Tanaman Herbal Yang Memiliki Khasiat Bagi Tubuh

tanaman herbal memiliki banyak manfaat

Dalam kehidupan kita sehari – hari banyak ditemukan berbagai tumbuhan yang ada di sekitar kita. Dari berbagai tumbuhan yang ada banyak diantaranya yang mengandung khasiat untuk menyembuhkan beberapa penyakit. Banyak diantara kita lebih memilih pengobatan dengan menggunakan tanaman herbal di sekitar kita daripada yang mengandung kimia. Salah satu alasannya karena mudah didapat karena ada di sekitar lingkungan rumah.

Namun seiringnya waktu tidak banyak orang yang menggunakan tanaman herbal lagi. Beberapa orang lebih memilih untuk menggunakan obat – obat modern. Disini kita akan mengenalkan kembali tanaman herbal yang bisa kita dapatkan dengan mudah dan khasiatnya tidak kalah dengan obat modern. Supaya menjadi salah satu alternatif pengobatan Anda yang bisa didapat dengan mudah dan tidak menyebabkan efek samping maupun ketergantungan. Berikut ini tanaman beserta khasiatnya :

Jenis-Jenis Tanaman Herbal Yang Bermanfaat

1. Belimbing Wuluh

Belimbing wuluh oleh sebagian orang dikenal sebagai belimbing sayur. Pada umumnya belimbing wuluh dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai bumbu masakan untuk memberikan rasa asam yang kuat. 

Belimbing wuluh ternyata juga memiliki khasiat lain selain sebagai bumbu masakan. Belimbing wuluh dari buahnya, batang, dan bunganya bisa di jadikan obat. Tumbuhan ini dapat dimanfaatkan untuk mengobati rematik, gusi berdarah, obat gondongan, obat sariawan,obat pegal linu serta obat sakit gigi. 

2. Temulawak

Tanaman rempah asli Indonesia yang memiliki beragam khasiat untuk kesehatan. Bagian yang sering dimanfaatkan adalah bagian akarnya.Bagian inilah yang sering diolah untuk dijadikan sebagai obat berbagai penyakit.

Khasiat dari tanaman temulawak adalah untuk mengatasi gangguan ginjal, melancarkan pencernaan, menyehatkan jantung, dan menjaga kesehatan hati serta masih banyak lagi manfaatnya. Apalagi bila penggunaannya dikombinasikan dengan tanaman obat lain, tentu khasiatnya akan semakin terasa.

3. Teh hijau

Tanaman teh hijau sudah tidak asing lagi bagi masyarakat. Teh hijau dipercaya untuk mengobati nyeri sendi pada peradangan rematik. Tanaman ini bisa dijadikan obat khusus nyeri sendi bisa Anda buat menjadi minuman hangat baik bagi kesehatan sendi dan tulang Anda. 

4. Lidah buaya

Lidah buaya adalah tanaman yang memiliki banyak manfaat. Tanaman ini banyak ditemukan di pekarangan rumah. Khasiatnya macam- macam, selain fungsi utamanya untuk kesehatan rambut. Tanaman lidah buaya juga memiliki fungsi sebagai penghilang jerawat,mengobati serangan jantung, diabetes, radang tenggorokan, sembelit, dan masih banyak lagi.  

aloe vera atau lidah buaya merupakan salah satu tanaman herbal yang berkhasiat

Lidah buaya merupakan salah satu bahan herbal yang paling umum digunakan dalam pengobatan alternatif. Dikenal karena rasanya yang sejuk dan populer untuk mengobati lecet kecil pada kulit. Anda mungkin memiliki gel lidah buaya di rumah yang tidak Anda sadari, atau bahkan tanamannya di pekarangan rumah Anda. Cara mengobatinya, bisa Anda lakukan dengan mengoleskan gel lidah buaya yang telah didinginkan, lalu diamkan selama beberapa menit hingga nyeri mereda.

5. Jahe

Jahe adalah tanaman yang banyak digunakan oleh ibu – ibu sebagai bumbu masakan. Selain untuk bumbu masakan, jahe juga memiliki khasiat yang banyak untuk pengobatan.  Salah satu ramuan obat nyeri sendi murah meriah. Senyawa yang terkandung dalam  jahe yang panas dan kuat memiliki sifat anti-inflamasi, sehingga dapat meredakan nyeri pada bagian tubuh tertentu.

6. Tanaman buah srikaya

Tanaman buah srikaya bisa di jumpai di beberapa pekarangan rumah. Tanaman ini memiliki buah yang manis rasanya. Selain buahnya yang dapat dimanfaatkan ternyata banyak khasiat dari tumbuhan ini salah satu contohnya adalah daunnya. 

srikaya merupakan salah satu tanaman herbal yang berkhasiat

Daunnya berkhasiat sebagai peluruh cacing usus, mempercepat pemasakan bisul dan antiradang. Bijinya berkhasiat untuk membunuh serangga dan memacu enzim pencernaan. Kulit kayunya berkhasiat sebagai tonikum dan astringen.

7. Tanaman sosor bebek

Tanaman sosor bebek mudah kita tanam di pekarangan. Hanya dengan bermodalkan daunnya saja kita sudah bisa mengembangbiaknya tanaman ini. selain tumbuhannya yang mudah ditanam, ternyata tanaman ini banyak memberikan manfaat obat. Sosor bebek bisa digunakan untuk mengobati sakit panas, melancarkan air seni, batuk dan sakit kepala.

8. Daun Cincau

Daun cincau, banyak dimanfaatkan oleh orang untuk membuat es cincau. Di balik rasanya yang segar ternyata mengandung banyak khasiat bagi tubuh. Daun cincau pada umumnya ada 2 jenis yakni yang berwarna hijau dan hitam, keduanya memiliki rasa yang sama-sama lezat dan adem.

Manfaat dari tanaman obat yang satu ini adalah sebagai obat demam, obat diabetes melitus, radang lambung, dan mengobati sakit typus. Wah luar biasa ya? Bisa jadi ini salah satu tanaman obat yang memiliki rasa yang lezat.

itulah beberapa manfaat dari beberapa tanaman yang ada di sekitar kita. Tanaman – tanaman bisa Anda manfaatnya sebagai penghijauan rumah Anda sekaligus untuk tanaman obat di rumah. Proses penanamannya mudah tidak memerlukan biaya yang banyak, serta perawatannya juga mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *