5 Manfaat Telur Rebus Bagi Kesehatan

manfaat-telur-rebus

Telur menjadi salah satu bahan makanan kaya sumber protein yang bisa menyehatkan tubuh dan kaya akan kandungan nutrisi. Telur bisa didapat dari hewan ternak, yaitu ayam, bebek, angsa, dan itik. Setiap telur yang dihasilkan oleh hewan tersebut memiliki nutrisi dan manfaat yang berbeda-beda. Dari semua jenis telur, telur ayam menjadi jenis yang sering dipilih untuk dikonsumsi. Lalu, apa saja manfaat telur rebus untuk tubuh?

Berbagai Kandungan Gizi Telur Rebus 

Di dalam telur terdapat kandungan protein hewani yang cukup tinggi. Selain protein, juga mengandung lemak, vitamin A, kalsium dan zat besi. Ada banyak cara yang bisa digunakan untuk menikmati telur. Setiap cara pengolahannya selalu menawarkan manfaat bagi kesehatan tubuh. 

Cara mengolah telur, seperti merebus, menggoreng dan sebagainya. Akan tetapi, merebus telur merupakan cara untuk memperoleh manfaat yang optimal.Telur rebus merupakan hasil dari pematangan yang tidak terkontaminasi dengan zat berbahaya. Berbeda dengan telur goreng yang menggunakan minyak saat menggorengnya. 

Manfaat Telur Rebus yang Baik untuk Tubuh 

Selain direbus, telur biasanya dijadikan sebagai bahan dasar membuat kue. Bisa juga dikonsumsi secara mentah, ini banyak dilakukan oleh para olahragawan untuk menjaga badan agar tetap sehat dan fit.  Sangat disarankan memilih mengkonsumsi telur dengan cara direbus karena memiliki banyak manfaat. Berikut adalah manfaat telur rebus bagi kesehatan: 

1. Kesehatan Otak

manfaat-telur-rebus
Kesehatan Otak

Manfaat mengkonsumsi telur rebus yang pertama adalah untuk kesehatan otak. Mengkonsumsi telur rebus setiap hari akan memberikan dampak positif jangka panjang untuk kesehatan otak Anda. Hal ini dikarenakan adanya senyawa bernama choline didalamnya. Selain itu, juga terdapat kandungan Omega 3 yang bisa meningkatkan kecerdasan otak.

2. Kesehatan Mata

manfaat-telur-rebus
Telur untuk Kesehatan Mata

Telur rebus mengandung nutrisi zeaxanthin dan lutein paling tinggi dibandingkan dengan makanan lainnya. Dua nutrisi tersebut sangat baik untuk kesehatan mata karena bisa mencegah degenerasi pada makula. Selain itu mengkonsumsi telur rebus juga akan menurunkan resiko terserang katarak.

3. Menjaga Kekuatan Tulang

manfaat-telur-rebus
Menjaga Kekuatan Tulang

Tulang yang sehat akan bisa membuat manusia leluasa dalam bergerak. Akan tetapi, kesehatan tulung bisa terancam saat usia semakin bertambah. Masalah tulang yang sering terjadi adalah osteoporosis. Untuk mencegahnya disarankan untuk rutin mengkonsumsi telur rebus. Selain itu, juga perlu olahraga empat kali dalam seminggu.

4. Menyembuhkan Anemia

manfaat-telur-rebus
Telur Rebus dapat Menyembuhkan Anemia

Anemia merupakan penyakit yang disebabkan oleh berkurangnya kinerja sel darah merah atau hemoglobin. Saat terserang anemia, tubuh akan tampak pucat, mudah lelah dan sering sakit kepala. Permasalahan tersebut bisa diatasi dengan mengkonsumsi telur rebus, karena didalam telur rebus terdapat kandungan zat besi yang berfungsi memperbaiki kinerja hemoglobin.

5. Diet

manfaat-telur-rebus
Makan Telur Rebus untuk Diet

Jika ingin memiliki bentuk tubuh ideal ternyata bisa didapatkan dengan mengkonsumsi telur rebus secara rutin. Mengkonsumsi telur rebus bisa dilakukan pada saat sarapan pagi dan makan siang. Untuk malamnya, bisa mengkonsumsi sayuran atau buah-buahan. Dengan pola makan seperti itu bisa membantu untuk menurunkan berat badan.

Cara Merebus Telur dengan Benar

manfaat-telur-rebus
Cara Merebus Telur yang Benar

Berikut adalah cara yang benar untuk merebus telur, pertama siapkan telur yang segar. Untuk mengetahui telur tersebut segar atau tidak, rendam telur kedalam air jika telur tidak tenggelam maka telur tersebut masih segar.

Masukkan air kedalam panci dan masukkan telur ke dalamnya. Lalu panaskan di atas kompor hingga mendidih. Setelah mendidih matikan kompor dan angkat telur masukkan kedalam air dingin. Tunggu beberapa menit dan kemudian kupas kulit telur rebus tadi. Setelah dikupas telur sudah siap untuk dikonsumsi.

Itulah manfaat telur rebus bagi kesehatan. semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk pembaca semuanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *