami sakit berkelanjutan. Bisa jadi ada tumor di tulang belakang atai infeksi di tulang bagian belakang.

Apa Masalah dari Tulang Belakang Terasa Sakit?

Radang Tulang Punggung

Nyeri punggung bisa juga menjadi gejala ankylosing spondylitis atau peradangan di tulang punggung. Kalau sakit punggung terasa lebih dari 30 menit dan semakin memburuk, bahkan membuat Anda kesulitan bergerak. Anda perlu bertanya-tanya kemungkinan ada masalah serius dalam kesehatan Anda. Bila diabaikan kondisi tersebut dapat menyebabkan stroke dan penyakit jantung.

Patah Tulang Belakang

Patah tulang belakang tentu saja bisa menimbulkan rasa sakit di tulang belakang. Fraktur tulang belakang bisa mengganggu masalah pencernaan, membuat postur tubuh bengkok, hingga kesulitan bernapas. Anda mungkin membutuhkan terapi fisik setelah pengobatan agar tidak ada rasa sakit di tulang belakang yang berkelanjutan dalam jangka waktu yang panjang.

Serangan Jantung

Menurut American Heart Association tulang belakang yang terasa sakit dan dada sesak merupakan salah satu gejala serangan jantung. Segera periksakeadaan kesehatan Anda ke dokter. Apalagi disertai sesak napas, mual, nyeri di rahang, dan rasa kelelahan yang luar biasa.

Beberapa kemungkinan penyebab nyeri dada bagian belakang disertai dada sesak. Antara lain Pleuritis, Pneumothoraks, Bronkhitis, Kolangitis, Gastritis, GERD, Tukak Lambung, Perikarditis, Penyakit Jantung Koroner, Kostokondritis, Mialgia, dan sebagainya.

Jika tulang belakangmu terasa sakit serta dadamu terasa begitu sesak, sementara Anda bisa coba kompres dulu area yang nyeri menggunakan kompres hangat. Tidurlah berbaring ke sisi kanan atau kiri supaya tidak menindih yang sakit. Makan teratur, hindari asap rokok juga polusi berlebihan. Terakhir rajin olahraga dan jaga pola hidup sehat.

Itulah informasi mengenai tulang belakang terasa sakit dan dada terasa sesak yang bisa Anda ketahui. Semoga informasi ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *