Manfaat Wortel untuk Anak yang Sangat Menyehatkan

manfaat wortel

Wortel merupakan salah satu sayuran yang digemari oleh anak-anak, selain memiliki warna terang menyegarkan juga memiliki rasa yang manis. Wortel juga memiliki beta-karoten cukup banyak, sehingga sangat menyehatkan. Beta-karoten tersebut berfungsi sebagai antioksidan dan bisa diubah menjadi vitamin A yang penting untuk pertumbuhan anak-anak. Selain itu, terdapat berbagai manfaat wortel lain yang sangat menyehatkan untuk anak-anak loh!

Untuk itu, jangan pernah ragu memberikan wortel kepada Anak Anda, jika perlu frekuensinya justru ditambah. Alasannya karena wortel kaya akan nutrisi maupun vitamin esensial yang sangat berguna untuk kesehatan anak. 

Apa Saja Kandungan pada Wortel ?

Di dalam wortel terdapat banyak kandungan yang bermanfaat untuk anak-anak. Salah satunya adalah mengandung banyak vitamin, seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin D, vitamin E dan vitamin K. Selain itu, gizi yang ada pada wortel adalah gula, karoten, pektin, lemak, serat, asparagin, fosfor, kalsium, besi, hidrat arang, sodium, minyak esensial, asam amino dan juga beta-karoten. Wow, cukup banyak ya kandungan wortel. Untuk itu apa saja manfaat wortel untuk anak ? simak ulasan di bawah ini!

Apa Saja 7 Manfaat Wortel untuk Anak yang Menyehatkan?

1. Membantu Penglihatan 

manfaat wortel
Penglihatan Anak

Kandungan vitamin A pada wortel bisa diubah menjadi pigmen ungu dalam retina sangat esensial untuk digunakan melihat dalam kegelapan atau remang-remang. Vitamin A sangat penting untuk anak-anak, karena jika kekurangan vitamin tersebut akan mengalami gangguan penglihatan salah satunya sakit mata,

2. Menyehatkan Kulit

Selain bermanfaat untuk kesehatan mata, wortel juga bisa membuat kulit anak-anak bersinar sehat. Hal ini dikarenakan beta-karoten dalam wortel bisa membantu memperbaiki kerusakan pada sel kulit akibat proses metabolisme. Sementara vitamin A dan antioksidan melindungi kulit anak dari kerusakan akibat sinar matahari. Jika anak-anak kekurangan vitamin A juga bisa menyebabkan kulit kering, rapuh, dan kaku.

3. Melindungi Pencernaan dan Mencegah Sembelit

Serat yang ada di dalam wortel jumlahnya cukup tinggi sehingga baik untuk saluran pencernaan. Selain itu, serat juga bisa merancang sekresi cairan lambung dan memastikan pergerakan usus halus. Untuk itu, makan wortel bisa mencegah terjadinya sembelit dan gangguan perut lainnya. Jika anak-anak sedang diare bisa dibuatkan sup wortel atau jus wortel karena bisa menyembuhkannya dengan cepat dan efektif.

4. Mengatasi Cacingan

manfaat wortel
Wortel Mencegah Sembelit

Anak-anak sangat rentan mengalami cacingan dibandingkan dengan orang dewasa. Apa bila anak sedang cacingan bisa memberikannya wortel kukus yang kemudian dihaluskan, ini berfungsi agar cacing segera keluar dari usus.

5. Meningkatkan Memori

Wortel juga sangat bermanfaat dan perkembangan kognitif anak. Ini disebabkan oleh kandungan senyawa luteolin yang bisa mencegah peradangan pada otak dan kehilangan memori bertahap dan datang seiring bertambahnya usia anak.

6. Meningkatkan Daya Tubuh Anak

Kandungan vitamin A dalam wortel selain bermanfaat untuk kesehatan mata dan kulit, saluran kemih dan saluran pencernaan, juga menjadi kunci penting untuk pertahanan tubuh dari serangan infeksi. 

7. Membuat Gigi Sehat

manfaat wortel
Gigi Sehat dengan Konsumsi Wortel

Ternyata wortel bisa dimanfaatkan sebagai sikat gigi alami. Karena wortel mentah bisa digunakan untuk membersihkan plak dari gusi dan gigi. Selain itu, juga menghilangkan bau tak sedap akibat dari makanan yang dikonsumsi anak-anak. Kalsium dan mineral lainnya dalam wortel bisa melawan kuman dan juga menjaga gigi agar tetap sehat dan bersih.

Itulah 7 manfaat wortel untuk kesehatan anak. Semoga ulasan di atas bisa menambah pengetahuan pembaca semuanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *